#356 Negeri Ajaib

Ketika sebuah negara berpikir meluas daerahnya dengan menggeser perbatasan, mencuri pulau, dll. Belanda memperluas negaranya dengan memanfaatkan kincir angin untuk mendorong air laut agar terbentuk daratan (Abad 17). Setelah itu daratan-daratan tersebut dibangun menjadi polder. Polder adalah tanah rendah yang sekelilingnya dikelilingi timbunan tanggul yang membentuk semacam kesatuan hidrologis buatan.

Karena daratan Belanda adalah polder, daerahnya akan berada di bawah permukaan air laut ketika terjadi kenaikan muka air laut. Keadaan seperti ini membuat air di sekitar polder akan mulai meresap perlahan ke bawah tanggul dan keluar ke permukaan di dalam lingkungan polder melalui aliran air tanah untuk menyeimbangkan air tekanan air, sehingga lama2 polder akan tergenang. Ini berarti polder mengalami kelebihan air yang harus dipompa keluar atau dikeringkan dengan membuka pintu air pada saat muka air laut surut. Namun, pengaturan muka air dalam tanah tidak boleh terlalu rendah. Tanah polder yang terdiri dari peat / tanah turf(bekas rawa) akan memperlihatkan percepatan pemampatan akibat dekoposisi tanah turf pada saat kondisi kering.

Pastilah sulit untuk hidup dengan daerah seperti itu. Untuk itulah Belanda dipaksakan untuk berinovasi dan berpikir kreatif agar tidak selalu tertimpa bencana Banjir. Salah satu inovasi yang dilakukan Belanda adalah membangun Dam disertai Strom Barrier yang terkenal dengan proyek Delta Work. Delta Work adalah proyek pembuatan tanggul penahan gelombang laut. Proyek ini menggunakan konsep memperpendek garis pantai dan memutarbalikkannya ke danau air tawar. Konsep ini hanya bisa diterapkan dengan menggunakan hidrolik sistem agar mampu membuat keseimbangan antara badai yang datang dengan ketinggian air laut. Jika ketinggian air laut tidak berubah walaupun ada badai, bisa dibilang dataran negeri Belanda yang rawan banjir tidak akan kebanjiran.

Selain sebagai bentuk solusi dari penanggulangan banjir di Belanda, proyek Delta Work juga membuahkan hasil manis yang lain. Proyek ini membuat Belanda sebagai salah satu Negara dengan pengelolaan air terbaik di Dunia. Selain itu Delta Work termasuk dalan Seven Wonder of Modern World. Adanya Delta Work menciptakan Negara Belanda itu sendiri.

Kembali lagi ke Indonesia, tepatnya di Jakarta. Sebagai negara yang pernah dijajah Belanda sudah seharusnya kita dapat meniru Belanda untuk menanggulangi Banjir. Belanda saja yang kontur tanahnya lebih buruk dari Jakarta dapat tertanggulangi masalah banjirnya. Sudah seharusnya kita meniru dan belajar dari sikap kreatif dan inovatif masyarakat Belanda.

– ditulis oleh Rae Sita Michel

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s