#358 Total Football: Inovasi Belanda Mengguncang Piala Dunia

Saat itu, Piala Dunia 1974, saya belum lahir di dunia yang indah ini. Tapi sejarah mencatat, bahwa sesuatu yang hebat terjadi kala itu, lahirnya keindahan sepak bola baru, Total Football, yang masih menggema sampai saat ini. Siapa aktor utama dibalik panggung sejarah dunia itu? Ya, semua pecinta bola sedunia tau, Belanda!

Meskipun gagal menjadi juara dunia, Belanda yang saat itu dikalahkan sang tuan rumah jerman Barat dengan skor 2-1, mampu menciptakan sejarah yang akan terus dikenang para penggila bola dunia. Memori tentang suatu keindahan, keberanian, dan sesuatu yang tak terduga, menjadikan panggung Piala Dunia 1974 sebagai pentas utama the dutchman menari-nari di atas lapangan hijau dengan Total Football-nya.

Apa yang menarik dengan Total Football? begini, sebelumnya, saya akan berbagi secara singkat tentang Total Football.

Pahlawan Belanda di Piala Dunia 1974 yang menjadi pioneer dalam mencetuskan Total Football adalah Rinus Michels, peracik strategi tim Oranje, dan sang kapten tim yang melegenda, Johan Cruijff. Pecinta Tim Ajax Amsterdam dan Barcelona pasti sangat mengenal kedua sosok legenda itu, karena mereka lah yang menciptakan perubahan bagi kedua tim asal Belanda dan Spanyol itu.

Perlu kita ketahui, kawan… Total Football adalah suatu strategi sepak bola yang berfilosofi “pertahanan terbaik adalah menyerang”, strategi ini mengharuskan setiap pemain berani menyerang, bahkan termasuk pemain belakang. Strategi ini mengharuskan pemain melakukan pressing kepada lawan, bahkan saat kiper lawan mendapatkan bola.

Dari penjelasan singkat dan padat itu, bisa kita bayangkan, gaya sepak bola seperti apa yang diterapkan Belanda saat itu. Mereka berani melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang tidak umum dalam dunia sepak bola. Yang mana, dalam dunia sepak bola, pertahanan adalah ketika semua pemain fokus untuk membantu pertahanan.

Tapi, Belanda memutus pola itu dengan menggunakan cara mereka, yaitu bagaimana pertahanan terbaik adalah secara TOTAL menyerang lawan, dan semua pemain berperan untuk melakukan hal itu. Belanda berani melawan arus dunia sepak bola saat itu. Bagi mereka, Total Football adalah suatu inovasi dalam dunia persepakbolaan.

Belanda menunjukkan pada dunia, bahwa mereka mampu menjadi berbeda, berani berkreativitas, dan berani berinovasi, melalui panggung sepak bola yang akan dikenang seantero jagad.

Hal inspiratif yang saya dapatkan dari Total Football ini, kawan…

“berbicara soal kreatif dan inovatif, adalah bagaimana berani menjadi berbeda!”

– ditulis oleh Lukman Hanafi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s