#362 Kilau dari Belanda

Koninkrijk der Nederlanden adalah nama sekaligus definisi letak dari negara Belanda yang hampir separuh wilayahnya lebih rendah dari permukaan air laut.

Belanda makin dikenal dunia bukan hanya karena tempat lahirnya para Filsuf, Seniman dan Peraih Nobel kenamaan dunia. Negeri tulip itu makin berkilau di kancah dunia dengan diraihnya beragam penghargaan. “The Largest Exporting Country” (5th Place), “Happiest Nation in the world” (4th place), “Best Country for Work Life Balance'”(3rd place) hanyalah beberapa contoh diantarnya.

Memiliki jumlah penduduk terpadat di antara negara – negara di Eropa merangsang Belanda untuk berinovasi dalam menciptakan hunian dan infrastruktur yang nyaman bagi warganya. Tengok saja Rotterdam, kota tersebut tenar karena arsitekturnya yang menakjubkan. Bicara mengenai arsitektur, beragam design hasil rancangan Belanda telah tersebar di seluruh dunia. Si negeri kincir tak henti – hentinya menarik perhatian dunia dengan dinobatkannya Amsterdam RAI sebagai “The Best International Venue”.

Masyarakat Belanda terbiasa untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam segala aspek kehidupan. Bicara mengenai inovasi, tak salah jika Belanda disebut sebagai negara perintis. “Water Prize 2012” sukes dikantongi oleh Ilmuwan asal Belanda. Bahkan Spark dan Pal V, perusahaan yang bergerak di bidang design dan inovasi, berhasil mewujudkan impian dunia untuk memiliki kendaraan yang bisa dioperasikan baik di darat maupun udara. Luar biasa, mungkin tak cukup menggambarkan hasil karya yang ditorehkan oleh para ilmuwan Belanda.

Apakah yang menjadikan the dutch sangat inovatif? Rasanya sulit menemukan jawaban yang tepat. Ide – ide kreatif tercipta bukan hanya untuk kepraktisan tetapi juga untuk meningkatkan nilai suatu benda. Sambangi saja Endhoven, kota itu kini makin bersinar dengan hadirnya The ‘floating’ LED Street, sentuhan inovasi dari Philips. Sesuai dengan tujuan didirikannya Phillips, Improving people’s live trough meaningful innovation . Tak salah jika perusahaan yang berbasis kesehatan dan kesejahtaraan itu mempunyai moto Sense and simplicity.

Berada diantara 3 sungai besar dan mudahnya akses menuju Eropa merupakan faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi Belanda. Ditunjang dengan prasana yang canggih, tak mengeherankan jika Belanda disebut sebagai “The Best Place to Business”. Suburnya sektor industri kreatif dan pariwisata membuahkan perekonomian yang stabil di Belanda. Hadirnya perusahaan seperti Univeler, Haineken, Shell, dll berdampak positif pada menurunnya angka pengangguran di Belanda.

Tak ada yang meragukan reputasi akan baiknya kualitas pendidikan di Belanda. Terjangkaunya pelayanan kesehatan dan dukungan terhadap kesejahteraan merupakan faktor penting bagi tercapainya standar kehidupan tinggi di Belanda. Anak – anak di Belanda dinilai sebagai anak – anak yang paling beruntung di dunia. Jadi, siapa yang tak terpesona dengan sejuta kilau yang Belanda tawarkan?

Keterbukaan dan keterusterangan adalah kultur orang Belanda. Mereka dikenal blak – blakan tetapi sangat menghormati orang lain. Cara berfikir liberal dan toleransinya yang tinggi, mengarahkan Belanda untuk menjadi negara pertama yang mendukung dan melegalkan pernikahan sesama jenis. Namun bukan berarti tanpa batas, kebebasan dan keterbukaan menjadi hak yang tetap harus dapat dipertanggung jawabkan.

Tak bisa dipungkiri, Belanda menginspirasi dunia dengan kepribadian mereka. Mengilhami kita untuk lebih berani, jujur dan terbuka. Belajar dari para pelopor untuk be ourselves dan menumbuhkan sifat percaya diri untuk mengasah kemampuan yang kita miliki.

Sudah saatnya untuk menunjukan kilaumu dan tetap hormati sesama.

– ditulis oleh Iswati

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#362 Kilau dari Belanda

  1. niken

    Waah…jd pengen ke belanda..
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s