#363 Kreatifnya Orang dari Negeri Kincir Angin

Belanda merupakan negara yang sangat kreatif dan inovatif. Sejak Dulu orang dari negeri Kincir Angin tersebut telah menciptakan berbagai macam penemuan baik di bidang teknologi, pendidikan, arsitektur dan lain sebagainya. Selalu saja mereka mempunyai ide-ide yang sangat kreatif untuk membuat suatu benda yang besar seperti rumah dengan menggunakan barang-barang yang dalam pikiran kita tidak mempunyai manfaat lagi. Baru-baru ini saya dibuat terpukau oleh kreativitas orang Belanda ketika melihat rumah modern orang Belanda yang sebagian besar bangunannya dibangun dengan menggunakan bahan-bahan bekas dari billboard dan payung. Ditambah lagi dengan paduan arsitektur yang minimalis semakin membuat rumah tersebut terlihat menawan dan nyaman. Kita akan bertanya bagaimana mungkin sebuah rumah yang modern bisa dibuat dari billboard dan payung? Hal tersebutlah yang dilakukan oleh sebuah tim dari perusahaan Dwell yang bergerak di bidang desain dan arsitektur interior di Belanda.

Tim tersebut mencari lokasi bekas bangunan yang ditinggalkan untuk membangun rumah itu. Mereka mengklaim bahwa 60% dari eksterior dan hampir 90% dari interiornya terbuat dari barang-barang yang dapat didaur ulang. Mereka tidak membuat rumah tersebut begitu saja akan tetapi mereka juga memberikan banyak pertibambangn pada aspek-aspek yang lain termasuk untuk mengurangi lahan yang terbuang serta mengurangi menggunakan sumber daya alam yang jumlahnya memang terbatas terlebih lagi Belanda juga merupakan salah satu negara kecil dalam skalanya di Eropa. Sehingga masuk akal apabila di Belanda tidak terdapat banyak sumber daya alam. Hal tersebutlah yang kemungkinan memicu orang-orang Belanda utuk berpikir lebih inovatif dan kreatif. Sehingga mereka dapat menggunakan benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi untuk menciptakan suatu produk atau barang yang baru yang bahkan dapat membuat orang lain tercengang serta tidak menutup kemungkinan jika hal-hal seperti itu semakin dikembangkan, bisa jadi dalam 20 atau 30 tahun yang akan datang negara Belanda akan menjadi salah satu pioneer sebagai negara yang membuat rumah yang mempunyai nilai estetika yang tinggi, ramah lingkungan serta bernilai ekonomis.

Selain itu, tahukah kalian kalau beberapa waktu lalu, seorang ilmuan nano Belanda yang bernama Leo Kouwenhoven berhasil menemukan sebuah partikel yang bernama partikel Majorana. Jika hal tersebut dikonfirmasi dan benar adanya maka bersiap-siaplah karena kita akan memasuki zaman teknologi informasi yang luar biasa, karena partikel tersebut dapat digunakan untuk membuat komputer kuantum yang dapat mengolah informasi dengan sangat cepat. Jika dikatakan, computer kuantum hanya memerlukan waktu 20 menit untuk mengolah atau mengerjakan sebuah proses yang butuh waktu 1025 tahun pada komputer saat ini, semua orang pasti akan tercengang jika mendengarnya.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya perguruan tinggi di negeri Belanda yang bertaraf internasional sehingga menghasilkan bibit-bibit unggulan yang sangat luar biasa. Kebanyakan dari lulusan tersebut telah membuktikan dirinya dengan memberikan andil kedalam berbagai bidang ilmu terapan yang ada baik itu science, pendidikan, design, arsitektur bahkan ekonomi. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau negeri kincir angin tersebut dapat menjadi sebuah negeri yang mempunyai teknologi yang canggih dimasa yang akan datang yang memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat internasional. Oleh karena itu, sudah sepatutnya orang Belanda disebut sebagai orang yang haus akan inovasi yang baru.

– ditulis oleh Iqbal Rullya R.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s