#366 Bagi Warga Belanda: “No Other Land but Netherlands”

Bagi warga Belanda, terlalu berharga bagi mereka untuk meninggalkan tanah kelahirannya untuk hidup di negara lain, seperti demam brain drain yang terjadi di sebagian besar negara di Asia dan Afrika [1]. Meski dengan keadaan yang cukup terhimpit, terletak di dua negara besar, Jerman dan Perancis serta bentang alam yang hampir setengahnya dibawah permukaan air laut tak membuat orang Belanda putus asa dan meninggalkan keadaan itu.

Kreativitaslah yang membuat warga Belanda merasa nyaman dan bahagia untuk tinggal di negara mereka. Kreativitas tersebut didukung oleh kebebasan berpolitik, kuatnya jejaring sosial, dan kesehatan mental dan fisik. Hal ini membuat negeri oranye menduduki peringkat keempat dari daftar negara paling bahagia sedunia versi badan dunia PBB [2]. Dengan kreativitas mereka mampu mengubah kelemahan menjadi kekuatan.

Seperti banjir bandang yang terjadi tahun 1953, Belanda mampu merespon bencana besar tersebut dengan kreativitasnya membuat Delta Works dengan tujuan memperpendek garis pantai sehingga mengurangi jumlah tanggul yang harus dibuat [3]. Sebuah inspirasi untuk Indonesia menghadapi potensi besar Tsunami bukan? Kincir angin pun merupakan pengakuan kita terhadap kreativitas warga Belanda. Kincir angin semula merupakan bangunan untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan, namun dalam perkembangannya kincir angin tersebut dimanfaatkan dalam bidang pertanian dan peternakan bahkan kini dikenal sebagai simbol negara Belanda [4]. Begitulah hasil kreativitas, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Kreativitas berpikir warga Belanda juga dapat ditemukan pada kehidupan sehari-harinya. Letak Belanda yang berdekatan dengan negara besar yaitu Perancis dan Jerman merupakan hal yang ditanggapi dengan santai dan unik oleh warga Belanda. Mereka menganggap “mengapa harus pindah tempat tinggal kalau dikelilingi oleh negara hebat seperti Jerman dan Perancis?” Kurang dari tiga jam perjalanan kereta api akan membawa mereka ke Paris dan cukup waktu enam jam saja mereka pun akan sampai di Berlin [5]. Warga Belanda tentu bukti masyarakat yang bahagia karena letak negara mereka di ambang pintu Eropa. Masyarakat Belanda menerjemahkan berpergian sebagai mobilitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu memusingkan bagi mereka.

Bukti kreativitas dan sikap memilih bahagia tersebut membuat Belanda meyakinkan dirinya sebagai negara tempat untuk belajar kreativitas. Didukung oleh keterbukaan dan keramahan masyarakatnya, sebagai pusat pembelajaran kreatif kini Belanda menawarkan lebih dari 1400 program studi internasional berbahasa Inggris [6]. Lebih dari 81.700 mahasiswa internasional ikut terlibat dalam kelas-kelas internasional sehingga beragam ide dari bermacam perspektif akan muncul. Hal ini didukung oleh sistem pendidikan Belanda yang inovatif dan kreatif yang mendorong mahasiswanya untuk berdiskusi, nilai inilah yang membentuk kreativitas berkelanjutan di institusi pendidikan Belanda.

Pada akhirnya tak masalah bagi warga Belanda menghadapi segala ancaman yang ada didepannya karena bukti kreativitas mereka tentu nilai yang paling kuat untuk menjawab ancaman tersebut. Bagi warga Belanda “No other land but Netherlands”, semuanya tersedia di negeri oranye dan mereka bahagia atas apa yang mereka punyai. Hal ini perlu dicontoh oleh bangsa Indonesia, jangan sampai kita meninggalkan negara tercinta dengan tinggal di negara lain. Hadapilah segala kekurangan di Indonesia dengan kreativitas. Tentu dengan sikap kreatif mudah saja bagi kita, warga Indonesia berkata “No other land but Indonesia”. :)

– ditulis oleh Novan Bastian Dwi Ardha

5 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

5 responses to “#366 Bagi Warga Belanda: “No Other Land but Netherlands”

  1. Kita bisa mencontoh Belanda, memang paling indah itu “rumah” sendiri. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan dan mengatur apa yang kita punya. Melihat rumput tetangga pasti akan selalu kelihatan lebih hijau. Padahal kenyataannya belum tentu 🙂

    Boleh kunjungan balik? 🙂 Bedankt voor reacties 🙂 http://t.co/cvwuEzs2

  2. Oya foto di artikel itu didapat disini ya http://www.superstock.com/stock-photos-images/1609-15491 , any one wanna share something about Dutch Creativity???

  3. halo rafaqo, terima kasih atas kunjunganya 🙂 .

  4. “No other land but Indonesia”……kereenn….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s