#368 Creativity Does Matter

Siapa bilang kreativitas tidak dapat mengubah wajah suatu negara? Adalah Belanda yang merupakan salah satu negara yang demikian. Dulu yang pertama kali terlintas dalam benak saya jika mendengar Belanda adalah negara yang menjadikan Indonesia sebagai koloninya selama berabad-abad. Sekarang pemikiran saya sudah berbeda setelah semakin banyak tahu apa dan bagaimana Belanda. Salah satu hal yang membuat saya terkesan adalah bagaimana Belanda membuat mayoritas daratannya yang lebih rendah dari permukaan laut dapat tetap sustain kehidupan masyarakatnya. Orang bilang ada sebab, pasti ada akibat. Menurut saya, penyebab dari keadaan Belanda seperti sekarang ini adalah kreativitas masyarakatnya yang memacu banyaknya inovasi yang dibuat. Robert E. Franken di dalam bukunya Human Motivation mendefiniskan kreativitas sebagai:
“the tendency to generate or recognize ideas, alternatives, or possibilities that may be useful in solving problems, communicating with others, and entertaining ourselves and others”

Dari definisi yang diberikan Robert E. Franken tersebut, setidaknya ada 2 elemen yang harus ada dalam kreativitas:
• kecenderungan untuk menghasilkan atau mengenali ide, alternatif, atau kemungkinan lain
• ide tersebut berguna dalam memecahkan masalah, berkomunikasi dengan orang lain, dan menghibur diri kita sendiri dan orang lain

Kreativitas merupakan langkah pertama yang akan melahirkan inovasi. Omong-omong soal inovasi, Belanda ini salah satu jagoannya di dunia. Entah darimana datangnya ide-ide brilian itu. Ide-ide kreatif yang merupakan asal mula inovasi tersebut pun beragam. Dari mulai ‘Speakerboss’ yaitu speaker yang terbuat dari kertas yang dibuat oleh Sjors Trimbach yang tujuan awal dibuatnya untuk amal, robot yang dapat mengisi bahan bakar kendaraan yang bernama ‘Tankpitstop’, hingga design kompleks apartemen terapung ‘The Citadel’. Semua inovasi tersebut merupakan hal-hal yang sangat berguna. Amazing, isn’t it?

Dilihat dari inovasi-inovasi yang dibuat oleh orang-orang Belanda, tidak diragukan lagi kalau mereka memenuhi kedua elemen kreativitas seperti yang disebutkan oleh Robert E. Franken dalam bukunya. Inovasi tersebut membuat masyarakat Belanda lebih mandiri dan menjadi negara yang maju. Jadi, jangan heran apabila PBB memasukkan Belanda dalam World Happiness Report sebagai salah satu negara yang paling bahagia di dunia. Dan ya, kreativitas masyarakat Belanda mengubah pandangan saya terhadap negara tersebut. Creativity does not matter.

– ditulis oleh Fanny Alda Putri

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s