#371 Pertanian Kreatif di Belanda

Industri kreatif menjadi sebuah sektor yang sangat dikembangkan di berbagai negara di dunia. Industri kreatif erat kaitannya dengan peningkatan sektor ekonomi di negara tersebut. Apa yang terpikir dibenak anda jika mendengar tentang sektor industri kreatif? Arsitektur, fashion, teknologi, seni, atau interior design? Ya, itu semua masuk kedalam industri kreatif, dan Belanda adalah salah satu negara yang sukses mengembangkan industri kreatifnya.
For example to show how creative the Dutch are:

Arsitektur Balai Kota Leyweg

 Nimbus II 2012, awan didalam kamar

Berkat Industri kreatif, perekonomian Belanda meningkat sebesar 3% dari GDP yaitu 16,9 Milyar Euro. Jadi industri kreatif mampu meningkatkan potensi perekonomian suatu negara, termasuk Belanda.

Tetapi, apakah cakupan industri kreatif hanya dibidang tersebut? Tentu saja tidak. Adalah pertanian, sektor penting di dunia, tanpa pertanian apakah kita akan bertahan hidup? Semua makanan dan minuman yang kita konsumsi berasal dari produk pertanian. Maka dapat dikatakan bahwa “Agriculture feed the world”. Lalu bagaimana kondisi pertanian di Belanda?

Luas wilayah Belanda hanya 41.526 km2, Belanda mempunyai potensi alam yang cukup baik untuk pertanian, Belanda mampu mengeksplorasi potensi tersebut dengan baik. Walaupun lahannya tidak luas, Belanda mampu menjadi negara yang dapat mencukupi kebutuhan pangan di negaranya tanpa mengimpor bahkan menjadi negara pengekspor pertanian. Hal tersebut dapat terjadi karena Belanda mampu mengoptimalkan keterbatasan menjadi kekuatan dan juga didukung dengan daya kreatifitas dan berpikir out of the box.

Ingin tau bagaimana Belanda sukses mengembangkan pertanian kreatifnya?

Pertanian di Belanda sangat terintegrasi dan penuh dengan teknologi modern. Penggunaan teknik rumah kaca, memanipulasi iklim dalam ruangan serta teknologi robotik dan komputerisasi sudah menjadi hal yang lazim. Ketika musim panas, Belanda menerapkan mekanisme solar cell dirumah kaca yang berfungsi memanen energi panas dan disimpan di tandon dan sungai – sungai bawah tanah sehingga dapat menaikkan suhu air. Maka ketika musim dingin tiba, tidak perlu khawatir, karena mesin – mesin blower memanen simpanan energi bawah tanah dan mensirkulasi udara untuk memanipulasi iklim dalam ruangan, sehingga pertanian tetap berjalan. How cool the Dutch are!

Salah satu produk pertanian olahan kakao Belanda adalah Cokelat Van Houten. Berkat ke-kreatifitasan dalam pengemasan dan teknologi modern, sehingga menjadi cokelat yang terkenal di dunia.

Belanda juga terkenal dengan sektor pertanian non-pangan dan merupakan salah satu komponen penyumbang devisa, yaitu bunga Tulip. Peneliti dan ahli mampu membiakkan berbagai jenis bunga tulip, sangat kreatif dan inovatif. Seperti halnya di kebun tulip terbesar di Belanda, yakni Keukenhof (The Garden of Europe). Setiap musim semi, terdapat 7 juta bunga tulip dibiakkan disana.

 Kebun Bunga Tulip di Depan Keukenhof

Industri pertanian menyumbang 20% terhadap ekonomi Belanda. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia memiliki luas wilayah dan potensi alam yang jauh lebih besar dari Belanda, perlu di eksplor lebih baik agar Indonesia bisa menjadi negara yang maju dalam sektor pertanian.

Setelah saya membaca berbagai literatur mengenai perkembangan pertanian di Belanda, saya yang kini masih menuntut ilmu di bidang pertanian, ingin sekali menginjakkan kaki di Belanda. Ingin melihat betapa canggih dan kreatifnya pertanian disana, ingin menimba ilmu dan menerapkannya di Indonesia agar pertanian di negara kita pun bisa seperti di Belanda atau bahkan jauh lebih baik.

– ditulis oleh Nofalia Nurfitriani

38 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

38 responses to “#371 Pertanian Kreatif di Belanda

  1. Semangat pagi semua,,
    Kita semua diciptakan unik, dan punya kelebihan yang luar biasa yang hanya diri kita yang harus mengasahnya. orang lain hanyalah mendukung. Mari kita perbaiki sistim pertanian Indonesia dengan dengan penuh keyakinan bahwa selalu ada solusi berkah atas setiap masalah. Mari semua sharing bagaimana Menjadikan Pertanian Indonesia Berjaya. Mulai dari diri kita, mulai dari sekarang, dan mulai dari hal terkecil kita ciptakan Indonesia menjadi negara pertanian yang brilian.
    1. Optimalkan pekarangan kita, tanami dengan sayuran, tekadkan masing masing keluarga untuk SWASEMBADA SAYUR. tanam cabe, tomat, sawi dll yang sesuai dengan iklim di rumah kita. Ajarkan pada generasi muda kita harus menjual sayur. MINDSET MENJUAL SAYUR akan membuat kita berpikir bagaimana menanam sayur yang efektif. Cari literatur praktekkan, sharing dengan yang sudah pengalaman kemudian praktekkan lagi, begitu seterusnya jangan sampai berputus asa sampai kita menemukan cara bertanam sayur yang efektif, praktis dan ekonomis.
    2. Untuk yang mempunyai pekarangan yang lebih besar, tanami dengan buah buahan, tekadkan masing masing keluarga untuk SWASEMBADA BUAH. tanami jambu Citra, Jambu Jamaica, Jambu Kristal, alpokat, lengkeng, delima, matoa, srikaya, sirsak, pisang dll yang sesuai dengan iklim di rumah kita. Ajarkan pada generasi muda kita harus menjual buah. Ciptakan pada orang orang terdekat kita MINDSET MENJUAL BUAH, dengan begitu akan membuat kita berpikir bagaimana menanam buah yang efektif. Cari literatur praktekkan, sharing dengan yang sudah pengalaman kemudian praktekkan lagi, begitu seterusnya jangan sampai berputus asa sampai kita menemukan cara bertanam buah yang efektif dan ekonomis. Sesudah ada kesulitan PASTI ADA Kemudahan.
    Salah satu keunggulan dari berbagai produk hortikultura kita adalah jambu Citra, bentuk, warnanya bagus serta rasanya enak manis. Sudah sejak tahun 2008 diperkenalkan ke khalayak ramai, tapi sampai sekarang kita masih susah untuk mendapatkannya di pasar. Masih minim orang yang tertarik bidang pertanian. Dengan tekad tiap keluarga bisa MENJUAL JAMBU CITRA, maka akan muncul pengepul2 buah profesional dengan standar higienis dan packing yang menawan hingga bukan mustahil kita bisa menjadi PENGEKSPOR JAMBU CITRA.
    3. Jadikan mental agri-preneur pada generasi muda, Ciptakan pola pikir pada anak anak sekarang bahwa menjadi petani adalah pekerjaan yang sangat mulia, prestis, dinamis, tidak monoton, menyehatkan dan visioner. Bertani tidak harus berkotor ria, tidak identik dengan lumpur. Tapi bukankah Lebih baik kotor dikit tapi bisa beli motor tanpa kridit?. Saya menanam sirsak dari biji 3 tahun yang lalu, sudah beberapa kali berbuah, bulan lalu pernah berbuah sampai 50 butir, saya jual ada yang 20 rb, 10 rb dan yang kecil 5 rb. kalo diambil harga yang murah saja 5rb mk sy sdh mendapatkan 250rb dari 1 pohon sirsak yang tanpa modal. Berapa Return On Investmen nya? Sangat Besar Bukan? bagaimana jika kita menanam 100 bahkan 1000 pohon? Pasti dari pembaca ada yang bertanya, tanah siapa yang ditanami? Lihat sekeliling kita, tanah yang dimanfaatkan optimal baru 5 % an, selebihnya adalah tanah yang daripada nganggur tumbuh pohon kelapa, cemara, pisang yang ditanam tanpa sentuhan “manajemen” mereka dibiarkan asal tumbuh. Buat MOU dengan pemilik tanah, buat skema bagi hasil biar kita tidak perlu modal besar, kalo masih sulit juga datang ke rumah saya, sy tunjukkan caranya, hehe.
    4. Biasakan sampah yang berasal dari tumbuhan/organik tidak dibakar tapi kumpulkan ke dalam drum/lubang tanah, kemudian dibuat pupuk organik untuk mendukung pertanian keluarga kita.

    Bersambung,,,,,,,, AYO BERTANI YANG DIMENEJEMENI “Mulai dari keluarga kita, Mulai sekarang, Mulai dari hal yang Kecil”

    Seribu Langkah Petani Besar dimulai dari langkah pertama…
    Dengan Semangat kita tidak mudah Penat,
    Dengan Tekad, segala Hambatan bisa disikat,,

    Kita Singkirkan Semua Hambatan Dengan Olah Sikap Pertanian, meluruskan mindset petani yang benar, Hasilnya Luar Biasaaa!!!

    Sedikit Bicara Banyak Bekerja, Diam diam kita banyak Menanam, jangan kalah dengan Amsterdam.

    Tidak usah menunggu kebijakan pertanian, kita mulai dari diri kita, kuatkan tekad, pompa semangat inovasi, Insya Allah kita kita menjadi petani Mandiri…

    Lets share,,,
    Salam Tani Sugih !!
    (Purwant Ayem) pure10ayem@gmail.com

  2. Assalamu’alaykum nofa🙂
    Yup setuju banget kalo memang industri kreatif tidak hanya berlaku pada bidang art.. creative thinking’s used to be in all aspects, negara2 yang menggabungkan antara keilmuwan saintis dan naturalis untuk mengembangkan pemikiran kreatif dalam pemecahan masalah sudah mulai berkembang, misal india negara miskin dulunya sekarang menjadi negara teknologi pesaing jepang, bahkan belanda yang notabene eropa dgn iklim yg tidak mumpuni utk pertanian justru malah lbh berkembang dibandingkan kita yg berlabelkan negara agraris. Invasi pemikiran pemuda sekarang sudah jauh berorientasi pada konsumerisme dibandingkan produktivitas, makanya jauh tertinggal dari negara2 tetangga kita seperti vietnam, thailand, mungkin sebentar lagi kamboja. MIRIS! Sudah saatnya Indonesia bener2 menggembleng pemuda2nya untuk bisa produktif dengan melahirkan ribuan gagasan kreatif penyelesaian bangsa.. pertanian bukan hanya permasalahan pemerintah dan petani desa, sudah tidak terhitung lulusan dari majoring pertanian tapi tidak banyak yg memikirkan solusi kreatif dari permasalahannya. Yang akhirnya hanya dipikirkan oleh petani saja. Pertanian adalah miliki bangsa Indonesia, dan menjadi salah satu predikat bangsa, mulai digarap dengan solusi kreatif mixing ilmiah dan alami. Mudah-mudahan ini tidak hanya menjadi pemikiran tertulis, tapi dilakukan dengan langkah kongkrit agar Indonesia pun menjadi bangsa besar yang menjadi inspirasi bagi bangsa lain..
    Artikel yang bagus, pemikiran yang baik.. Sukses selalu semoga menjadi petani cendekia harapan bangsa ya😀

    Congrats nofa!!
    Wassalamu’alaykum..

  3. Annisa ilmi

    Indonesia punya potensi yg lebih besar dari belanda. Tp msh kurang di pengelolaannya. Semoga kamu bisa bantu Indonesia dlm mengatasi masalah ini ya.
    Viel Erfolg, liebe Nofa! \m/

  4. alyani shabrina

    great article cil😀
    sebenernya kita bisa kaya Belanda atau bahkan lebih *kutip Rio* hehe, Indonesia punya sumberdaya alam yang melimpah, orang-orang pinter juga banyak, cuma pemerintah seperti tidak mendukung. Negara kita dibilang negara agraris tapi pertanian kita ga pernah semaju negara Belanda, kesejahteraan petani juga masih sangat rendah. padahal kita tau Belanda itu lahan aja terbatas atau malah sangat minim tp mereka bisa membuat keterbatasan itu jadi suatu keunggulan buat mereka, jadi daya tarik negara lain untuk mengadopsi cara mereka dan menggali ilmu sama mereka. kenapa negara kita ga bisa kaya gitu? kenapa kita ga bisa menjadikan Indonesia sebagai negara agraris yang maju dengan tingkat kesejahteraan petani yang tinggi juga. semoga km menang cil, dapet belajar di Belanda dan mengaplikasikannya di Indonesia untuk Indonesia yang jauh lebih baik. amiin😀

    • Nofalia

      someday will be Indonesian’s turn😀
      if we don’t care about it, then who? Semangaattt😀
      amiinn… thankss aalll😀

  5. hmmm. sebenarnya sih indonesia bisa aja kaya belanda dan mungkin lebih. tp ya liat aja kenyataan yg ada. masyarakat di indonesia masih pada tidur. mata mereka ibarat lampu 5 watt hidup segan mati nggak mau. mereka masih berharap uluran tangan dari pada mengulurkan tangan. juga kita bisa ngeliat pemerintah kita sendiri. mereka lebih suka memanen uang rakyat dari pada memanen kesejahteraan rakyat. madesu. mereka nggak sadar kalo indonesia bisa berjaya dengan potensial dari negara kita. mereka lebih senangnya tiap daerah ada departmen store nya, bukan dengan banyaknya sawah atau kebun yg subur. dan setuju dengan kewong, aku percayalah anak2 pertanian bisa buat indonesia lebih dari belanda dan kalo misalnya kamu jd kebelanda, sombongin apa yg ada di indonesia. inget prinsip hidup itu ada 2, yaitu pertama GAYA kedua SOMBONG. #naoon.

  6. pengunduhsubuh

    Kreatif itu kan sebuah proses mengatasi masalah dengan cara2 yg ajaib. Nah, mgkn kalo Di belanda mereka udah lewatin fase impor produk pertanian, atau malah gak pernah sama sekali. Jadinya mereka mulai berkreatif ria untuk mengembangkan produk mereka supaya lebih menjual (bikin aneka rupa tulip) dengan tujuan supaya bisa diekspor.
    Sedangkan di Indonesia, saya masih dengar kabar kalo Negara agraris ini masih impor beras (entah kenapa, mgkn dek nofa bisa kasi info).

    Nah, Di sini letak beda masalahnya. Indonesia masalahnya masih soal kekurangan produk sampe2 harus impor, sedangkan belanda udah kelebihan produk sampe2 bisa ekspor.
    Dek nofa sebagai calon petani hebat di Indonesia mgkn bisa ceritain kreativitas apa permasalahan pertanian di Indonesia yg sudah membangkai karna tidak pernah selesai2 sehingga butuh suatu proses pemecahan masalah yg berbeda atau biasa disebut dengan proses kreatif.

    • Nofalia

      dari literatur yg saya baca indonesia masih impor karena masalah iklim, alh fungsi lahan, harga jual dan kualitas yang rendah, kurangnya perhatian dan kebijakan pemerintah yang tidak pro sama petani. produktivitas pertanian kita juga rendah, karena pengetahuan petani kita yang terbatas dan belum kreatif untuk mengatasi permasalahan yang ada. mungkin kurang lebih begitu bang.
      oke terimakasih masukannya bang😀

      • pengunduhsubuh

        Nah, permasalahan2 itulah yg jadi lahan dek nofa utk berkreativitas. Kreativitas muncul bukan dari meniru apa yg disebut kreatif di luar sana, tapi kreativitas bisa muncul karna kita menyelesaikan permasalahan dengan keterbatasan.

        (naaaon anjeeeng, jadi serius gini!!!)

      • pengunduhsubuh

        Dan satu lagi mindset yg harus diubah. Indonesia gak perlu kayak belanda. Belanda yg harus kayak kita.

    • pengunduhsubuh

      Kenapa belanda lebih oke dari indon? Karna mereka kreatif, dan kita nggak. Kalo masalah pemerintah mah, kebetulan aja kita dapat pemerintah yg bau. Pemerintah mah gak bisa diubah, kecuali sistemnya diubah. Pandai2 dek nofa lah mensiasati pemerintah. Kalo menguntungkan, ya kerjasama lah sama pemerintah. Kalo gak guna, ya abaikan aja pemerintah. Kalo mengganggu, ya silahkan lakukan tindakan subversif.
      Yg namanya kreatif mah membakar batas. Gak ada batasan ide, cara, dan gerak. Banyak jalan menuju Roma, banyak pula tujuan wisata selain Roma.

  7. novira kharamyna

    sebenernya kita bisa kaya mereka, gw setuju sama pendapatnya Aditya Shorea P..
    banyak masyarakat indonesia yang pintar, tapi kayanya belum semuanya melek buat bisa ngebangun negeri ini apalagi dari sektor pertaniannya, yang sibuk dengan hartanya pusing mikirin ekspansi ke sana-sini, yang kelaparan harus mikirin esok hari buat ngisi perutnya lagi..
    tapi gada yang salah sama adopsi,kita bisa adopsi teknologi yang mereka pakai buat dikembangin disini menjadi lebih baik lagi..
    semangaat..semoga menang:)

  8. anggun wulandari

    Rampok dan kuras habis ilmu2 disana peng, haha
    Tapi karna ini negeri Belanda, jadi kita gak bisa telen ilmunya mentah2 harus ada modifikasi, kita harus bisa melakukan lebih, ilmu yang ada dikembangkan lagi jadi ilmu2 pertanian yang baru, mengingat Indonesia hanya memiliki 2 musim dan kondisi alam yg cukup beda jauh dgn Belanda. Note untuk Indonesia, dukung calon ilmuan dan ilmuan dlm negeri. Bravooooooo ^___^

    • Nofalia

      iyaa betul gunn, harus ada kajian lagi kalau mau menerapkan teknologi luar negeri, karena harus adaptasi dulu dan sesuai sm kondisi di indonesia.
      Thankss gun😀

  9. nice share, nice movement. karena dengan menelaah suatu kasus lah kita akan mulai bertanya, mencari tahu lalu belajar.

  10. afridanindya

    Good article Nof! Bacanya jadi melek soal pertanian di Belanda hahaha. Indonesia pasti bisa nerapin hal yang serupa atau bahkan lebih dari Belanda, makanya perlu SDM yang oke buat mempelajari pertanian disana, biar bisa mengaplikasikannya disini. Sukses Nofaaaaaa!🙂

  11. nora :)

    menurut saya tentunya setiap negara pastinya punya masalah masing2 dibidang pertanian, yang terkadang cara dinegara2 lain diterapkan di indonesia belum tentu cocok. tetapi bukannya pesimis juga,,saya optimis kalau semua orang mau berfikir cerdas dan ga biasa. pertanian indonesia bisa maju kok hanya saja mungkin caranya berbeda🙂, mari membuat masalah menjadi kecil dan coba segala cara yang ada untuk menyelesaikan masalah2 pertanian yang ada..
    Artikel teh nofa membuat setiap orang terpacu untuk out of the box,, keluarlah dari zona nyaman dan lihatlah negara lain udah maju dan helooo kita mau ketinggalan sampai kapan?? ayo pemuda bersama2 berfikir cerdas dan cari ilmu serta cara yang bisa buat pertanian kita bisa maju🙂 semangattt!!

    • Nofalia

      iyaa betul noraaa, setiap negara punya cara yg berbeda2 buat menangani permasalahan negaranya, naah kita perlu berlajar dari negara lain, bagaimana mereka menyelesaikan masalah, setelah itu kita lakukan inovasi agar bisa diaplikasikan di Indonesia🙂
      siipp ayoo semangat untuk membangun Indonesia lebih baik lagi
      makasiih ya noraa🙂

  12. We can see from this article that there is no limitation for creativity and effort is everything. If you have some limitation of something, you will do anything to survive. Like The Dutch did, they did not have a lot of area of agriculture, so they think out of the box to figure out the solution. And the solution is really great! We have to learn a lot from the Dutch. Good luck,nof😀 . FYI, i just saw Keukenhof 2 days ago from my aunty’s picture.. hihi. Really wish to get there soon😀

    • Nofalia

      I agree, agriculture in netherland is one of the best system in the world,
      maybe i’ll borrow the Dutch brain :p
      woww great, i just saw Keukenhof (in website :p) thats very very very beautiful place, i really wish to get there soon(er) too😀
      see you in europe, amiiinn😀

      • If you win this competition,you have to “kidnap” the Dutch’s brain. Like one of the motto’s that i ever heard ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), did that kind of thing so it could be make some improvement in our agricultural system.

  13. Hariakbar

    nice blog, and i just knew there is some blogcompetition like this! in netherland, you only can grow your crop from april to June, but poduce a lot of crop! trough an advanced system of crop production

    • Nofalia

      yaa envy with netherland, but Indonesia can do that and better😀
      hohoo okay Insya Allah i’ll inform you if theres any blogcompetition like this😀
      btw thanks kang abay for ur comment😀

  14. Silka

    Indonesia sudah dikenal dengan sebutan negara agraris sejak dahulu, tapi sampai saat ini masih banyak rakyatnya yang kelaparan. Sudah saatnya Indonesia untuk maju, dan untuk bisa maju, Indonesia butuh sumber daya manusia yang berkompeten.

    • Nofalia

      Iyaa benerr, Indonesia pernah melaksanakan swasembada beras ditahun – tahun lalu, berarti Indonesia sebenernya bisa untuk jadi negara agraris yg besar😀
      thankss cipengg

      • Tulisan lo ini sebenernya nyindir pemerintah peng. Kenapa belanda ngejajah Indonesia? karena mereka gak kaya akan rempah-rempah dan sebagainya yang berhubungan dengan pertanian. ngeliat spanyol yg menjadi negara sukses setelah ngejajah negeri ini, belanda dan negara-negara lainnya jadi pengen ngejajah negeri ini. Bayangin aja, kita negara pertanian, tetapi impor beras. Lucu. Bahkan, saking siriknya belanda, sekarang mereka lagi ngerencanain bikin gunung buatan karena di sana gak ada gunung kaya di Indonesia. Dan untuk penutupan yg lo buat, sebenarnya lucu kalo lo pengen belajar dari belanda. Harusnya kita udah bisa melakukan itu semua. sayangnya mata pemerintah seolah tertutup dengan hal yang membuat kita kaya ini. Mereka lebih senang dengan memperbanyak mall, hotel, dan apartemen yg udah banyak kita temui di Indonesia. Ilmuwan kita aja banyak yg kepake di luar negeri. dan gw curiga, jgn2 ada ilmuwan Indonesia yg punya ide bikin pertanian itu di Belanda. Peng. gw gak ngerti pertanian. tetapi gw yakin anak2 pertanian bisa ngubah negeri ini menjadi lebih baik. Dan klo lo emang jd ke belanda, lo harus sombong. lo kasih tau apa yg Indonesia punya. Jgn mau kalah sama mereka.

  15. tika

    wah pengamatan yg seru mengenai belanda. jd ingin berkunjung kesana🙂 indonesia, kota bandung khususnya, juga memiliki banyak industri kreatif. mungkin gak nih buat di kembangin dan jd dayatarik wisata kaya di belanda?

    • Nofalia

      mungkin dan pasti bisa dong😀
      Indonesia punya banyak SDM yang kompeten tinggal diasah aja ketekunannya biar gak mudah menyerah dan semakin kreatif😀
      btw thanks yaa tipengg…

      • Ablew

        Belajarlah walaupun itu hanya dari seekor anjing. Hahahaa gaknyambung euy.
        Anyway, blog nya manteppppp.

  16. Ariz

    eh, nimbus??? awan buatan ataw efek doank??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s