#376 Summer Wind of the Orange

Kincir dan angin. Kontradiktif namun mutualis. Keduanya diciptakan oleh subjek yang berbeda, berpadu menjadi sebuah sistem, dan menghasilkan begitu banyak benefit dalam berbagai aspek kehidupan. Representasi nyata dari arti kreativitas yang sebenarnya.

Sadar akan kebutuhan dunia yang kian lama kian bergantung pada pola modern, The Dutch terus menerus menggerakkan jari-jarinya untuk memenuhi setiap celah yang diperlukan manusia. Perpaduan antara kematangan teknologi, sisi artistik yang selalu inovatif, serta ketersediaan sumber daya penggerak, membuat Belanda menjadiprototype sebuah negara kecil yang tak terbatas. Di dalamnya tercakup berbagai aktivitas yang sesuai dengan dinamika serta tuntutan masa kini hingga masa depan. Amsterdam tak pernah tidur. Ia dan semua komponen di dalamnya terus menjadi turbin yang menggerakan arus modernisme ke arah yang seharusnya. Bahkan Den Haag, tak pernah berhenti mengatur ritme politik dan parlementer di tengah segala homework besar Belanda.

Orang bilang terkadang minimalis itu membosankan. Tapi tak ada yang membosankan dengan setiap detail pergerakan di Belanda. Selalu ada curiousity yang dengan jelas diperlihatkan oleh negara ini. Sains, teknologi, dan seni adalah objek-objek yang selalu menarik untuk menjadi bahan observasi. Vincent  van Gogh telah membuktikannya. Begitupun Panorama Mesdag yang selalu punya sisi lain untuk dicermati. Tak pernah ada kata bosan dalam kamus artistik negara ini.

The light-bulb maker country. Belanda selalu jadi yang terdepan dalam menjawab tantangan di bidang ini. Tentu saja, kemampuan berinovasi yang membuat Belanda kembali dipercaya menjadi sebuah prototype negara tanpa keterbatasan. Kemampuan mengolah elektrisitas yang dipadukan dengan kreativitas telah menghasilkan jutaanlight-bulb dengan kualitas terbaik tanpa meninggalkan aspek-aspek ekstrovert khasNetherland.

Berbicara soal ekstrovert, ini artinya kita berbicara soal masyarakat Belanda. Stabilitas penduduk lokal menjadi salah satu faktor yang mendorong meningkatnya keterbukaan sosial. Setiap individu dalam masyarakat memiliki tatanan hidup yang teratur, sehingga membuka kecenderungan untuk menjadi pribadi yang open minded. Inilah yang menjadi hal paling fundamental dalam terbentuknya karakter masyarakat yang terbuka, luas, dan liberal.

Satu lagi yang identik dengan Belanda, orange. Terlepas dari sejarah Orange-Nassau sebagai pusat kerajaan Belanda, ataupun kesebelasan nasional Belanda dengan warnajersey kebanggaannya, ada hal menarik dibalik warna ini. Orange merepresentasikan sifat dinamis, kreatif, cemerlang, enerjik, dan inovatif. The color of flames, gabungan antara merah dan kuning. Sangat sesuai dengan negara Belanda yang penuh optimisme dan berapi-api. Tidak terlalu mendominasi seperti merah, dan tidak terlalu menyilaukan seperti kuning, namun tetap eye catching dengan berada diantara keduanya. Simple but different.

Belanda muncul di tengah daratan Eropa Barat sebagai negara yang memiliki identitas yang khas, namun tetap menjunjung iklim kebaratan yang dimiliki negara-negara di Eropa daratan pada umumnya. Tanpa bisa dipungkiri bahwa Belanda menciptakan daya tariknya sendiri. Mereka membangun, mengolah, dan mensuasanakan karakteristiknya dalam satu paket kreativitas dan keunikan yang disisipkan dalam setiap inovasi yang mereka perkenalkan kepada dunia sebagai The Dutch invention. Mereka belajar menjadi besar dari hal-hal yang sederhana. Kincir tanpa angin tetap akan menjadi kincir dan kincir angin tanpa tujuan pun tidak akan pernah mengubah apapun. Tak ada yang yang luar biasa dengan kincir angin. Yang luar biasa adalah cara Belanda menyisipkan kreativitas dan teknologi di dalamnya sehingga windmill terkenal hingga ke ujung dunia.

– ditulis oleh Adlian Rahmadita

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s