#391 PHBS (Perilaku Hidup BerSepeda) di Belanda

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Karena hidup sehat adalah hak setiap manusia, maka tidak ada salahnya mulai memperhatikan hidup sehat sebelum jatuh sakit. Berbicara mengenai konsep kesehatan, ada 2 konsep yaitu konsep kesehatan masyarakat dan konsep kedokteran, konsep kesehatan masyarakat lebih berorientasi kepada masalah kesehatan yang dihubungkan dengan aspek sosial cultural, menekankan pada pendekatan preventif dan promotif. Sedangkan konsep kedokteran lebih berorientasi pada pendekatan kuratif dan rehabilitatif. Karena saya lulusan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat sehingga saya akan membahas tentang PHBS (Perilaku Hidup BerSepeda).

Budaya dan kebiasaan masyarakat ternyata dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Belanda memiliki sarana transportasi yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, salah satu transportasi darat yang cukup populer adalah sepeda. Negeri kincir angin ini identik dengan sepeda, penggunaan sepeda sebagai alat transportasi sudah jadi budaya yang melekat karena sudah diperkenalkan sejak usia balita. Hampir di setiap pelosok jalan, sudut bangunan dan di parkiran stasiun hampir dipastikan bisa menemui puluhan bahkan ratusan sepeda yang diparkir. Di Indonesia, memakai sepeda diidentikkan dengan keluarga yang biasa saja meskipun sekarang ini beberapa kalangan pekerja di Jakarta sudah melakukan aksi bersepeda ke kantor atau istilah kerennya Bike to Work ya meskipun menurut saya bersepeda di Jakarta butuh perjuangan yang berat mengingat kondisi udara yang penuh polusi dan persaingan di jalan raya antara sepeda motor, mobil, bus bahkan truk. Namun di Belanda sepeda ini dipakai mulai dari rakyat kecil hingga menteri. Mereka begitu mencintai budaya bersepeda dan masyarakat Belanda memang sangatlah kreatif hal ini terlihat karena sedemikian pentingnya sebuah sepeda sampai-sampai demi sebuah kenyamanan dan keamanan mereka lengkapi sepeda tersebut dengan berbagai aksesoris, seperti tempat duduk bayi lengkap dengan pengamannya, keranjang, tas belanja dan bahkan memodifikasi sepeda mereka dengan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Jangan heran jika harga sepeda bisa lebih mahal daripada harga mobil, bahkan ada yang mengasuransikan sepedanya jika terjadi kerusakan atau hilang.

Belanda adalah salah satu surga bagi pengguna maupun pecinta sepeda terlebih untuk tujuan dalam meningkatkan taraf kesehatannya, ini karena para pesepeda diperlakukan khusus oleh pemerintah. Selain sebagai sarana transportasi, sepeda juga dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Dengan sarana penunjang yang sangat memadai, seperti disediakannya jalan khusus untuk kendaraan roda dua baik di jalan protokol dan arteri, tempat parkir khusus sepeda, dan alat transport lain seperti kereta yang membolehkan kita membawa sepeda ke dalamnya (tetapi dikenakan biaya khusus) dan tentu saja lingkungan & udara yang bersih memungkinkan kita bisa bepergian jauh dengan aman dan tentu saja sangat irit ongkos. Karena biaya transportasi umum disini tergolong sangat mahal, maka sepeda bisa menjadi salah satu solusi penghematan.

Meskipun saya belum pernah ke Belanda, tapi saya yakin pemahaman masyarakat Belanda terhadap konsep kesehatan masyarakat pada pendekatan preventif dan promotif sudah semakin maju dan inovatif sehingga kita bisa lebih belajar dalam memilih ber-PHBS (Perilaku Hidup BerSepeda) untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Hidup hemat juga sekaligus hidup sehat merupakan bagian dari hidup kreatif.

– ditulis oleh Savrina P. A.

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#391 PHBS (Perilaku Hidup BerSepeda) di Belanda

  1. nice post🙂
    nah kalo banyak sepeda kan jadi nggak polusi n sehat yaa. seandainya orang-orang indonesia mau diajak balik naik sepeda juga buat ke tempat-tempat yg deket..

    visit ini juga yaa https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/14/364-di-balik-kesederhanaan-masyarakat-belanda-penuh-energi-penuh-ekspresi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s