#335 Happiness Cake ala Chef Van Oranje

Happiness cake ala chef Van Oranje? Jangan salah dulu, karena tulisan ini bukanlah resep ‘kue’, melainkan resep bahagia ala Belanda. Selain ikon negara yang khas dan mendunia, ternyata Belanda juga terkenal dengan kualitas hidupnya yang lebih baik dibandingkan negara-negara Eropa lainnya. Menurut http://www.dutchdailynews.com, Belanda menempati urutan keempat dalam peringkat tingkat kebahagiaan warganya, dan bukan sembarangan karena yang merilisnya adalah PBB melalui laporan “World Happiness Report”. Dalam ajang tersebut peringkat pertama diduduki oleh Denmark, dilanjutkan oleh Finlandia, Norwegia, Belanda, dan Kanada.

Sekarang mari kita cari tahu apa resep kue bahagia ini. Menurut chef Van Oranje, hal-hal berikut adalah “bahan dasar” untuk membuat kue kebahagiaan.

Goed voedsel-en landbouwproducten
Kekurangan lahan untuk pertanian bukanlah soal bagi negara pionir ini. Dari hasil kreativitas masyarakatnya muncul ide untuk mereklamasi lahan yang berasal dari laut dan menjaganya agar tetap kering, lahan tersebut dinamakan “polder”. Iklim negara yang tidak bersahabat juga tak jadi soal, rumah kaca menjadi solusi brilian. Hasil perpaduan kreativitas inilah yang menyebabkan Belanda dapat memproduksi makanan 2,5 kali lebih banyak per acre dibandingkan negara Eropa lainnya. Gemah ripah lon jinawi karena kerja keras melalui kreativitas dan inovasi masyarakat yang dibesarkan dalam kondisi alam yang tak seberuntung Indonesia.

Een vaste baan, hoog en inkomen
Dalam hal pekerjaan, hampir 75% penduduk usia 15-64 tahun di Belanda memiliki pekerjaan yang mapan, jauh di atas standar yang dirilis OECD yaitu 65%. Walaupun begitu penduduk Belanda hanya memiliki jam bekerja 1378 hari per tahun, dimana merupakan angka terendah dalam laporan OECD. Pekerjaan yang mapan kemudian mengangkat tingkat pendapatan negeri Belanda. Rata-rata pendapatan per rumah tangga di Belanda adalah USD 25.997 per tahun, lebih tinggi dari standar OECD yaitu USD 22.284.

Het hoger onderwijs en de kwaliteit
Bahan yang satu ini juga jangan dilupakan, pendidikan yang baik. Belanda juga dikenal luas dengan tingkat pendidikannya yang sangat tinggi, 73% penduduk berusia 25-64 tahun telah menyelesaikan pendidikan setara diploma. Selain itu, kualitas pendidikannya yang sangat baik menghasilkan pelajar dengan kemampuan membaca setara dengan nilai 508/600 menurut program PISA-student assessment. Tak heran mengapa Belanda selalu menempati top ten atau bahkan top five dalam ajang tahunan World Reputation Rankings. Bahkan tahun ini Belanda berhasil menyabet peringkat 3 dalam ajang bergengsi tersebut.

Sterke band van de gemeenschap
Dan sebagai pelengkap kue kebahagiaan, penduduk Belanda memiliki sense yang kuat terhadap komunitas dan keikutsertaan dalam hal sosial kemasyarakatan. 95% penduduk Belanda percaya bahwa mereka dapat mengandalakan orang lain bila dalam kesusahan. Ikatan masyarakat yang kuat juga bisa jadi sebab rendahnya tingkat kejahatan di Belanda, hanya 5% dalam 12 bulan terakhir. Dalam pemilu terakhir ukuran kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan partisipasi warga dalam proses politik mencapai angka 80%.

Secara keseluruhan menurut laporan Better Life Index OECD, 91% orang Belanda menyatakan puas dengan kehidupan mereka, jauh meninggalkan angka rata-rata OECD yaitu 59%.
Nah, ada yang mau mencicipi kue bahagia ala Chef Van Oranje? Silakan berkunjung ke negeri Kincir Angin tersebut. Atau ada yang mau mempraktekkan resep kue bahagia tersebut di Nusantara? Itu lebih baik !

– ditulis oleh Sisilia Ita

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s