#395 Spirit Totaal Voetbal Negeri Kincir Angin

1974 adalah tahun yang tidak pernah dilupakan oleh rakyat Belanda. Pada tahun tersebut berlangsung kejuaraan sepakbola antarnegara yang biasa kita sebut dengan piala dunia. Pada tahun tersebut disebut-sebut merupakan tim terbaik Belanda sepanjang sejarah. Belanda berhasil tampil spektakuler pada ajang tersebut.

Belanda tampil dengan strategi baru yang kemudian populer disebut totaal voetbal atau total football. Strategi menyerang yang sangat dinamis yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi secara konstan sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola. Dengan mengandalkan Johan Cruijff sebagai konduktor aliran bola, pelatih Belanda kala itu, Rhinus Michels, berhasil meracik strategi yang luar biasa. Sepak bola menyerang yang sangat menghibur. Kendati kandas oleh Jerman, namun bisa dikatakan Belanda sudah juara meski tanpa mahkota.

We are living in exponential times, begitulah gambaran umum mengenai kondisi di era informasi ini. Kkita hidup dalam sebuah dimensi waktu yang bergerak secara eksponensial. Barangsiapa tidak bisa bergerak cepat dalam mengembangkan inovasi, dia akan ketinggalan, bahkan bisa terinjak.

Belanda hanyalah sebuah negeri kecil di Eropa Barat. Luasnya hanya 42.526 km2. Belum lagi ditambah kondisi geomorfologis alamnya yang bisa dibilang tidak bersahabat. Untuk tetap membuat negaranya tetap utuh pemerintah Belanda harus “menambal” negara mereka agar tidak semakin tergerus oleh gelombang laut.

Kendati demikian Belanda masih sanggup bertahan. Meskipun di Eropa baru saja diterpa krisis perekonomian, Belanda masih bisa menjadi runner up sebagai negara terbaik untuk mengembangkan bisnis. Satu strip di bawah Hongkong. Di tengah isu perdamaian antarnegara yang mulai goyah, Belanda masih mampu menjadi paling bahagia nomor empat di dunia. Tidak hanya berhenti di situ. Teknologi di Belanda berkembang pesat. Paling mutakhir, para ilmuwan Belanda berhasil menciptakan “mobil terbang”.

Kreatif, itulah jawaban yang paling tepat untuk menjawab mengapa Belanda mampu bertahan. Pribadi yang kreatif mampu untuk menilai situasi yang sedang terjadi dan mampu menghadapinya secara inovatif. Dengan berpikir cepat dan mampu berinovasi, kita pasti mampu untuk menghadapi kondisi yang juga sering timbul masalah tidak terduga.Seperti yang dilakukan oleh timnas Belanda pada piala dunia 1974. Belanda mampu keluar dari patron permainan sepak bola klasik. Belanda mampu menghadirkan sebuah teori dalam sepak bola dan itu terbukti ampuh.

Kreatif saja tidak cukup. Dalam sebuah skema totaal voetbal pemain harus memiliki dedikasi yang luar biasa. Pemain harus senantiasa menyerang selagi ada kesempatan. Ketika menguasai bola, pemain akan berkonsentrasi penuh untuk mencetak gol, dan ketika bola direbut, pemain sudah siap kembali untuk bertahan. Selain itu, saling berotasi posisi selama 90 menit tentu akan sangat menguras stamina. Hanya pemain yang berdedikasi tinggi saja yang mapu menjaga agar ritme permainannya tetap stabil kendati staminanya terkuras.

Memang, sekarang strategi totaal voetbal sudah jarang ditemui dalam sepak bola. Gaya sepak bola modern cenderung lebih oportunis. Sedikit lebih banyak menjaga bola demi menjaga stamina pemain. Pun juga dengan tim sepakbola Belanda. Kendati demikian spirit totaal voetbal tetap mengalir pada bangsa Belanda. Kreatifitas, dedikasi, dan semangat pantang menyerah tetap mengakar kuat pada pribadi bangsa Belanda. Karena itulah, wajar jika muncul statemen “Holland is a creative nation. Dutch people enjoy innovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas.”

– ditulis oleh Pramudya Arif W.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s