#397 Belanda, Kreativitas, dan Kehidupan yang Hidup

Belanda telah menunjukan kreativitas adalah hidup dan hidup adalah kreativitas.  Mengapa dikatakan seperti itu, terlihat dari kegigihan mereka yang dapat bertahan hidup pada kondisi wilayah yang sangat kecil dan berada di bawah lautan dengan hanya bermodalkan kreativitas.  Mereka pun mampu berdiri kokoh sebagai sebuah negara yang maju, bahkan memperoleh predikat  The Most Competitive Country pada urutan yang ke-10, The Most Innovative Country pada urutan yang ke-8, The World’s Best Country pada urutan yang ke-10, dan The World’s Happiest Countrypada urutan yang ke-5 (Sumber: Dutch Daily News, 2011). Kemajuan yang dimiliki oleh negara ini pun membuat mereka menjadi sumber inspirasi bagi negara-negara lain di dunia.

Image

Bangsa ini telah memulai segalanya sejak 2000 tahun yang lalu dalam kondisi di bawah permukaan laut.  Dimana berbagai bendungan dibangun  dengan berbagai perbaikan dan perombakan yang dilakukan terus–menerus sebagai buah kreativitas mereka dari hasil interaksi dan pembelajaran mereka terhadap gelombang air hingga akhirnya tercipta sebuah bendungan dengan arsitektur luar biasa yang telah menjadi sumber inspirasi kekayaan arsitektur bagi pembangunan bendungan di negara-negara lain.  Bangunan tersebut merupakan bendungan Deltaworks yang merupakan pelindung banjir terbesar di dunia dengan total panjang 16.500 km, yang terdiri dari 2.420 km bendungan utama dan 14.080 km bendungan sekunder, jumlah total 300 struktur raksasa. Bendungan ini pun  telah menjadi sebuah pencapaian mahakarya dalam konstruksi besar di lautan dalam menghadapi arus laut, gelombang dan karakter tanah yang bervariasi serta membuatnya berada ke dalam bagian dari tujuh keajaiban dunia modern

Image

Setalah berhasil menciptakan berbagai macam bendungan yang high technologybangsa ini pun tidak melupakan akan perlunya hidup berdampingan secara selaras, seimbang, dan serasi dengan alam. Terlihat dari penemuan mereka yang dapat menghasilkan sebuah bahan bakar air limbah melalui pembiakan mikroba yang ada di dalam air limbah yang dialiri listrik. Serta adanya proyek penurunan emisi dan penghematan penggunaan energi yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan warganya serta warga di negara-negara Eropa lainnya.

Negara ini telah menjadi satu contoh negara yang menggambarkan adanya proses-proses kehidupan yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan dari sebuah keterbatasan alam menjadi negara yang luar biasa melalui berbagai kreativitas yang  melahirkan inovasi-inovasi baru sehingga mereka pun terlihat memiliki kehidupan yang hidup dari kreativitas tersebut.

Hal tersebut telah menunjukan bahwa negara yang memiliki keterbatasan alam saja mampu bertahan hidup bahkan mejadi panutan bagi negara-negara lain dengan berbagai kemajuan dan predikat gemilang yang dimilikinya, bagaimana dengan negara kita Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang melimpah?. Ini merupakan pertanyaan klasik yang belum terjawab secara tuntas oleh bangsa kita hingga saat ini. Oleh karena itu perlu bagi kita sebagai permuda-pemudi  Indonesia untuk berpikir dan bejuang bagaimana untuk menghidupkan kehidupan ini sehingga kita pun dapat disejajarkan dengan negara seribu bendungan tersebut.

Semangat for Young Leadership Indonesia

– ditulis oleh Ulfah Seprida

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s