#398 Mengubah Dunia Lewat Arsitektur

The world’s most influential architectural mind finally has something to show for it. (Arthur Lubow)

Arsitektur. Kalau mendengar kata ini, visualisasi dari otak saya akan memberikan gambaran tentang bangunan-bangunan indah dengan berbagai macam bentuk. Beragam bentuk bangunan sudah berdiri, sampai-sampai ketika saya sedang googling, saya menemukan artikel tentang bangunan anti gravitasi (sumpah, saya takjub bangunan-bangunan seperti itu bisa benar-benar berdiri di atas tanah).

Lalu saya menemukan sebuah nama. Remment Lucas Koolhaas, lebih dikenal dengan nama Rem Koolhaas. Seorang arsitek asal Belanda yang pernah masuk dalam daftar The 100 Most Influential People in The World majalah Time tahun 2008 terkenal dengan pemikirannya di dunia arsitektur.

Bangunan-bangunan ‘nyeleneh’ yang dia buat seperti CCTV Headquarters di Beijing, Cina memang membuat orang kagum melihatnya. Ia mampu ‘melihat’ apa yang tidak dilihat oleh orang lain, kemudian juga melihat aspek perilaku manusia saat mendesain bangunannya. Bisa dibilang, Rem Koolhaas lah yang menjadi pelopor revolusi arsitektur abad ke-21 kepada titik baru. Peraih Pritzker Prize tahun 2000 ini mampu mengubah dunia tidak hanya dengan karya arsitekturnya dalam bangunan, tetapi juga dalam bukunya yang menjadi referensi para arsitek beserta banyak filosofi. Kantor arsitektur miliknya, Office for Metropolitan Architechture (OMA), mencetak banyak arsitek muda berbakat dan berdiri di tiga negara, yaitu di Belanda, Amerika, dan Cina. Proyeknya sendiri bahkan sudah tersebar di 3 benua! Kurang hebat apalagi coba?

Inspiratif, revolusioner, dan membawa perubahan besar menjadi ciri Rem Koolhaas. Well, semoga kreativitasnya tetap hidup dan menginspirasi dunia untuk perubahan yang lebih baik😀

We say we want to create beauty, identity, quality, singularity. And yet, maybe in truth these cities that we have are desired. Maybe their very characterlessness provides the best context for living. (Rem Koolhas, for Wired Magazine 1996/1997)

– ditulis oleh Alin M. Leksono

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s