#402 Belanda: Negeri Cantik di Bawah Air Lautan

Pengertian
Belanda (bahasa Belanda: Koninkrijk der Nederlanden, secara harfiah berarti “Kerajaan Tanah-Tanah Rendah”). Istilah dalam tanda Petik (“) tersebut berarti/bermakna Belanda merupakan Negara yang kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Dalam hal ini secara Geografi berada di bawah permukaan Laut Utara. Belanda adalah contoh negara yang gigih menghadapi tantangan alamnya. Air adalah problem bagi seluruh Belanda. Nama Netherlands pun sejatinya berasal dari kata Belanda ”neder” yang berarti rendah dan ”land” yang berarti tanah. Karena itu, mereka sudah sejak lama berjuang melawan laut yang terus merangsek ke daratan.

Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul).

Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tenggara negeri Belanda, sedikit berbukit.Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.

Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk dan dinding laut (bendungan air). Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, mesti direklamasi. Kawasan yang direklamasi itu dipanggil polder.

Salah satu konstruksi yang terkenal ialah “Afsluitdijk” (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m.

Negara ini dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.

Belanda pun membendung laut

Pemandangan
Permukaan tanah Negeri Belanda tinggi (timur dan selatan) dibentuk pada zaman Pleistosen (periode zaman es). Permukaan tanah ini terutama terdiri dari pasir dan kerikil. Permukaan tanah Negeri Belanda rendah (barat dan utara) berusia lebih muda.

Lapisan ini terbentuk di zaman Holosen (kurang dari 10.000 tahun lalu) dan terutama terdiri dari tanah liat dan tanah gambut. Perbedaan-perbedaan ini tampak dalam pemandangan : Negeri Belanda tinggi lebih berbukit dan menyajikan hutan dan padang ‘heide’. Negeri Belanda rendah kebanyakan terdiri dari ‘polder’ yang rata, daerah-daerah yang dikelilingi tanggul dimana tingkat air dalam tanah diatur oleh campur tangan manusia. Di masa lampau hal ini dlakukan dengan instalasi-instalasi pompa modern. Bagian negeri ini dibelah-belah oleh banyak sungai dan kanal, yang sangat berperan, baik untuk pelayaran maupun untuk pengelolaan air.

Walaupun luas negeri Belanda kecil, namun terdapat variasi luas dalam pemandangan, sering kali diciptakan oleh campur tangan manusia. Semula karena berbagai tindakan yang berbeda-beda untuk membuat dan membangun tanggul, reklamasi tanah dan pengeringan daerah rawa, kemudian karena pemanfaatan tanah itu untuk tujuan pertanian.

Pengelolaan Alam
Bagi negara yang berpenduduk padat seperti Belanda perlindungan wilayah alam istemewa adalah penting. Oleh karena itu pemerintah membeli dan mengelola daerah-daerah alam yang berharga. Lagi pula pemerintah memberi sumbangan dana kepada lembaga-lembaga swasta untuk membeli daerah-daerah seperti itu dan mengelolanya. Semakin banyak petani perorangan dan kelompok tani mengadakan perjanjian, yang mencakup kewajiban untuk pengelolaan alam di tanah mereka sendiri atau di tanah suatu organisasi perlindungan alam. Belanda mempunyai undang-undang yang memungkinkan penunjukan wilayah atau perairan tertentu sebagai monument alam. Dengan demikian wilayah itu memperoleh perlindungan istemewa. Juga kadang-kadang diambil langkah-langkah khusus untuk melindungi tanaman dan satwa ringkih. Banyak tanaman dan satwa hidup di daerah alam kecil yang terletak tersebar dan terisolasi. Dengan demikian kehidupan mereka terancam. Pemerintah berniat untuk menghubungkan daerah-daerah alam yang sekarang dan yang akan datang satu dengan yang lain, sehingga di Belanda akan tercipta jaringan alam luas. Tanaman dan Satwa dengan demikian akan mendapat ruang yang cukup. Pada saat ini Belanda mempunyai sembilan Taman Nasional, bervariasi mulai dari Biesbosch yang kaya air sampai daerah bukit-bukit pasir dari De Loonse dan Drunense Duinen. Tempat yang istemewa di antara taman-taman nasional ialah Schiermonnikoog di kepulauan Wadden. De Hoge Veluwe dan De Veluwezoom merupakan taman-taman nasional yang paling tua.

Negeri Bunga
Negeri Belanda merupakan negeri bunga istimewa. Ladang-ladang bunga umbi di Holland Utara dan Holland Selatan, dengan bunga narsis, hyasin dan tulip, termasyhur di seluruh dunia dan setiap tahun menarik ratusan ribu wisatawan. Musim bunga mulai bulan Maret dan berakhir bulan September. Di mana-mana di Negeri Belanda selama bulan-bulan ini wisatawan dapat menikmati warna-warni indah, seperti(sampai akhir Mei) di Keukenhof di Lisse atau Hortus Haren di Groningen. Sepanjang tahun pawai-pawai bunga, pelelangan bunga di Aalsmeer dan banyaknya taman dan halaman puri menarik banyak pengunjung.

Pelukis Belanda Van Gogh mengabadikan bunga Tulip didalam lukisannya.

Negeri Belanda Negeri Perairan
Belanda mempunyai garis pesisir panjang, dengan variasi besar antara desa-desa dan kota-kota kecil yang menarik. Bukit-bukit pasir dan hutan-hutan membuat garis pantai Belanda unik. Di pantai-pantai tersedia kesempatan untuk melakukan olahraga air, seperti papan selancar, perahu layar dan berenang.

– ditulis oleh Aprianto Fivan Handita

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s