#410 Life in Creative Motion

Dalam hidup kita selalu berharap yang terbaik, entah itu kesuksesan atau kebahagiaan. Dalam mencapai apa yang direncanakan maka kita memerlukan kreativitas dalam setiap aksinya. Yap ‘kreatif’ mungkin kata ini terdengar sederhana. Tetapi tahukah anda kreatif bukanlah hanya sekedar kata. Kreatif merupakan sebuah kata kunci bagaimana kita bisa selangkah lebih maju daripada orang lain. Dan itu terbukti pada sebuah negara yang bisa dibilang cukup kecil di dataran eropa barat, yaitu Belanda. Negara ini membuktikan bahwa luas wilayah negara yang tidak terlalu luas dibandingkan negara-negara lainnya tidak menyurutkan mereka untuk lebih maju dibanding negara lain. Kreativitas merupakan merupakan kunci orang Belanda untuk dapat maju seperti sekarang. Sudah sejak dahulu belanda di kenal sebagai negara yang kreatif dan kaya akan inovasi. Salah satu contohnya adalah berhasilnya orang Belanda zaman dahulu menemukan suatu gagasan cemerlang, yaitu membuat bendungan yang berfungsi untuk menahan air laut agar wilayah yang mereka tinggali agar tidak terendam air, mengingat hampir seluruh wilayah Belanda lebih rendah dari permukaan laut. Dapat dilihat pula bahwa inovasi tersebut berhasil diteruskan oleh generasi berikutnya sehingga dapat terus bertahan hingga saat ini.

Pada masa sekarang, kemajuan negeri kincir angin ini semakin mendunia dan tersebar di semua bidang. Tentu saja kemajuan negara ini didukung oleh sistem pendidikan yang maju dan berstandar kelas dunia. Belanda merupakan negara non bahasa inggris pertama yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam program pendidikan yang dimiliki negeri ini yang memudahkan dalam pertukaran informasi dan kegiatan belajar. Selain itu, berdasarkan times higher education, universitas di Belanda menempati urutan ketiga di dunia dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012 yaitu Universitas Teknologi Delft, Universitas Amsterdam, Universitas Utrecht, Universitas Leiden dan Universitas Wageningen sera universitas-universitas lainnya yang juga memiliki reputasi sangat baik di bidangnya masing-masing. Selain itu Belanda dalam kegiatan belajar bersifat terbuka dan mandiri yang artinya setiap peserta belajar diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka inginkan dan dalam belajar fokus pada satu bidang yang mereka minati itu dan juga dalam kegiatan belajar mahasiswa diajarkan belajar secara mandiri agar dapat tercipta motivasi dan disiplin yang tinggi dalam diri mahasisiwa. Selain itu, universitas di Belanda juga didukung oleh para pengajar yang tidak diragukan lagi kemampuannya serta fasilitas belajar yang sangat lengkap yang menunjang keberhasilan dalam proses belajar.

Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan Belanda terdepan di bidang pendidikan dan menjadikan orang belanda dalam setiap gerak-gerik kehidupannya selalu mencerminkan kreativitas. Sangat sesuai dengan semboyan dari Van Gogh, seorang pelukis dunia berkewarganegaraan Belanda yang mengatakan: ‘‘Do not quench your inspiration and your imagination; do not become the slave of your model’’. Yang maksudnya adalah jangan pernah padamkan inspirasi dan imajinasi kita dan agar kita tidak selalu terpaku pada sesuatu yang sudah ada. Oleh karena itu, ‘ayo selalu berfikir kreatif dalam hidup! dan berani berfikir berbeda dari orang lain’. Seperti orang-orang Belanda yang selama ini selalu hidup dalam lingkungan yang penuh dengan kreativitas dan inovasi yang tidak ada habisnya.

– ditulis oleh Fitrya Atika

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s