#411 Negara Kincir Angin yang Ditiupkan oleh Van Gogh hingga Van Persie

Ketika kita mendengar nama seseorang yang terdapat kata ‘Van’ di tengah namanya pasti otomatis pikiran kita akan terhubung pada sebuah negara di daratan eropa yang identik akan kincir anginnya yaitu Belanda. Yap! Kata ‘Van’ kerap kali dijadikan orang Belanda sebagai kata penghubung nama depan seseorang dengan nama belakang keluarga mereka. Ternyata nama Van yang terdapat di setiap nama orang Belanda sejak dulu hingga sekarang selalu menghasilkan prestasinya di bidangnya masing-masing. Sebut aja Vincent Van Gogh sang maestro pelukis dunia di bidang seni yang telah hidup di masa lalu hingga Robert Van Persie di masa sekarang yang adalah anggota tim nasional sepak bola Belanda yang ikut mengantarkan Belanda di final piala dunia. Memang sejak dulu hingga sekarang Belanda selalu melahirkan orang-orang besar yang memiliki keahlian dan kreatifitas di bidangnya masing-masing.

Apa yang menjadi kunci Belanda selalu menghasilkan orang-orang besar seperti ini di setiap generasinya? Belanda tidak hanya terkenal akan keindahan bunga tulipnya dan kebersihan kotanya, tetapi Belanda juga sangat terkenal akan pendidikannya yang sangat maju dan mendunia. Ini terbukti dari berhasilnya Belanda menempati posisi ketiga dalam World Reputation Rankings 2012 di bidang pendidikan tinggi. Lima universitas di Belanda yaitu, Universitas Teknologi Delft, Universitas Amsterdam, Universitas Utrecht, Universitas Leiden dan Universitas Wageningen berhasil masuk dalam 100 besar dari seluruh negara berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh times higher education, yaitu sebuah majalah yang menjadi tolak ukur mutu universitas-universitas dunia. Hal ini membuktikan bahwa Belanda memang sangat berkualitas dalam sistem pendidikannya.

Di Belanda, jenis pendidikan tinggi terbagi menjadi dua, yaitu Universiteit atau universitas yang memberikan jurusan lebih beragam dan Hogeschool, di mana mahasiswa lebih diarahkan untuk dapat langsung menjajaki dunia kerja dengan cara pengajaran ilmu yang lebih bersifat praktis dan aplikatif. Dua jenis sistem pendidikan yang berbeda ini sama-sama memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk memilih bidang apa yang mereka minati karena di negara kincir angin ini semua bidang pendidikan yang mereka inginkan dapat ditemukan, mulai dari sains, seni, teknologi, hukum, psikologi, teknik, hingga olahraga. Selain itu, mahasiswa di sana juga dibekali dengan berbagai ilmu dan keterampilan dari para pengajar yang keahliannya sudah diakui oleh dunia. Tidak lupa juga, mahasiswa selalu diajak untuk terus dapat berpikir kreatif dalam kegiatan belajar agar selalu menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam hidup.

Karena keunggulan itu lah, Belanda menjadi tempat tujuan yang tepat bagi para pelajar untuk menempuh pendidikan yang lebih maju sehingga mereka mampu bersaing di era globalisasi yang persaingannya sudah semakin ketat. Keunggulan di bidang pendidikan tersebut yang menyebabkan Belanda selalu menghasilkan tokoh-tokoh dunia di setap zamannya yang selalu menginspirasi dan memberikan kontribusi yang besar bagi dunia di berbagai bidang. Dan mampu membuat dunia terperangah karena negara yang tidak terlalu luas wilayahnya mampu menaklukan dunia dengan pendidikannya yang maju dan masyarakatnya yang kreatif serta selalu haus akan inovasi dan prestasi dalam setiap hidupnya. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera masukkan negeri ini dalam daftar negara yang akan teman-teman pilih untuk menempuh pendidikan dan temui masa depan yang gemilang di negeri kincir angin ini.

– ditulis oleh Fitrya Atika

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s