#414 Dialah (Negara Belanda) Cita Rasa Eropa, Selera Dunia

Image

Siapa yang tidak mengenal negara ini, negara sejuta pesona. Jika diibaratkan, negara ini ibarat magnet kuat yang mampu menarik logam-logam sekitarnya, ibarat seorang wanita mempesona dengan kecantikan luar dalam yang menjadikan semua mata tertuju padanya. Ibarat matahari yang menjadi pusat tata surya, dan ibarat menu makanan extraordinary yang mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Itulah ungkapan-ungkapan yang tepat untuk mengilustrasikan negara yang satu ini.

Bagaimana tidak, ditinjau dari berbagai segi, tak ada satupun cela yang bisa menjadikan negara ini mendapat kritikan. Dan negara itu ialah Belanda, ya Negara Belanda, negara yang terletak di Eropa bagian barat laut. Negara yang terkenal dengan sebutan Negara Orange ini mempunyai banyak sekali keunggulan dan kelebihan yang tidak hanya diakui di kawasan eropa saja tetapi juga di seluruh dunia.

Contohnya saja pada bidang pendidikan.

Belanda berada pada urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012. Lima universitas riset di Belanda masuk dalam 100 besar dalam daftar yang dikeluarkan oleh Times Higher Education, dan lima universitas riset Belanda yang masuk dalam 100 besar adalah universitas-universitas ternama yang tidak hanya di eropa, tetapi juga di seluruh dunia, karena memiliki kualitas pendidikan yang baik serta akreditasi baik di bidang-bidang yang menjadi unggulan mereka.

Pada bidang ekonomi.

Belanda merupakan negara terbaik kedua di dunia dalam bidang bisnis sebagai Best Place for Business, data tersebut dikumpulkan oleh Bloomberg berdasarkan enam kriteria, yaitu biaya set up bisnis baru, penyewaan dan pemindahan barang, tingkat integrasi ekonomi, biaya-biaya intangible seperti inflasi dan korupsi, dan kesiapan konsumen lokal, kategori yang mengandung unsur besarnya kelas menengah, konsumsi rumah tangga dan produk domestik bruto per orang.

Pada kualitas hidup

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan report “World Happiness Report” yang menyatakan bahwa negara Belanda masuk dalam jajaran negara bahagia peringkat keempat di seluruh dunia. Keputusan itu ditinjau berdasarkan beberapa faktor seperti kebebasan berpolitik, jejaring sosial yang kuat dan ketiadaan korupsi memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Di tingkat individu, kesehatan mental dan fisik, job security dan keluarga yang stabil merupakan faktor-faktor penting.

Di lihat hari tiga aspek itu saja sudah membuktikan bagaimana unggulnya Negara Belanda, apalagi jika kita kupas lebih tuntas setiap aspek pendukung kemajuan negara yang di sebut juga negara kincir angin semakin membuat kita terkagum-kagum olehnya.

Selain itu negara dengan luas wilayah + 42 ribu kmatau seluas wilayah Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang berkisar + 16 juta jiwa. Bisa dibayangkan bagaimana 400 manusia hidup dalam lingkungan seluas 1 km2? jika dibayangkan daerah tersebut merupakan daerah yang padat dan penuh sesak. Namun, pada kenyataannya yang terjadi adalah sebaliknya. Dengan perancangan tata kota dan arsitektur yang baik serta optimal menjadikan negeri ini sebagai salah satu negeri yang nyaman untuk ditinggali.

Itulah mengapa Belanda menjadi negara penuh kharisma, dan dialah cita rasa eropa dan selera dunia yang sebenarnya.

– ditulis oleh Meilina Putri

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s