#417 Netherland : The Eco-friendly Land

As we all know, negeri belanda merupakan negara yang sangat bersahabat dengan nature. Beradaptasi bukan menjadi hal yang sulit jika menggabungkan technology and creativity.
Satu persatu bangunan yang bersahabat dengan alam dibangun, alat-alat transportasi diperbaiki, digantikan dengan yang tidak menimbulkan polusi.

Bike to Everywhere
People in Holland mempunyai hobi yang sangat menyenangkan, they love to go everywhere with bicycle. They have cycle routes, cycle lanes and cycle signposts. Rutenya amat teratur, membuat para pesepeda bisa menikmati keindahan kota tanpa pusing memikirkan rute mana lagi yang harus diambil dan akhirnya tersasar.

 “Amsterdam cycle routes”

Sama halnya dengan di Indonesia, Bike-to-Work menjadi trend, namun tak banyak yang dapat bertahan karena fasilitas di jalanan yang tidak memadai. Sangat sulit bersepeda di jalan raya yang padat, tapi berbeda dengan di Belanda, bersepeda adalah hal yang nyaman dan aman, karena kebanyakan pengemudi mobil juga merupakan ‘cyclist’.

 “Tons of bikes”

Menurut Virgin Travel Amsterdam adalah surganya pe-sepeda, tercatat sebagai the most bike-friendly city in the world, nomorsatu, dua tahun berturut-turut. Great.
Bersepeda tampaknya sudah menjadi kultur, yang mempromosikan lifestyle baru yang lebih sehat, lebih aktif untuk penduduk setempat juga para pendatang.

Tips bersepeda di Belanda

#1. Where to Ride?
Kendarakan sepeda di fietspaden atau bike lanes, namun pada beberapa jalanan yang tak menyediakan fietspaden bersepedalah di jalan raya biasa.

 “fietspaden”

#2. Perhatikan Rambu-rambu

 “Lampu merah tanda berhenti”

 “uitgezonderd (except). No entry except to bikes / scooters.”

#3 Keep on Moving!

 “Jangan berhenti di tengah-tengah bicycle path, bisa tertabrak. Menepilah”

#4. Biarkan kendaraan lain menyalip dari arah kanan.

#5. Jangan sambil menelpon, atau mendengarkan music player.

#6. Kunci dengan benar pada roda depan dan badan sepeda, sandarkan pada jembatan, pagar atau bangunan permanen lainnya. Hati-hati dengan tanda “Hier geen fietsen plaatsen” / Jangan parkir sepeda disini, bisa disita!

 “Sepeda harus diparkir dan digembok supaya tidak hilang”

#7. Use the map, if you dont want to get lost😀

 “Jalur Utrecht-Amsterdam, sepanjang Amsterdam Rijn Kanaal”

Electric Smart Car
Amsterdam sebagai trendsetter diantara kota-kota Eropa lainnya dalam bidang ‘electric mobility’. Kini, Electric Smart Car atau mobil dengan bahan bakar listrik mulai banyak tersedia di Belanda, seperti perusahaan car2go menyediakan 300 electric Smart Cars untuk disewakan. electric Smarts Car ini dapat disewa tanpa pre-boocrafrking, predestined pick-up atau drop-off point, dan daya listriknya dapat diisi ulang pada 200 charging points yang tersebar di jalanan Amsterdam.

“Electric Smart Car”

Mobil ini bagian dari komitmen Amsterdam untuk membuat perjalanan yang bebas polusi, semakin sedikitlah kabon dioksida dan zat toksik lainnya di udara. Tarif penyewaan Electric Smart Car à 1 menit 29 sen, per-jam 12.90 euro, per hari (24 jam) 39 euro, biaya termasuk asuransi, pajak, listrik dan biaya parkir. Terjangkau kan? Apalagi untuk pendatang yang butuh kendaraan dalam jangka waktu singkat.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan negeri Belanda dalam membangun negeri yang cinta alam sangat menggiurkan. Banyak yang dapat dipelajari disana untuk membangun negeri kita Indonesia, dan kita akan jadi salah satu anak negeri yang menimba ilmu disana. membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan.🙂

– ditulis oleh Sari Nurul Hanifa

3 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

3 responses to “#417 Netherland : The Eco-friendly Land

  1. fitria pratiwi

    bagusss haniiii . netherland teach us about how to be healthy in simple way

  2. hakim

    Mantap tulisannya,
    memang budaya bersepeda di Holland seperti mendarah daging. selain menyenangkan, bersepeda bisa mengurangi polusi dan kemacetan.
    Nice share🙂

  3. hmm… pasti seru ya kalo di Indonesia ada kebiasaan bersepeda kayak gitu juga ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s