#420 Belanda “Sahabat Dekat Nan Jauh di Eropa”

Negara Belanda cukup familiar terkenal di telinga kita. Karena ada yang khas dari Belanda yakni adanya tanggul, kincir angin, bunga tulipnya yang beraneka warna, roti holland yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang kemudian sifat terbuka masyarakatnya membuat kita seolah-olah memiliki sahabat dekat nan jauh di eropa sana.Negara Belanda adalah negara yang memiliki hubungan historis yang dekat dengan Negara Indonesia. Kakekku Alm. Alamsyah, pun pernah mengabdikan dirinya sebagai tentara relawan untuk membantu pemerintahan Belanda dalam menghadapi serangan musuh, penjajah lainnya pada masa itu. Hal ini membuktikan betapa eratnya hubungan antara pemerintahan Belanda dan Indonesia. Walaupun Belanda adalah salah satu negara yang sempat lama menguasai Indonesia dan sekarang telah mengakui Indonesia sebagai negara merdeka namun Belanda juga telah banyak memberikan kontribusi besar kepada negeri tercinta ini.

Belanda juga terkenal dengan sifat kreatif dan inovatifnya. Dengan sifat kreatif dan inovatifnya, Belanda menyalurkan kelebihan yang dimilikinya dengan memberikan kontribusi besar secara tidak langsung kepada Indonesia. Coba kita perhatikan negeri kita ini dari Sabang sampai Merauke pasti memiliki peninggalan khas Belanda. Peninggalan itu banyak rupa dan ragamnya, seperti arsitektur peninggalan gedung (museum, gudang, tanggul, bulog beras dan rempah-rempah), masakan kuliner, sarana transportasi. Tak kalah pentingnya adalah sikap kritis dan mandiri serta menghargai adanya perbedaan dan pluralisme, yang membuat negara kita ini pada akhirnya dapat kembali bersatu berkat pemikiran karakter khas yang secara tidak langsung Belanda berikan kepada kita. Cara pikir dan argumen Belanda ini acap kali melekat sampai sekarang pada diri kita.

Peninggalan yang lebih menonjol dari Belanda dan sampai sekarang masih bermanfaat bagi kita adalah tanggul. Negara Belanda adalah negara yang permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Dengan kondisi geografis yang kurang mendukung ini, akhirnya Belanda berkreasi dalam membuat tanggul untuk menambah daratan wilayah mereka dan usaha mereka ini ternyata berhasil diterapkan di negara mereka sendiri. Melihat kondisi geografis Indonesia yang juga hampir mirip dengan kondisi geografis Belanda karena dikelilingi laut dan sungai yang lebar, membuat pemerintahan Belanda berinisiatif mendirikan tanggul juga di Indonesia. Di Pulau Jawa khususnya banyak kita temui tanggul bekas peninggalan pemerintahan Belanda yang sampai sekarang masih aktif berfungsi. Hal ini membuktikan bahwa Belanda adalah negara yang tidak kalah kreatifnya dibandingkan dengan Jepang dan negara maju lainnya.

Kita patut bersyukur berkat ide kreatif, kritis dan mandiri dari Belanda membawa bangsa kita mengenal adanya dunia perpolitikkan. Negara kita pun mengenal adanya organisasi Indische Vereeniging, sebuah pergerakan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Indische Vereeniging pun berubah nama menjadi Indonesische Vereeniging. Banyak pemuda kita pada saat itu belajar menempuh pendidikan di Belanda. Sejak saat itu,dunia perpolitikkan kita maju dan para tokoh pergerakan setuju untuk mengganti penggunaan nama Hindia Belanda menjadi Indonesia. Sampai sekarang nama Indonesia masih kita gunakan dan kita pegang teguh sebagai bangsa yang merdeka, berdedikasi tinggi serta ramah tamah.

Sahabat (Belanda) memang bukan saudara kandung kita, namun sahabat (Belanda) telah memberikan kita sejuta pengalaman dan pengetahuan yang sampai sekarang masih aktif kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

– ditulis oleh Limifroha

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s