#421 Kreativitas Bangsa Belanda dari Masa ke Masa

“Creativity can solve almost any problem. The creative act, the defeat of habit by originality, overcomes everything.” — George Lois

Sejak dahulu, Belanda sudah dikenal sebagai negara yang kreatif. Orang-orang Belanda banyak melakukan inovasi dan mengembangkan ide baru untuk memecahkan permasalahan yang melanda negaranya. Dengan kreativitas yang dimilikinya, orang Belanda mampu membaca situasi serta permasalahan yang ada, lalu memanfaatkan potensi lain yang bisa dikembangkan sehingga dapat menyulap kekurangan yang dimilikinya menjadi berjuta kelebihan. Oleh karena itu, wajar saja bila Belanda menjadi peringkat 10 negara yang menerima Nobel terbanyak sepanjang sejarah.

Bila kita meneropong lebih jauh ke masa lalu, sejak beberapa abad yang silam Belanda memang telah menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang kreatif. Hal itu dibuktikan dengan di inovasi yang dibuat oleh bangsa Belanda dari masa ke masa, sejak beberapa abad yang silam hingga kini di era modern..

***

Sejak abad 13, Belanda dan kincir angin merupakan dua kata identik yang sulit untuk dipisahkan. Sebelum ditemukannya kincir angin, sebagian besar wilayah Belanda tergenang air karena berada di bawah permukaan laut. Hal itu membuat wilayah teritorial Belanda menjadi lebih sempit. Kincir angin dibuat untuk memompa air dari daratan rendah yang tergenang sehingga teritorial daratan Belanda menjadi semakin luas untuk ditempati.

Adanya kincir angin menunjukkan bahwa kreativitas bangsa Belanda sudah ada sejak dahulu kala. Mereka mampu memecahkan masalah yang dihadapi dengan memanfaatkan potensi sumber daya angin yang dimilikinya.

 

(kincir angin di Belanda)

Kreativitas bangsa Belanda dalam bidang ilmu pengetahuan telah membuat Antonie Philips van Leeuwehoek menjadi ‘Bapak Mikrobiologi’ dunia. Pada abad 16, ilmuan asal Belanda ini membuat mikroskop sederhana yang mampu melihat sel. Sel adalah satuan terkecil penyusun makhluk hidup. Penemuan sel oleh Antonie ini menjadi gerbang awal yang membuka penelitian lebih lanjut dalam bidang biologi sel. Tanpa ditemukannya mikroskop sederhana oleh Antonie, mungkin saja kita tidak bisa mengenal apa itu bakteri, virus serta jasad renik lainnya.

Sebenarnya, Antonie bukanlah ilmuan pertama yang meneliti dan melihat sel. Sebelumnya, beberapa ilmuan lain telah melihat sel namun tidak menyadari bahwa benda yang dilihatnya adalah sel yang merupakan komponen terkecil penyusun makhluk hidup. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta berfikir out-of-the-box membuat kita bisa mendapatkan hal baru yang tidak orang lain dapatkan walaupun objek yang dilihatnya sama.

(antonie van leuwenhook dan mikroskop sederhananya)

Nampaknya di era globalisasi seperti saat ini, kreativitas bangsa Belanda tidak memudar. Inovasi bangsa Belanda ternyata tidak lekang oleh bergulirnya masa. Di abad ke 20 ini, dunia sedang dilanda ancaman krisis energi. Banyak ilmuan yang berlomba-lomba mencari sumber energi alternatif untuk mengganti energi fosil yang semakin lama semakin menipis jumlahnya.

Kreativitas orang Belanda kembali teruji. Ilmuan Belanda dari University of Twente telah mencoba menghadapi tantangan krisis energi yang melanda dunia dengan mengembangkan sumber energi alternatif yang mungkin tidak pernah terfikirkan sebelumnya. Sumber energi alternatif ini disebut ‘Vibration Energy’.

Vibration energy memanfaatkan getaran dari kendaraan yang melintas di atas jalan. Pada permukaan jalan dipasang material yang disebut piezoelectric yang dapat mengkonversi getaran pada kendaraan menjadi energi.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, pemanfaatan getaran kendaraan sebagai sumber energi menunjukkan bahwa bangsa Belanda selalu bisa memanfaatkan permasalahan yang ada untuk menghasilkan hal baru yang inovatif.

Sebaiknya kita belajar berfikir kreatif dari negara kincir angin ini. Dari sejak beberapa abad silam hingga sekarang, Belanda telah mampu menjawab tantangan zaman, dengan kreativitas yang dimilikinya.

Seperti kutipan di atas, “Creativity can solve almost any problem”, kreativitas dapat menyelesaikan beragam permasalahan,, negara Belanda ini buktinya..

– ditulis oleh Yahdini Qornin

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#421 Kreativitas Bangsa Belanda dari Masa ke Masa

  1. artikelnya bagus… sy jg mau share artikel saya.. coba di intip http://primitive88.blogspot.com/2012/05/blog-post.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s