#424 Totaal Voetbal en Barcelona

Sebentar lagi laga akbar sepakbola eropa akan dimulai,EURO CUP 2012 yang akan digelar di dua negara Ukraina-Polandia, kita semua pasti punya tim andalan, tapi siapakah pecinta sepakbola yang tidak mengenal Tim Oranje? sebutan untuk Negara belanda, mereka salah satu kandidat kuat juara, karena tak-tik dan strategi permainan mereka yang konsisten agresif, indah dan efektif. Permainan yang terkenal dengan sebutan TOTAAL VOETBAL.

Totaal Voetbal adalah taktik permainan yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi secara konstan, dengan operan bola pendek dan datar [tiki-taka] serta pergerakan tanpa bola, menekan pemain lawan ketika lawan yang menguasai bola [Pressure]. Sehingga ketika menggunakan taktik ini, maka tim mengharuskan untuk memainkan pemain yang mempunyai skill menyerang dan bertahan yang sama bagusnya, serta memilki fisik prima untuk bisa tampil konstan selama 90 menit.

Siapakah tokoh dibalik TOTAAL VOETBAL?

sedikit dari kita yang mengenal, mari kita sedikit bicarakan tentang sosok yang imajinatif dan realitis ini. Dia adalah Marinus Jacobus Hendricus Michels, yang disapa Michels, seorang Belanda yang menjadi bagian penting sejarah sepakbola Negeri Kincir Angin, Lahir di Amsterdam pada 9 Februari 1928, sebagai aquarian yang terkenal dengan tingkat intellengensi dan kreativitas serta innovasi, Michels mampu menciptakan sebuah skema permainan yang indah, atraktif dan agresif yang bernama “TOTAAL VOETBAL”.

 Michels ketika Tim Nasional Belanda meraih juara tahun 1988

Totaal Voetball tersebut mampu membawa Klub AJAX Amsterdam pada masa keemasan [gouden eeuw] yakni pada tahun 1969 – 1973, taktik ini mencapai puncaknya ketika Ajax Amsterdam mencetak rekor kandang selalu menang dalam 46 pertandingan (46-0-0) selama 2 musim (1971/72 dan 1972/73) dan meraih 5 titel juara (Juara Liga, Piala KNVB, Piala Champion, Piala Super Eropa dan Piala Interkontinental).

buku karya Rinus Michels
Untuk menghormati jasanya, maka namanya pun digunakan “Rinus Michels Award” sebuah penghargaan untuk pelatih terbaik di negeri Belanda.
Michels pun semasa hidupnya telah membuat beberapa buku dan salah satunya berjudul “Team Building : the road to success” yang banyak dibaca para pesepakbola, selain untuk menambah wawasan juga pedoman diatas lapangan hijau.

Hubungan Michels dan Barcelona

Setelah sukses bersama AJAX Amsterdam, Michels mencari pengalaman baru dengan bergabung FC Barcelona pada tahun 1971 hingga 1974, dan 1975 menangani Tim nasional Belanda, Michels kembali ke Barcelona pada 1976 hingga 1978.

 ketika memberi instruksi FC Barcelona

Pada era itulah Michels menyusun fondasi kuat pada tim yang dibesutnya, dengan teknik permainan khas Michels, menyerang, indah dan efektif, terkesan seperti pembunuh yang ganas tanpa kompromi. karena gaya sentuhan yang tanpa kenal kompromi, Michels dijuluki “de generaal” – sang jenderal.
Gaya permainan Totaal Voetbal terus dikembangkan di klub katalan ini, kemudian pada 1988 kursi pelatih dilanjutkan Johan Cruijff yang merupakan pemain kepercayaan Michels dalam menerapkan Totaal Voetbal, pada tahun ini Johan Cruijff merekrut pemain berkelas antara lain Josep Guardiola, yang kini menjadi pelatih Barcelona yang meraup banyak sukses. Pengaruh Michels sangat nampak dalam permainan Barcelona. Michels meninggal dunia pada 3 Maret 2005, dan inovasi taktik Totaal Voetbal-nyalah yang menjadi harta warisan yang terus dikembangkan di seluruh dunia.

– ditulis oleh Sulistio W. Purnomo

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s