#425 Gelap Terang Karya Rembrandt

SEKILAS RIWAYAT HIDUP REMBRANDT VAN RIJN
Rembrandt merupakan salah satu seniman lukis tersohor dari Belanda, Rembrandt lahir pada tanggal 15 Juli 1606 di Leiden, Belanda. Dia berasal dari keluarga yang hidup cukup sejahtera, ayahnya bekerja di penggilingan, sementara ibunya seorang anak tukang roti, dan mempunyai 7 saudara kandung,2 perempuan dan 5 pria.

Masa kecilnya dilewati di sekolah latin dan kemudian melanjutkan ke Universitas Leiden, meskipun tercatat dalam sejarah bahwa ia jauh lebih tertarik kepada dunia melukis. Ayahnya kemudian menyerah dan mengirimkannya untuk magang kepada pelukis sejarah terkenal Leiden, Jacob van Swanenburgh seorang pelukis hebat dan jago dalam melukis sejarah antara lain kisah dalam Injil, Rembrandt magang selama 3 tahun.

Secara keseluruhan, Rembrandt telah menghasilkan 600 lukisan, 300 sketsa, dan 2000 gambar. Kebanyakan berupa foto diri [selfpotrait], yang memberikan gambaran sangat jelas mengenai Rembrandt yang sebenarnya, baik dari segi emosi dan penampilan dirinya dengan tetap mengedepankan ciri dan estetika melukis. Teknik yang dipakai kebanyakan adalah chiaroscuro, yang memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus, sekaligus memberikan efek dramatis kepada pemirsanya. Meskipun tetap saja kebanyakan tampil dengan tema-tema yang formal, karyanya mendalami aspek-aspek kemanusiaan tanpa membedakan usia maupun kekayaan.

 De Nachtwacht – Sang Penjaga Malam

Lukisan ini berukuran 363 x 437 cm, sebuah ukuran yang besar sehingga menghasilkan karya yang proporsional dengan keadaan aslinya, lukisan ini seolah ingin menceritakan Kapten Kapal Frans Baninng Cocq sedang memberikan perintah kepada Letnan Willem van Ruytenburch, tampak pada gerak kaki dan keadaan mulut sedang terbuka seolah mereka sedang membicarakan sesuatu yang akan dilaksanakan. Lukisan ini berjudul “Het Korporaalschaap van Kapitein Frans Baninng Cocq en Luitenant Willem van Ruytenburch” yang kemudian terkenal dengan “De Nachtwacht” atau Sang Penjaga Malam

Rembrandt berhasil menuangkan gagasan yang ia miliki sesuai dengan talenta yang ia kuasai, sehingga hasilnya sangat indah, sentuhan detailnya merata, dan karya “De Nachtwacht” ini terkenal dengan estetika pencahayaan pada obyek lukisan yang begitu nyata, penguasaan Rembrant akan pencahayaan juga tampak pada lukisan mahakarya lainnya dan kemudian menjadi ciri dari setiap karya Rembrandt.

Hingga kini, hasil karya Rembrant telah dicintai banyak orang di dunia dan menginspirasi para pecinta dunia seni visual untuk berinovasi, khususnya dalam hal ini fotografer, hingga nama pelukis tersohor tersebut menjadi salah satu nama teknik pencahayaan dalam fotografi, yang disebut Rembrant Portrait Lighting.

Mari kita sandingkan sebuah contoh hasil fotografi yang menggunakan teknik REMBRANT dengan Lukisan fotodiri REMBRANDT van RIJN, dan kita akan melihat persamaan teknik pencahayaan dan jatuhnya bayangan pada obyek.

 Foto diri Rembrandt

 Hasil fotografi teknik Rembrandt[1]

 Posisi pencahayaan teknik Rembrandt[2]

Istilah Teknik Rembrant Portrait Lighting, diberikan pada teknik pencahayaan yang biasa digunakan sang Maestro pada lukisan mahakaryanya, pada dasarnya teknik ini menghasilkan bayangan yang menyambung dari bayangan dari hidung hingga sisi wajah sebelah, sehingga membentuk segitiga bayangan yang pendek pada wajah obyek, dan ini yang saya maksud “GELAP TERANG KARYA REMBRANDT”, dan apabila bayangan hidung tidak menyambung sampai dengan bayangan pipi obyek, maka teknik tersebut adalah teknik pencahayaan pendek saja dan bukan teknik pencahayaan REMBRANDT.

– ditulis oleh Sulistio Wahyu P.

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#425 Gelap Terang Karya Rembrandt

  1. denmas

    siip……lah akan lebih baik ditambah lagi artikelnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s