#430 Memahami Belanda dari Toilet

Mahatma Gandhi pernah berujar “alam bisa menyediakan seluruh kehidupan manusia, tapi tidak untuk keserakahannya”. Bumi semakin tua, manusia makin bertambah, dan sumber daya energi terkuras habis – habisan. Lalu pertanyaannya, Bagaimana manusia melangsungkan kehidupannya ?

Proses berpikir kreatif adalah mengubah sesuatu yang sebelah mata menjadi bermakna. Siapa sangka, suatu hari nanti, kehidupan manusia akan bergantung pada hal yang tidak pernah kita bayangkan yaitu : AIR KENCING !

Akhir – akhir ini, kita sedang berkutat dengan bahan bakar yang kian melambung tinggi. Beberapa waktu lalu, Gas air mata dan lemparan batu bersahutan di depan Gedung DPR RI. Ribuan demonstran mahasiswa dan buruh tumpah ke jalan, menentang rencana kenaikan harga BBM bersubsidi.

Di tengah keriuhan itu, Di Universitas Teknologi Delft, Belanda dan lembaga penelitian DHV telah mengembangkan teknologi pemrosesan urin sebagai energi terbarukan pengganti BBM. Ya, itu air kencing ! Dialah Johan Molenbroek dari TU Delft sebagai perancang industrial[1] .

 Johan Molenbroek

Di belanda sendiri, toilet pernah menjadi perbincangan panas. Gara – garanya kereta api nasional Belanda tidak ingin menggunakan Toilet di Kereta, baik kereta jarak dekat ataupun jarak jauh. Alasannya, Menteri Transportasi mengklaim bahwa menambahkan toilet untuk 131 kereta akan jauh terlalu mahal, setara lebih dari $ 125 juta [2] Sebagai penggantinya akan disediakan kantong plastik khusus. Tapi ….

LIHAT INI
 Perhatikan : ada GAMBAR Anjing sedang PUP !

Beberapa tempat umum Belanda ada benda itu. Ya, Ini adalah toilet khusus anjing[3] Ini menunjukkan Belanda sangat memperhatikan urusan buang hajat.

Kembali ke Doktor Johan Molenbroek. Ide urin menjadi bahan bakar berawal dari keprihatinannya terhadap dunia. Menurutnya, ada 2,6 miliar orang yang punya toilet yang tidak memenuhi syarat.

Urine mengandung senyawa amonia. Jika dipanaskan secara perlahan, urine akan berubah menjadi gas amonia. Gas tersebut dapat dimasukkan ke dalam sel bahan bakar (fuel cell), sejenis generator, dan kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik[4]

Kalau Energi listrik yang dihasilkan dari Air kencing, kita tidak perlu khawatir HABIS

Ide membuat toilet masa depan ini disambut baik oleh Bill Gates Foundation – dengan moto Reinventing the Toilet – yang menggelar sayembara untuk universitas yang punya ide terbaik untuk toilet 2.0. Yayasan milik mantan bos Microsoft ini menyediakan 42 juta dolar untuk delapan ide terbaik. Gayung pun bersambut. Konversi urin menjadi BBM menjadi salah satu pemenangnya.

Di Belanda sendiri, energi yang didapat dari urine telah memasok sebanyak 30.000 rumah. Itu pun hanya dari urine manusia. Menurut Johan Molenbroek, Jika “ produksi urine” ditingkatkan, maka akan pasokannya bisa bertambah lima kali lipat

Suatu saat nanti, Doktor Johan Molenbroek akan membuat sebuah wireless toilet yang bekerja tanpa air, tanpa listrik dan tanpa saluran pembuangan. Dan kotoran yang dibuang di sana tidak akan jadi sampah, melainkan energi dan air minum.

TIDAK AKAN ADA LAGI
 TOILET KHAS PINGGIR KALI. heheh

Yang ada seperti ini..

Orang bijak bilang, kalau mau tahu keadaan suatu tempat, jangan lihat bagian utamanya. Tapi lihat bagian toiletnya. Ternyata kreatifitas muncul dari tempat yang tidak terduga. Salut!!

Leder nadeel heb z’n voordeel
Setiap kekurangan memiliki kelebihannya, Peribahasa Belanda

– ditulis oleh Standy Christianto

15 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

15 responses to “#430 Memahami Belanda dari Toilet

  1. lani pujiastuti

    wah. betul. kreativitas muncul dari hal-hal kecil yang tak terduga. inovative!

  2. lani pujiastuti

    wah, betul. kreativitas muncul dari hal-hal kecil yang tak terduga . inovative!

  3. hanida

    great thing come from small (and “wasted”) things.very inspiring article🙂

  4. steffi cristanti

    keren🙂

  5. kantong plastik khusus untuk pengganti toilet kereta seperti apa ya kira2.. apakah disesuaikan cara pemakaiannya menurut gender si pengguna ?? hahahaha mau donk satu ..😀

  6. Ricky Madjan

    andai saja itu orang indonesia yg menemukannya, pasti nama indonesia akan lebih dkenal. semoga pemuda2 indonesia bisa memberikan sesuatu yg bermanfaat bgi kita semua melalui karyanya!

  7. Dian Widiastuti

    Mulai melakukan hal-hal KECIL untuk melakukan perubahan BESAR .
    Sangat inspiratif,kak🙂

  8. Dian Hendar Pratiwi

    Kalo toilet untuk manusia di Belanda kaya gimana? Hehehe..

  9. tidak ada sampah di dunia. dan Tuhan Maha Pemurah memberi izin kepada orang yang diizinkannya.
    hha

  10. m. hidayatulloh d.

    yang smallthings itu penting.. great!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s