#443 Pesta Kebun 10 Tahun Sekali

Belanda memang diberkahi sebagai tempat dimana bunga-bunga tumbuh indah. Kali ini, saya ingin mengajak untuk melihat serunya pesta kebun di Belanda.

Floriade adalah pesta kebun yang diadakan SEPULUH tahun sekali! Dan, kabar baiknya, tahun ini Floriade diselenggarakan pada 5 April-7 Oktober 2012. Venio, kota di pinggir Belanda dan berbatasan dengan Jerman, menjadi host pesta kebun massive tersebut.

 Floriade di 2002. Sayang belum banyak foto untuk 2012. Tapi, ini udah bikin wow kan? :p

Floriade 2012 diadakan di lahan seluas 66 hektar atau hampir tujuh kali luas Dufan di Jakarta. Ada lebih dari 1,8 juta benih tanaman yang ditanam di area ini, termasuk 5,000 mawar warna-warni.

Apa yang dilakukan jutaan orang di kebun ini? Ternyata, mereka tidak perlu takut bosan. Aktivitasnya macam-macam. Mulai bersepeda, menonton band bahkan orkestra, menikmati drama teater, atau berburu foto. Floriade bahkan menyediakan kereta gantung sejauh 1,1 km.

 Cable Car, salah satu wahana di Floriade

“Di Floriade, kita bisa mengajari anak-anak bahwa buah tidak tumbuh di supermaket,” ujar Robert Bouten, salah satu spokesperson Floriade, sambil bercanda.

Dengan banyaknya fasilitas tadi, pantaslah dibutuhkan 10 tahun untuk bisa mengadakan pesta kebun ini. Tidak heran juga kalau CNN dan ABC sampai merekomendasikan Floriade sebagai tujuan jalan-jalan yang wajib didatangi di 2012.

Ini nih cara kreatif senang-senang

Ada Borobudur dan Rumah Gadang
Selain wahana seru tadi, Floriade juga memamerkan paviliun sejumlah negara. “Ada 40 negara ikut serta,” ujar Mr Bouten. Saya sempat mengira Indonesia tidak ambil bagian. Saya salah! Indonesia ikutan!

Di paviliun Indonesia, berdiri berbagai rumah adat, dari rumah Gadang, Joglo, gapura khas Bali, dan banyak lagi. Selain itu, ada miniatur Borobudur. Kebunnya pun tak kalah seru. Penuh tumbuhan hijau segar dan patung Budha.

“Paviliun ini akan membawa pengunjung ke nuansa tropis khas Indonesia, sekaligus melihat ragam budaya negara kita. Sesuai temanya, Indonesia Wonderful Islands,” kata situs resmi paviliun Indonesia.

 Keukenhof yang…. Fyuh!

Keukenhof Surga Bunga
Setelah melihat Floriade, mari ke Keukenhof! Ini adalah surga bunga. Waktu pertama kalinya mencari tahu soal Keukenhof di internet, muncullah gambar-gambar bunga yang bagai sudah diedit Photoshop. Lalu, saya bertanya ke seorang teman yang alumnus Belanda. ”Ini sungguhan bunganya?” Dia mengangguk. Saya masih nggak percaya.

Berbeda dengan Floriade yang diadakan 10 tahun sekali, Keukenhof dibuka setiap tahun saat musim semi. Tepatnya, di akhir Maret hingga pertengahan Mei.

Taman yang dibangun sejak 1949 tersebut berada di lahan 32 hektar dengan sekitar 7 juta bunga bermekaran. Ada tulip, anggrek, mawar, bunga bakung dan banyak lagi.

”Di sana, kita bisa menikmati restoran open-air, duduk santai di taman, foto-foto, juga melihat tarian tradisional Belanda,” tulis Jennifer Kiconco Mwesigye, seorang jurnalis yang baru-baru ini berkunjung ke Keukenhof.

 Keukenhof Castle

Di taman tersebut juga terdapat kastil yang dibangun pada 1641. Kastil ini sering dijadikan gedung kesenian, termasuk untuk konser dan pementasan teater.

Hmmm.. Jadi making pengen bisa mampir ke Belanda dan belajar dari kreativitas mereka membangun kota J

– ditulis oleh Aziz Hasibuan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s