#446 Artzuid, Amsterdam’s Sculpture Biennale Opens

Suka yang berbau seni? Atau mau berfoto dengan latar belakang yang inovatif? Belandalah tempatnya. Salah satu tempat di Belanda yang bisa kawan-kawan kunjungi adalah Amsterdam. Setiap tanggal 27 Mei – 28 Agustus dan dua tahun sekali di Amsterdam selalu diadakan Artzuid, Amsterdam’s sculpture biennale opens. Di acara ini teman-teman bisa melihat karya-karya dari Rodin, Dali, Miro, Dubuffet, dan seniman lainnya. Bahkan para seniman tidak hanya berasal dari Belanda, tetapi juga Amerika, Brazil, India, Indonesia, dan lain-lain.

Festival ini muncul ketika Cintha van Heeswijck mempunyai insiatif untuk menarik perhatian lebih besar terhadap daerah selatan Amsterdam, yang dikenal sebagai Plan-Zuid, yang dirancang oleh arsitek HP Berlage hampir seratus tahun yang lalu. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Letaknya yang strategis di distrik Old South, kita hanya perlu jalan beberapa langkah dari Museumplein dan sudah bisa menikmati keanekaragaman bentuk karya seni.
Beberapa contoh karya seni buatan seniman Belanda yang dipamerkan di Artzuid:

Kubusconstructe
Karya seni ini dibuat oleh Andre Volten, seorang pemahat utama Belanda. Salah satu karyanya ini merupakan salah satu contoh pahatan yang mengkomunikasikan desain urban dan arsitektur.

Kop
Karya ini dibuat oleh Mathieu Nab. Karya seni yang diberi nama kop ini mencerminkan patung klasik yang menunjukkan adanya hubungan dialog yang kuat antara seniman dan karyanya.

Festival Artzuid telah memenangkan Europa Nostra Award dalam kategori pendidikan, pelatihan, dan peningkatan kesadaran. Award yang sangat membanggakan ini diberikan oleh Placido Domingo, presiden Europa Nostra dan Androulla Vassilio, Kommisioner Eropa untuk Budaya, Pendidikan, Pemuda dan Multibahasa pada tanggal 10 Juni 2011. Distrik Plan-Zuid dikenal secara internasional sebagai warisan budaya dan dipelajari oleh para arsitek seluruh dunia.

Festival Artzuid bisa menjadi pilihan buat kawan-kawan yang hobi berfoto narsis, menyukai karya seni, dan mencari kenalan. Jika beruntung bisa bertemu langsung dengan senimannya.Buat yang hobi dengan seni bisa mencoba untuk bergabung dalam festival ini.

– ditulis oleh Tyas Nisa Utami

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#446 Artzuid, Amsterdam’s Sculpture Biennale Opens

  1. yosuakristianto

    Info yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s