#447 Karya Arsitek Belanda yang Bikin Mulut Menganga

Para pembaca sekalian pasti pernah melihat banyak bangunan-bangunan kuno bekas kolonial Belanda. Di Semarang, ada Lawang Sewu, bangunan seribu pintu yang merupakan kantor perusahaan kereta api Belanda. Di kota Bandung, pasti pembaca tahu Gedung Sate, sebuah bangunan unik pada bagian tengahnya terdapat menara bertingkat yang mirip pagoda. Dan di Lembang, ada Bosscha Observatory, satu-satunya tempat pengamatan bintang di Indonesia dan sangat berperan dalam perkembangan ilmu astronomi di dunia. Dari ketiga bangunan tersebut, ternyata semuanya merupakan rancangan dari arsitek Belanda. Memang tidak diragukan lagi jika negara belanda memiliki tingkat kreativitas tinggi dalam bidang arsitektur. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memaparkan beberapa karya masterpiece dari arsitek-arsitek Belanda terkemuka.

Dimulai dengan Maeslantkering yang merupakan sebuah storm barrier atau penahan badai yang dapat terbuka ataupun tertutup. Proyek ini dibangun pada tahun 1953-1997 di dekat pelabuhan paling sibuk di Belanda yaitu Port Rotterdam. Proyek ini merupakan inovasi luar biasa baik di bidang teknologi pengaturan air maupun dari sisi arsitekturnya sendiri. Secara fisik, bendungan tersebut terdiri 2 gerbang baja raksasa sepanjang 250 meter yang dapat tertutup dengan memanfaatkan sistem hidrolik yang modern. Pada awalnya pemerintah Belanda akan membuat bendungan permanen yang menutup akses jalan ke pelabuhan tersebut. Padahal Port Rotterdam adalah salah satu pelabuhan terbesar dunia dan Belanda cukup bergantung pada aktivitas ekonomi di negara tersebut. Karena Belanda tak mau rugi, akhirnya mereka membangun bendungan yang bisa dibuka atau ditutup ketika diperlukan. Ternyata selama 1 dekade terakhir, penutupan pintu Maeslantkering hanya dilakukan sekali yaitu pada tahun 2007. Seandainya ditutup permanen, Belanda mungkin akan kehilangan pundi-pundi uang dari aktivitas perdagangan di Pelabuhan Rotterdam.

Bangunan selanjutnya adalah Amsterdam Arena, yang merupakan tempat yang harus penulis kunjungi jika penulis pergi ke Belanda (amiin). Stadion milik klub sepak bola profesional, Ajax Amsterdam,merupakan stadion pertama di dunia yang menggunakan mobile roof. Pasti pembaca sekalian bertanya-tanya apa itu mobile roof. Jadi mobile roof adalah jenis atap yang dapat digerakkan secara mekanik untuk terbuka atau tertutup. Stadion berkapasitas 68000 penonton ini dibangun oleh duo arsitektur, Rob Schuurman dan Sjoerd Soeters dengan total biaya 140 juta euro atau setara dengan 1600 triliun rupiah. Perlu pembaca ketahui bahwa stadion ini tidak hanya digunakan untuk pertandingan bola saja namun konser musik, olahraga atletik dan bahkan balap motocross dapat dilaksanakan disini tanpa merusak rumput stadion.

Terakhir, ada McCormick Tribune Campus Center (1997-2003), yang merupakan tribun kampus dari Illinois Institute of Technology (IIT) terletak di antara kampus dan Chicago L. Walaupun bangunan fisiknya berada di Amerika Serikat namun arsitek utamanya adalah Meneer Rem Koolhaas, arsitek terkemuka asal Belanda. Latar belakang dari proyek ini didasarkan pada padatnya aktivitas transportasi yang melewati tribun kampus dan tentu saja menimbulkan kebisingan yang mengganggu kegiatan belajar-mengajar di IIT. Sekedar informasi untuk pembaca sekalian kalo Chicago L adalah jalur kereta api yang menghubungkan seluruh kota chicago dan kota-kota kecil di sekitarnya. Namun berkat rancangan Mener Rem Koolhaas, tingkat kebisingan suara di daerah tersebut berkurang tanpa mengganggu fasilitas transportasi Chicago L.

– ditulis oleh Luthfi Ramadhani

3 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

3 responses to “#447 Karya Arsitek Belanda yang Bikin Mulut Menganga

  1. yosuakristianto

    hmm mirip blog post gw tahun 2010. Beberapa wording saja perlu diperbaiki, salah satunya ‘Meneer’ bukan mener.

  2. widodo

    kok ga ada gmbrnya?pingin k amsterdam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s