#450 “5R Heroes Belanda” Si Penyelamat Bumi

Siapa yang tidak kagum melihat kehebatan negara Belanda. Jika melihat inovasi-inovasi yang telah mereka lakukan, mulai dari inovasi Delta works untuk mempertahankan diri dari hempasan gelombang lautan yang dahsyat , sampai kepada inovasi-inovasi di bidang teknologi dan informatika (New EU Cyber Crime Center Netherland dan Mobil Terbang), bisnis (Unilever, Philips & Starbuck) , kesehatan (Electronic nose to  smell asthma, & Create deadly birdflu virus), hiburan (Big Brother, Deal or No Deal, dan The Voice) hingga inovasi yang mereka buat untuk menyelamatkan bumi ini. Apakah inovasi yang mereka buat untuk menyelamatkan bumi ini?, dia adalah “5R (Reduce, Recycle, Replace, Return, dan Reuse) Heroes”. 5R heroes merupakan sebuah ide tentang kesadaran terhadap keselamatan bumi ini, dimana ide ini muncul pada tahun 2009 oleh dua orang yang bernama Marlies dan Joost Visser. Mereka merupakan dua bersaudara yang tumbuh dalam keluarga yang  aware terhadap lingkungan.

ImageIde ini dibuat agar manusia dapat menerapkan aksi-aksi nyata “world sustainability” baik di lingkungan rumah, kerja bahkan di dunia bisnis yang lebih luas. Program ini telah membuat dua contoh karya yang menggambarkan 5R,  yang pertama adalah 5R Heroes Battery Collector. 5R Heroes Battery Collector adalah sebuah produk yang terbuat dari kertas bekas (Recycle) yang diprint dengan tinta biodegradable yang dapat dibentuk menjadi fungsi lain (Replace) serta memiliki lubang-lubang sebagai tempat baterai bekas disisipkan atau tempat pembuangan baterai kosong (Return) sehingga menghasilkan sebuah robot unik yang disukai anak-anak (Reuse). Tentu saja ciptaan ini menggambarkan adanya tindakan pengurangan efek limbah barang-barang bekas terhadap kelestarian lingkungan (Reduce).
 ImageContoh karya yang kedua adalah sebuah buku yang sudah dipublish di Belanda, dimana buku tersebut menceritakan ajakan-ajakan berupa “green choice” dari sebuah model-model yang telah diciptakan yang mampu menjawab “green dilemma” sehingga pembacanya terinspirasi untuk melakukan ide 5R dalam kehidupan sehari-harinya

Image

Pada hakikatnya Tujuan dari 5R Heroes ini adalah untuk mengajarkannya masyarakat Belanda secara khusus dan masyarakt dunia secara umum agar dapat mengubah “way of life” manusia menjadi lebih baik, cerdas, dan melakukan sesuatu hal yang lebih sustainable demi tercapainya “world sustainability”. Nah keren kan idenya, sotunggu apa lagi mari kita coba untuk menerapkan 5R ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

– ditulis oleh Ulfah Seprida

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s