#452 Dutch is An Architecht

Itulah kalimat yang cocok untuk Belanda sekarang, negara kecil yang sempat menjajah Indonesia ini, kini menjelma menjadi kekuatan baru di industri kreatif dunia. Industry kreatif yang mampu menopang perekonomian negeri tulip ini. Jika ditelisik lebih lanjut, menurut saya Belanda memiliki kunci-kunci dalam masyarakatnya yang membuat suatu sistem yang melahirkan industri kreatif. Bahkan pada tahun 2008 Industri ini menyediakan lapangan kerja bagi 261.000 orang.

Salah satunya dengan menjaga kebudayaan negara, masyarakat Belanda meski dikenal sebagai negeri penjajah di era1900-an. belanda tidak terpengaruh dengan budaya dari luar. Mereka masih menjaga adat dan budayanya. Seperti yang ada di Volendam, desa nelayan yang menjadi etalase pakaian tradisional Belanda. Klompen, Studio foto Zwarthoed, alat musik Akordeon masih ada dan malah menjadi tempata wisata yang sering dikunjungi di Belanda.

Pemerintah Belanda sadar akan potensi yang dimiliki sumber daya manusianya. Pendidikan yang dibentuk dan diberikan adalah pendidikan yang mengarahkan siswanya dalam industri kreatif, sebut saja pendidikan desain di Belanda seperti Design Academy of Einhoven, yang dinyatakan oleh Time Magazine sebagai “School of Cool” dan Artez Fashion Institute di Arnhem.

Tak hanya meletakkan sendi-sendi pendidikan kreatif yang ada perguruan tinggi Belanda. Orang belanda juga pintar dalam mengadopsi dan membawa dengan sesuatu yang baru. Belanda dikenal dengan bunga Tulip, tapi taukah Anda bahwa Bunga Tulip bukan bunga asli Belanda? Bunga Tulip berasal dari Turki, akan tetapi justru Belanda yang memiliki brand sebagai penghasil bunga Tulip di dunia bukan Turki.

Posisi geografis Belanda yang daratannya lebih rendah daripada lautan membuat orang-orang Belanda berpikir inovatif bagaimana caranya daerah yang mereka tempati tidak tergenang air atau tenggelam akibat lautan yang lebih tinggi dari daratan.

Solusinya, mereka membuat bendungan atau dam. Kota-kota di Belanda yang berakhiran dengan kata “dam” memang lebih rendah dari permukaan laut. Misalnya, Rotterdam atau Amsterdam. Bahkan, permukaan tanah Amsterdam, kota terbesar di Belanda, rata-rata di posisi 2,5 meter di bawah garis permukaan laut. Selain itu, dam digunakan untuk pembangkit listrik karena Belanda adalah negeri yang wilayahnya kecil, butuh energi terbarukan untuk mencukupi kebutuhan energinya.

Uniknya, teknik arsitektur yang sangat kuat dan tahan lama. Kebanyakan bangunan-bangunan buatan Belanda sangat kokoh hingga sekarang. Tengok saja kota-kota di Indonesia, setiap kota yang memiliki bangunan peninggalan Belanda masih bertahan sampai saat ini, contoh Lawang Sewu di Semarang, Benteng Vredeburg di Yogayakarta, dan kompleks bangunan di kota tua Jakarta.

Prinsip seperti itu masih dipelihara dan selalu diperbarui hingga kini. Rumah-rumah tradisional Belanda dilengkapi dengan kincir angin, gunanya untuk mengeringkan lahan : air tanah itu di pompa keluar lahan yang di namakan dengan polder. Adanya angin secara teratur menjamin pompa itu dapat berfungsi secara teratur menjamin pompa itu dapat berfungsi secara teratur pula.

Perpaduan seni, sains teknologi tak hanya terjadi di Sorbonne Perancis, orang Belanda pun mampu membuat, menerapkan dan meresapi industry kreatif dalam hidupnya. Let’s make creative!!!

– ditulis oleh Fuad Hasan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s