#454 A Good Doping in Netherland = ‘P’lace to ‘L’earn ‘A’nything for ‘Y’oungster

Belanda didaulat menempati urutan ke 8 sebagai negara yang kreatif menurut Indeks Kreativitas Dunia, urutan ke 12 dalam nominasi negara dengan kualitas hidup terbaik tahun 2011, urutan ke 3 dengan jumlah universitas terbanyak dalam world reputation rankings dan melahirkan inovasi yang mutakhir seperti mobil terbang dan industri kreatif dalam desain, fashion dan arsitektur (dutch daily news).

Sebagai negara yang wilayahnya berada di bawah permukaan air dan memiliki sumber daya alam yang minim, segudang prestasi gemilang yang berhasil diraih Belanda tidak dapat dipandang sebelah mata. Keterbatasan ini memang menuntut orang-orang Belanda untuk memutar otak agar dapat bertahan hidup dengan cara yang kreatif. Hal ini rupanya tidak terlalu sulit bagi mereka. Pasalnya, keinginan untuk mencipta dan berkreasi bak doping yang sudah dikonsumsi sejak kecil. Doping positif tersebut hadir dalam kegiatan bermain.

Mengapa bermain?

Kegiatan yang sering disepelekan ini ternyata memainkan peranan penting dalam perkembangan fisik dan psikologis anak. Lewat bermain, anak-anak dapat mencicipi berbagai hal baru, memuaskan rasa ingin tahunya, mengembangkan imajinasinya tanpa batas. Bermain juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan mengembangkan kemampuan otak kanan, yang banyak berperan dalam hubungan dengan orang lain serta kemampuan seni.

Pemerintah Belanda nampaknya menyadari pentingnya doping ini bagi anak. Bayangkan saja, Belanda memiliki kurang lebih 217 museum, sebagai contoh science museums, discovery center continuum, graphic design museum, yang memiliki program khusus yang seru dan interaktif untuk anak-anak. Lebih lanjut, berdasarkan pengamatan dari Becky Russel, terdapat 411 tempat bermain umum atau public playground di Amsterdam. Public playground ini tersebar di berbagai tempat seperti di perumahan dan dalam berbagai bentuk yang menarik seperti rumah pohon, trampolin dan playground yang mengapung di air. Public playground ini tentu saja gratis dan dapat diakses oleh semua anak-anak. Selain itu, jenjang TK dan SD di Belanda lebih banyak mengajak anak untuk bermain dan tidak memberikan tekanan dalam pelajaran. Buktinya, di tengah jam pelajaran, guru dapat tiba-tiba mengajak para murid untuk bermain di luar kelas dan setelah pulang sekolah jarang ada pekerjaan rumah.

Selain difasilitasi oleh pemerintah, kebebasan untuk bermain dan bereksplorasi juga disokong penuh oleh orang tua. Efek positif dari doping ini pun meningkat yaitu munculnya perasaan bahagia pada anak. Tak heran jika kemudian Belanda bertengger di posisi pertama negara dengan tingkat well-being anak-anaknya yang tinggi (UNICEF, 2007). Perasaan bahagia yang dialami selama masa anak-anak ini nampaknya membekas dan berdampak sampai masa dewasa karena Belanda disinyalir merupakan negara paling bahagia ke-4 di seluruh dunia, menurut laporan World Happiness Report oleh PBB.

“The solution to adult problems tomorrow depends on large measure upon the how our children grow up today. There is no greater insight into the future than recognizing when we save our children, we save ourselves.”

Selaras dengan pemikiran Albert Camus di atas, Belanda tergolong jeli menciptakan kondisi yang dapat memenuhi kebutuhan bermain anak-anak. Bermain pun menjelma menjadi doping yang berhasil mencetak pribadi yang kecanduan mencipta dan berkreasi. Candu yang berbuah manis bagi Belanda.

Mari kita mengadopsi doping dari Belanda dan ciptakan kecanduan mencipta dan berkreasi!

– ditulis oleh Grace Maria Sininta

13 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

13 responses to “#454 A Good Doping in Netherland = ‘P’lace to ‘L’earn ‘A’nything for ‘Y’oungster

  1. yohanes

    Yang begini nih patut dicontoh di Indonesia. Great info Grace..

  2. Chika

    Infonya sangat menarik dan menambah pengetahuan juga.. Pasti banyak orang yang belum tahu tentang info ini sebelumnya.. hehe.. Cara penulisannya juga teratur,rapi, dan mudah dipahami.. Thanks Grace buat infonya.. =D

  3. dyah

    sudut pandangnya ‘bermain’ ya..
    kalo diliat dr sistematika penulisannya, strateginya mirip yg dipakai viona grace, pemenang kompetiblog tahun lalu. cara penulisan pembukaan, isi, analogi, dan penutup mirip.

    banyak bgt artikel bagus di kompetiblog tahun ini. good luck ya🙂

  4. sounds good. glimpses of the above discussion is very interesting for opening our mind and insert useful information for our country today. Good!

  5. sheilla pricillia

    Sederhana tapi ternyata memiliki aspek dan pengaruh yg positif yaahh dalam tulisan ini. Dan baru tau kalo efek dari bermain pada anak-anak itu berpengaruh baik. Patut dicontoh di Indonesia..

  6. sheilla pricillia

    Sederhana tapi ternyata berdampak positif yaahh.. Tidak disangka kalo negara belanda memperhatikan aspek sederhana tentang bermain pada anak, dan hal itu berpengaruh positif pada generasi di belanda. Patut dicontoh di Indonesia.

  7. serafika

    Wow..it’s a great info. Pretty insightful i would say…Indeed, Indonesia should start to adapt this kind of thing

  8. eunike

    wow….baru tau belanda segitunya dalam memperhatikan hal-hal kecil..nice info🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s