#460 Cerita dari Negri Liliput

“Kreativitas tanpa batas”, itulah yang menjadi ciri khas dari negri yang luasnya paling mini dibandingkan negara lain di sekitarnya seperti Jerman dan Prancis.
Negri yang kekuatannya adalah kreativitas dalam mengelola segala sesuatu,
Ketangguhannya adalah mengubah keterbatasan menjadi keluarbiasaan.
Keahliannya adalah menjadikan hal tak berguna menjadi berdaya guna dan bernilai tinggi.
Kemampuannya adalah memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk menjadikan negrinya semakin besar.

Negri liliput adalah negri yang berada di benua biru, diantara negara-negara besar yang kaya raya.
Negri liliput harus berbesar hati menerima kondisi wilayahnya yang berada di bawah permukaan laut.
Kondisi ini membuat rakyatnya berpikir keras menjadikan negrinya bebas banjir dan tetap aman nyaman untuk ditinggali.
Hasilnya, dibuatlah banyak bendungan di seluruh penjuru negri. Bahkan pembuatan bendungan-bendungan itu pun ditularkan kepada negara bekas jajahannya, yaitu Indonesia.
Kreativitas tanpa batas nampak nyata di gaya arsitektur, kemajuan teknologi dan ilmu alam. Meski tergolong sebagai negara maju namun, negri ini tidak meninggalkan pertanian sebagai penggerak perekonomiannya.


Bentuk nyata kemajuan pertanian Negri Liliput tampak pada 10.000 hektar greenhouse yang menghasilkan sayur dan bunga terbaik ketiga di dunia. Greenhouse dibangun dengan sistem yang telah terkontrol secara canggih. Penggunaan tenaga kerja dan efektivitasnya dapat dikendalikan serta dinilai langsung oleh sistem komputerisasi. Pemanenan pun menggunakan troley yang berjalan diatas rel antara tanaman satu dengan lainnya. Hasil panenan langsung tersalur kan lewat ban berjalan yang semuanya itu dapat dikontrol software khusus. Di kala musim salju, penggunaan lampu ultraviolet sebagai ganti sinar matahari sangatlah membantu sehingga proses fotosintesis tanaman tetap dapat berjalan.

Sesuai dengan keahliannya, Negri Liliput berhasil memanfaatkan limbah pertanian, jerami gandum dan kotoran ayam untuk usaha budidaya jamur tiram. Aplikasi modern seperti kumbung atau rumah tempat tumbuhnya jamur telah dilengkapi alat pengatur suhu, cahaya dan kelembapan otomatis. Jadi tagline “from waste to taste” yang diusung oleh usaha budidaya jamur tiram di daerah Mook, Kerkdriel dan Ammerzuden ini nyata kebenarannya. Jamur tiram kualitas ekspor dengan rasa yang enak dihasilkan dari perpaduan limbah pertanian dengan teknologi modern.
Di bidang peternakan, negeri liliput ini mampu menjadi penghasil susu dan keju terbaik di dunia. Kesejahteraan hidup hewan ternak sangatlah diperhatikan sehingga menghasilkan kualitas susu yang terbaik. Proses pemerahan susu telah termekanisasi tanpa menyakiti hewan ternak.

 Oogst 1000 Wonderland takes the structure of traditional Dutch farm buildings and rearranges them so that everything is “linked by technology proposed in the greenhouse village (Utrecht, the Netherlands) in order to create a self-sustainable system.”

Read more: Vertical Farm Eco City is a Wind Powered Wonderland | Inhabitat – Sustainable Design Innovation, Eco Architecture, Green Building

Pertanian di Negeri Liliput di bawah pengawasan Kementrian Ekonomi, Pertanian dan Inovasi. Hal itu menggambarkan bahwa Negri Liliput menilai ekonomi yang kuat didukung pertanian inovatif dan ramah lingkungan. Pertanian mendapat perhatian khusus karena fokus negara ini untuk membantu menanggulangi krisis pangan dunia. Pemerintahan Negri Liliput bekerja sama dan melibatkan peneliti untuk mengembangkan pertanian yang berkonsep ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan energi.Tak heran bila penelitian dan pengembangan teknologi pertanian di Negri Liliput sangat maju karena dukungan penuh dari pemerintahnya.

Negri Liliput ini telah membuktikan keterbatasan dan kekurangan bukan masalah yang besar. Selama daya cipta tak pernah mati maka terbuktilah Negri Liliput mampu meraksasai dunia. Negri Liliput itu adalah Belanda, sebuah negara yang kreatif dan produktif menciptakan inovasi teknologi yang makin memperkuat perekonomian negrinya. Tak ada salahnya belajar dari negri sang mantan penjajah ini.

– ditulis oleh Febbry Andari

3 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

3 responses to “#460 Cerita dari Negri Liliput

  1. Key

    walau agak telat komen…
    tapi boleh tho, daripada ga komen…
    memang cewe satu ini luar biasa…salut Dik…
    satu pesenku, ga ada yg salah dgan mimpi2mu yg selangit, dan memang “the power of dream” itu luar biasa dahsyat, tapi janganlah mimpi itu menjauhkan kita dari org2 yg kita sayangi..
    karena dunia ini ada dan akan selalu ada karena cinta dan kasih sayang…..
    God bless us of all…..

  2. Koko

    Tulisan’e mantep, kreatif dan inspiratif… Semangat nduk..haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s