#464 Roda dari Belanda

Lalu lintas yang tidak beraturan, polusi udara serta kecelakaan lalu lintas saat ini menjadi topik hangat yang akhir-akhir ini dibicarakan di Indonesia. Kemacetan menjadi makanan pokok khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Negara seperti Indonesia harus pusing dengan memikirkan inovasi baru tentang cara berkendara yang tertib aman dan tidak menimbulkan polusi. Orang Indonesia seolah harus berpikir keras dan harus mengembangkan kreativitas baru dalam berkendara. Kreatifitas seperti membuat kendaraan dengan bahan bakar lain memang cukup membantu namun sulit dalam sosialisasinya di masyarakat. Lalu apakah semua negara mengalami hal demikian? Tentu tidak, cobalah kita menilik negara Belanda, kenapa Belanda? Ada apa dengan berkendara di Belanda? Pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah kalau kita mempertanyakan cara berkendara di Belanda.

Kreatif bagi masyarakat Belanda terlihat dari pola pikir maju yaitu menggunakan sepeda. Jika masyarakat dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk membuat kendaraan dengan banyak roda yang canggih, masyarakat Belanda menawarkan inovasi paling antik dan menyehatkan. Bagi masyarakat Belanda kreatif bukan hanya dengan menampilkan inovasi baru dengan memunculkan kendaraan-kendaraan baru. Sepeda telah menjadi contoh dari inovasi yang diberikan masyarakat Belanda di tengah munculnya transportasi baru yang menguras lebih banyak tenaga dalam pembuatannya. Berkendara dengan sepeda menjadi bukti bahwa masyarakat Belanda sangat kreatif karena masih bisa menggunakan transportasi yang mulai ditinggalkan dengan sangat baik. Bersepeda di Belanda berbeda jauh dengan bersepeda di tempat lain. Banyak negara yang justru berbahaya untuk bersepeda karena kemacetan lalu lintas, apalagi ditambah dengan polusi yang dampaknya justru sangat terasa bagi pengguna sepeda.

Belanda memberi ruang yang sangat cukup untuk masyarakat memulai hari dengan sepeda. Belanda menawarkan keaslian dari mamfaat bersepeda, udara yang bersih dan menyehatkan tersedia di sana. Masyarakat Belanda juga mengambil bagian besar dalam menggerakkan hidup sehat dengan cara mudah dan tidak mahal, ini adalah bentuk dari inovasi lain yang sangat bermamfaat. Berbeda dengan negara-negara lain yang dengan keras mencoba menemukan cara untuk tetap sehat di tengah polusi yang sangat membahayakan, Belanda memberi cara mudah yang hampir di tinggalkan orang banyak yaitu bersepeda.

Belanda menjadi tempat paling aman untuk bersepeda. Kekreatifan negara ini kembali terlihat dengan dibuatnya rute dan rambu khusus bagi para pengendara sepeda. Semua penikmat sepeda pasti memiliki impian untuk bisa bersepeda di negeri kincir angin ini. Belanda menjanjikan pengalaman tak terlupakan dalam bersepeda yang tidak akan didapatkan di tempat lain. Masyarakat Belanda juga mengajak masyarakat luar Belanda untuk bisa mengikuti inovasi yang mereka berikan dalam berkendara. Jika kita perhatikan dengan seksama sebagian besar orang yang pergi ke Belanda tidak akan pernah melewatkan foto saat bersepeda. Hal itu seolah menjadi sebuah bukti nyata bahwa mereka sedang ada di Belanda. Semoga roda-roda sepeda tidak hanya berputar di Belanda saja, biarlah roda-roda sepeda datang ke Indonesia.

– ditulis oleh Sondang Parsaulian

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s