#478 Belanda, Se-oranye Buah Jeruk

Cobalah bertanya pada anak kecil, adik-adik buah apa yang berwarna oranye? dengan polosnya seringkali mereka menjawab buah jeruk. Teringat warna oranye jeruk, teringat pula dengan Belanda yang terkenal dengan sebutan “Van Oranje”. Warna oranye identik dengan negeri yang terkenal dengan kincir angin, bunga tulip, dijk (tanggul) dan terompa kayunya. Usul punya usul, sebutan warna oranye ini lahir dari simbol nama pusat Kerajaan Belanda yaitu “House of Orange Nassau”.

Dari segi arti, umumnya warna oranye melambangkan sifat dinamis, cemerlang, penuh ide segar, enerjik dan inovatif. Ibarat buah, aku jadi ingin makan buah jeruk. Buahnya kecil, sehat dan menyegarkan, siapa yang tak suka buah ini? Itulah Belanda se oranye buah jeruk, hmm…mau bukti?

Belanda merupakan negara kecil yang luas nya tidak lebih dari luas Provinsi Jawa Timur di negara kita yang secara geografis negara ini diapit oleh dua negara maju yaitu Perancis dan Jerman. Sebutan lainnya, “Netherland” yang berarti tanah rendah karena Belanda adalah negara ekstrem, sekitar 60 % wilayah daratannya di bawah permukaan laut. Walaupun kecil dan secara geografis maupun sumber daya alamnya tak seberuntung seperti negara kita, bukan Belanda namanya yang terus maju dan tak patah semangat kehilangan arah untuk terus berinovasi. Melalui proyek antibanjir delta (Delta Works/ Deltawerken) menjadikan negara ini bisa ditinggali sampai sekarang. Aku jadi teringat pada untaian kata yang dilontarkan Rene Descartes, “God created the world, but the Dutch created Holland”, ujarnya. Filsuf Perancis tersebut mencoba menggambarkan bagaimana orang Belanda mengeringkan daratan yang digenangi air agar dapat menjadi permukiman yang layak didiami. Selain itu masih banyak inovasi lain seperti penemuan sederhana koran vertikal, perhiasan untuk bola mata manusia, mobil terbang, lampu LED “melayang” Philips, energi inovatif “vibration energy” dan inovasi-inovasi lain mencerminkan tingginya animo masyarakatnya yang terus berinovasi.

Negara ini ibarat pohon yang terus tumbuh subur memanenkan buah-buah inovasi dan kreativitas. Hubungan (TTM) Teman Tapi Mesra yang dijalin oleh universitas, industri dan pemerintah belanda menciptakan lingkungan yang nyaman. Ide-ide brilian yang seliweran di universitas ditempatkan di lahan yang subur, Pemerintah Belanda menyediakan lahannya sedangkan pihak industri yang menyiram dan memupuknya membuat pohon ide ini terus tumbuh subur. Tak heran bila negara ini menyabet gelar 10 besar negara terinovatif di dunia. Didukung dunia pendidikan yang berkualitas menempatkan Belanda berada di urutan ke-3 dalam World Reputation Ranking 2012. Lima universitas riset Belanda masuk dalam 100 besar dalam daftar oleh Times Higher Education diantaranya Delft University of Technology yang terkenal sebagai salah satu institusi pendidikan pionir di bidang teknologi dan inovasi kemudian universitas riset Belanda lainnya seperti University of Amsterdam, Utrecht University, Leiden University dan Wageningen University and Research Center. Sehingga lahirlah banyak ilmuwan hebat yang meraih gelar prestisius yaitu penghargaan nobel seperti Andre Geim untuk bidang Fisika pada tahun 2010, lalu Pieter Zeeman dan Hendrik Lorentz yang sama-sama memenangkan Nobel Fisika tahun 1902. Negara ini pun dinobatkan sebagai negara peringkat ke-10 peraih nobel terbanyak di dunia.

Belanda yang seoranye buah jeruk, se oranye negaranya. Negeri kita perlu banyak belajar, Belanda saja bisa, kenapa Negeri kita tidak? Mari berinovasi…

– ditulis oleh Andy Purwanto

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s