#489 Geliat Industri Kreatif di Belanda

Kreativitas adalah kunci untuk meraih keunggulan di era kontemporer. Dengan kreativitas, segala masalah yang menghadang dapat ditemukan solusinya dan terobosan baru yang mendobrak kebuntuan dapat diciptakan. Kreativitas juga memampukan seseorang, kelompok, atau negara untuk berpikir di luar pola-pola mapan, jeli mencari peluang, dan menciptakan masa depannya secara berdaulat.

Belanda adalah salah satu negeri dengan tingkat kreativitas yang tinggi. Bahkan, banyak yang menyebut Belanda sebagai pusat kreatif Eropa karena banyaknya kota kreatif di negeri itu. Kota kreatif adalah kota yang menikmati periode keemasannya karena mampu melakukan inovasi yang pesat dalam tataran budaya, estetika, dan pengorganisasian kota. Kota kreatif berhubungan erat dengan ekonomi berbasis pengetahuan, di mana dengan kreativitas warga yang tinggi ilmu pengetahuan dan teknologi mampu dikonversikan menjadi manfaat ekonomi.

Salah satu indikator dari tingginya kreativitas sebuah negeri adalah geliat dari industi kreatifnya. Industri kreatif ini berupa sektor-sektor yang menciptakan barang dan jasa atas dasar kreativitas yang terkait dengan nilai–nilai budaya, artistik, dan hiburan. Banyak kota besar di Belanda telah mengembangkan industri kreatif dengan kekhasannya masing-masing. Rotterdam misalnya, terkenal dengan arsitektur dan desainnya. Sementara itu, Eindhoven terkenal dengan industri teknologinya, Delft dengan desain industrialnya, Utrecht dengan video game-nya, dan Arnhem dengan fashion-nya. Jangan lupakan juga ibukota Amsterdam, yang kegairahan industri kreatifnya terlihat paling menyala hingga kota ini tercatat dalam daftar lima kota paling kreatif sedunia.

 Lanskap perkotaan di Amsterdam, salah satu pusat kreatif dunia

Industri kreatif berperanan besar dalam menyumbang peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Tiga sektor andalan dalam industri kreatif Belanda adalah pelayanan bisnis, seni, dan media hiburan. Berdasarkan tiga sektor ini saja, data tahun 2009 menunjukkan bahwa industri kreatif telah mempekerjakan 261.000 orang dan menghasilkan omset bagi ekonomi Belanda sebesar 7,1 miliar euro. Selain itu, industri kreatif juga menyumbang 18 persen dari total ekspor jasa di Belanda dan 2 persen dari perdagangan global produk kreatif. Jumlah ini hampir dapat dipastikan akan terus meningkat setiap tahun.

Industri kreatif Belanda mampu menghasilkan produk dengan karakter yang kuat. Istilah Dutch Design telah menjadi ungkapan yang digunakan dalam jagat industri kreatif global untuk merujuk kepada kekuatan yang melekat dalam produk kreatif ciptaan Belanda. Karakter khas dari Dutch Design adalah sifatnya yang pragmatis, terbuka, konseptual, di luar kebiasaan, dan memegang prinsip less is more.

 Hotel Artemis di Amsterdam, contoh bangunan yang merepresentasikan Dutch Design

Keberhasilan industri kreatif di Belanda tidak dapat dilepaskan dari peran pemerintah. Berbagai strategi pemajuan industri kreatif diupayakan karena pemerintah mempunyai ambisi untuk menjadikan Belanda sebagai negara dengan ekonomi paling kreatif di Eropa pada tahun 2020. Juni tahun lalu misalnya, pemerintah menginisasi pembentukan Topteam. Topteam adalah kelompok yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yang bertugas untuk memberikan strategi pengembangan suatu sektor tertentu dalam industri kreatif berupa rencana aksi kepada pemerintah, ilmuwan, dan pengusaha. Rencana aksi ini kemudian ditindaklanjuti dan diimplementasikan oleh Dewan Industri Kreatif Belanda.

Kita tentu patut kagum pada Belanda dan sudah selayaknya memetik pelajaran darinya. Segenap elemen di negeri Belanda bahu-membahu mengembangkan industri kreatif karena mereka memiliki pembacaan masa depan yang visioner. Mereka menyadari pengembangan industri kreatif adalah kunci untuk meraih keunggulan masa depan dalam tren ekonomi berbasis pengetahuan. Ini artinya, mereka memahami bahwa kreativitas merupakan kunci untuk memenangkan masa depan.

– ditulis oleh A. Galih Prasetyo

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s