#491 Belanda: Small, but Giant!

Siapa yang tak kenal Belanda. Negeri Oranye ini masyhur dengan kincir anginnya. Pada dasarnya, Belanda merupakan negara yang memiliki lahan sangat terbatas. Mereka berinovasi dengan menggunakan kincir angin untuk mengeringkan sebagian permukaan laut. Karena itulah, hampir separuh wilayah Belanda berada pada ketinggian di bawah permukaan laut. Negeri ini, selain terkenal sebagai negara kincir angin, juga terkenal dengan bunga Tulip, tanggul dan terompa kayunya.

Belanda adalah negara yang luar biasa, apalagi jika dikaitkan dengan keterbatsan lahan yang mereka miliki. Sebagai perbandingan, total area Belanda adalah 41.526 kilometer persegi, terdiri atas luas tanah 33.883 kilometer persegi dan lautan 7.643 kilometer persegi. Belanda menduduki peringkat ke-132 negara terluas di dunia, berbeda sekali dengan Indonesia yang menduduki peringkat ke-15, dengan luas 7,6 juta kilometer persegi, dengan luas tanah 1,8 juta kilometer persegi dan lautan 5,8 juta kilometer persegi. Namun, Belanda berhasil menoreh prestasi yang mengagumkan.

Berdasarkan data World Economic Forum, Belanda menempati peringkat ke-7 sebagai negara yang paling kompetitif di dunia untuk tahun 2011-2012. Sedangkan untuk tahun 2010-2012, Belanda menempati peringkat ke-8. Sementara itu, Indonesia untuk tahun 2011-2012, hanya menempati peringkat ke-46 dan turun dua peringkat dibandingkan dengan periode 20010-2012, yaitu pada peringkat 44.

Kekuatan ekonomi Belanda, salah satunya, terletak pada keunggulan tenaga kerja dan penguasaan teknologi. Berdasarkan data Statistics Netherlands (2008), persentase entrepreneur di negeri ini mencapai 11,5 persen dari jumlah total tenaga kerja. Capaian ini menempati peringkat terbanyak kedua di dunia setelah Kanada. Sedangkan, data United Nation Development Programme (UNDP) menunjukkan, pada tahun 2007 Belanda menempati urutan ke-9 di dunia negara yang memiliki Human Development Index (HDI) tertinggi. Sementara itu, dengan keterbatasan lahan dan minimnya sumber daya alam, memiliki pendapatan domestik kotor (GDP) mencapai 768 miliar dollar AS tahun 2007, menempati urutan ke-16 negara dengan GDP terbesar di dunia, serta urutan ke-6 di Eropa setelah Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Spanyol (IMF, 2008).

Yang tak kalah mengagumkan adalah, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dutch Daily News, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, Belanda berada di peringkat dua setelah Hong Kong sebagai negara terbaik untuk melakukan bisnis. Sedangkan Amerika Serikat, Inggris dan Australia menduduki tiga peringkat berikutnya.

Belanda juga termasuk negara yang cukup siap dalam menghadapi resesi ekonomi global. Pemerintah Belanda telah menyediakan dana 20 miliar euro untuk mendukung institusi keuangan dalam negeri. Dana tersebut merupakan dana tambahan terhadap 200 miliar euro yang dijaminkan di bank guna menghadapi krisis. Selain itu, mereka juga memiliki kebijakan khusus untuk mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebelum krisis finansial terjadi, Pemerintah Belanda telah mengalokasikan dana jaminan untuk tiap UKM masing-masing 745 euro. Ketika krisis finansial terjadi, pemerintah melonggarkan persyaratan kepada perusahaan yang butuh bantuan. Dana ekstra yang disiapkan untuk ini mencapai 80 juta euro.

Dari paparan singkat di atas, kita dapat melihat bahwa Belanda merupakan negeri yang memiliki prestasi-prestasi yang luar biasa. Mereka tidak mau pasrah dengan keterbatasan yang mereka miliki. Mereka malakukan inovasi terus menerus. Maka dari itu, menurut penulis, tidaklah berlebihan jika menjuluki Belanda sebagai negeri: small but giant!

– ditulis oleh Septa Dinata

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s