#495 Museum Van Abbe, Kisah Seni Kontemporer di Negeri Belanda

Belanda merupakan negara yang memiliki banyak sekali sebutan, mulai dari negeri kincir angin, negeri sepeda, negeri keju, negeri bunga tulip, dan salah satunya negeri museum. Belanda memiliki ratusan museum, tak heran negeri kincir angin ini paling banyak dikunjungi wisatawan. Museum-museum yang dibangunpun tak kalah uniknya, mulai dari museum mengenai sejarah belanda, seni hingga museum seks. Sungguh Belanda sangat membangun kebebasan dalam berekspresi.

Buat pecinta seni kontemporer, Belanda menyajikan satu museum yang sangat kaya akan unsur desain dan seni modern,yaitu museum Van Abbe. Museum yang telah berdiri lebih dari 75 tahun ini, dibangun oleh Abbe Henri pada tahun 1963. Museum ini terletak di pusat kota Eindhoven, dan memiliki lebih dari 2700 koleksi seni, yang terdiri dari lukisan, patung, instalasi seni, dan video.

Banyak sekali pameran dan pertunjukan seni yang diadakan di museum ini, mulai dari karya seniman lokal Belanda hingga seniman dari luar negeri. Karya-karya yang ditunjukan mulai dari instalasi seni sampai film-film pendek dari segala aspek yang dapat mengapresiasikan bakat-bakat dari para seniman. Salah satu pameran unik yang sempat diadakan adalah “Holland Kabinets”, yaitu seniman kenamaan Belanda bernama Sara van der Heide memulai menggambar lemari penyimpanan tradisional ala Belanda selama hampir dua tahun, hingga terkumpul 588 gambar yang memenuhi dinding-dinding museum. Tujuan dari pameran ini adalah memperlihatkan kebudayaan-kebudayaan yang banyak mempengaruhi sejarah kesenian furniture di Belanda, salah satunya dari Batavia (Indonesia). Lemari-lemari penyimpan inilah dianggap saksi bisu dari perkembangan sejarah Belanda yang biasanya diturunkan dari generasi ke generasi.

Selain pameran-pamerannya yang orisinil, arsitektur museum yang asimetris dan interior gedung yang apik juga memiliki daya pikat tersendiri. Gedung ini sempat mengalami pemugaran dan didesain oleh Abel Cahen di tahun 2003 karena dianggap terlalu kecil.
Sudah menjadi cita-cita setiap seniman, terutama saya untuk dapat memamerkan karya seni yang saya buat di museum ini.🙂

– ditulis oleh Rena Ayu R.

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#495 Museum Van Abbe, Kisah Seni Kontemporer di Negeri Belanda

  1. yosuakristianto

    I like this post. Nice one.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s