#499 Belanda, Modern yang Klasik

Modern, kata yang mewakili segala sesuatu yang bersifat lebih baru,canggih, lebih baik dari pendahulunya. Sama halnya dengan perkembangan yang terjadi di suatu negara, sering kali negara-negara di dunia ini berlomba untuk menjadi yang paling berinovasi diantara negara-negara lainnya.

Kemodernan suatu negara bisanya gambarkan dengan banyaknya gedung-gedung bertingkat, banyaknya pusat pertokoan modern dengan beragam bentuk unik, alat transportasi yang sangat canggih,dan lain sebagainya. Namun dibalik semua itu banyak dampak negatif terhadap individunya ,banyaknya gedung-gedung tinggi mengurangi lahan hijau sehingga tidak adanya wilayah rembesan air, banyaknyaknya jalan layang yang menambah jumlah volume kendaraan bermotor sehingga banyak polusi, hal seperti ini mampu menurunkan tingkat kreativitas individu di suatu negara.

Kreativitas masyarakat dalam suatu negara sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya. Untuk hal ini Belanda memiliki persepsi yang berbeda soal modern, keramahan lingkungan tetap menjadi prioritas utama bagi masyarakatnya. Salah satu keramahan ini ditunjukan dari sarana transportasi yang tersedia. Ketika di suatu negara begitu banyak mobil dan kendaraan bermotor yang berkeliaran, di belanda kita akan lebih banyak menemukan sepeda yang berlalu lalang. Pemerintah belanda pun memberi perhatian khusus kepada pengguna sepeda dengan menyediakan jalur khusus untuk pengguna sepeda.

Persentasi jumlah sepeda di Belanda mencapai  99,1% dari total penduduknya 16,6 juta jiwa. Kondisi lalu lintas yang jarang bahkan tidak pernah macet ,udara yang masih bersih karena sedikitnya polusi juga tingkat kesadaran  yang cukup tinggi terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup membuat masyarakat Belanda merasa nyaman tinggal di sana. kenyamanan tempat tinggal suatu individu mampu memunculkan beragam ide kreatif dan inovasi-inovasi baru.

belanda dan sepeda

Selain sepeda, masyarakat belanda lebih senang menggunakan bus atau kereta api. Kereta api merupakan pilihan utama bagi penduduk Belanda yang bekerja di luar kota. Mereka lebih memilih untuk memarkir kendaraan pribadinya di stasiun terdekat, kemudian menggunakan jasa kereta api ke kota tempat mereka bekerja. Kereta api di Belanda berjalan hampir 24 jam khususnya weekend. Pengguna jasa kereta api bisa mulai menggunakan jasa ini sekitar pukul 6 pagi dengan jadwal yang dapat diakses langsung  melalui situs resmi NS perusahanaan jasa perkeretaapian negara Belanda yaitu http://www.ns.nl.

kereta api di Belanda

Kreativitas dan inovasi tidak hanya ditampilkan dalam suatu hal yang baru, tapi dari pelestarian suatu aset dalam sebuah neBanyaknya bangunan modern yang ada di kota-kota di Belanda tidak menjadikan Belanda melupakan jati dirinya, adalah Giethoorn sebuah desa di Belanda,yang dijuluki “Venesia dari Utara“. Giethoorn ini dikelilingi air ,berada di Provinsi Overijssel, Belanda. Rumah-rumah di desa tersebut dipisahkan air, seperti desa apung .

rumah apung di Giethoorn

Bangunannya yang tua dan antik dan tua menjadikan ciri khas bagi Giethoorn, kemodernan yang ditampilkan di Giethoorn adalah dengan adanya jalur sepeda yang bisa dilalui di desa ini. Jembatan antar rumah juga sudah mulai ditemui di kawasan depan desa ini.. Dulunya, tidak ada jalur darat sama sekali di sini. Hanya ada perairan yang dilewati perahu Wishper Boat.Setiap rumah di desa ini memiliki perahu yang diparkir di depan halaman. kepedeulian masyarakat dan pemerintah yang menjadikan wilayah Giethoorn tetap asri, terjaga keasliannya namun tetap mengikuti perkembangan modern untuk kenyamanan dan kemudahan warganya. Karena keunikannya inilah sekarang Giethoorn menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kesana. Tentu saja saya pun ingin kesana melihat keindahan desa dari sebuah perahu dengan mata kepala saya secara langsung.

– ditulis oleh Siti Nurbaedah

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s