#500 Belanda Negeri 1001 Kreativitas

Jika dijabarkan, rasanya akan lebih dari 1001 ide kreatif yang telah lahir dari negara ini, jika hendak merunut  rasanya tidak akan cukup waktu semalam suntuk untuk mengetahui semua bukti kreatifitas dari negeri oranye ini.

Belanda terletak di  barat laut benua eropa, Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dibawah permukaan laut. hal inilah yang menjadi anugerah bagi negara Belanda itu sendiri.

keunikan tanah negeri tulip ini menjadikan bangsanya menjadi bangsa yang penuh dengan inovasi, terbukti dengan adanya Dam atau bendungan yang dibangun untuk melindungi kota yang datarannya berada dibawah permukaan laut, dan bendungan ini merupakan bendungan terbaik yang ada di dunia hingga saat ini.  kesuksesan ini pun membawa beberapa perusahaan di belanda dipercaya untuk terlibat dalam proyek konservasi air dan reklamasi lahan di berbagai belahan dunia.

selain itu merupakan suatu anugerah bagi belanda, dimana sejumlah sungai besar di Eropa mengalir ke Laut utara yan g membuat belanda menjadi tempat yang ideal bagi pusat perdagangan dan transportasi untuk seluruh wilayah eropa barat. dari mulai abad ke 17 yang merupakan zaman keemasan perdagangan belanda hingga dewasa ini mejadikan belanda sebagai salah satu dari 10 negara pengekspor terkemuka di dunia.

” The rest of the world is a big place ” adalah ungkapan orang-orang Belanda yang menyadari betapa kecil negaranya. selama berabad-abad, masyarakat Belanda memiliki sikap terbuka terhadap dunia internasional, tidak hanya dalam urusan bisnis, namun juga dalam kehidupan sosial budaya, tercatat kurang lebih ada 200 suku bangsa yang kini tinggal di Amsterdam. oleh karena keterbukaannya ini lah menjadikan orang-orangnya haus akan ide-ide segar dan ingin menciptakan hal baru setiap harinya, menjadikan negerinya indah bukan hanya untuk dinikmati bangsanya sendiri tapi untuk dinikmati semua masyarakat di dunia.

Ketertarikan akan kreatifitas tanpa batas dibuktikan belanda dengan menjunjung tinggi dunia pendidikan, sistem pendidikan yang bersifat interaktif menjadikannya terbuka akan beragam kultur budaya dan menjadikan belanda salah satu tempat terfavorit dalam menuntut ilmu, contohnya dalam bidang Arsitektur.

Kota-kota di belanda memiliki keunikan masing- masing, seperti Rotterdam yang merupakan kota pelabuhan teramai di dunia dan termasuk kota yang berkatrakter karena Rotterdam berbeda dengan kota lainnya di Belanda, jika banyak kota-kota yang tampil cantik dan anggun dengan bangunan-bangunan tuanya, di Rotterdam dengan gagah berani berdiri bangunan-bangunan unik dengan arsitektur kelas dunia. Sekitar 80% bangunan di Rotterdam mengadopsi arsitektur modern dan kontemporer. Ikon arsitektur terkenal dari Rotterdam adalah Erasmus Bridge didesain oleh arsitek ternama Ben van Berkel, rancangannya menginspirasi berbagai jembatan lainnya di seluruh dunia, Cubic House yang dibuat oleh arsitek bernama Piet Blom yang sangat menjunjung nilai seni, dan Euromast yang merupakan sebuah menara hasil rancangan  H.A. Maaskant.

lain Rotterdam lain lagi dengan salah satu bangunan unik hasil yang ada di Amsterdam, yaitu Wozoco apartement, dibangun oleh para arsitek  MVRDV yang menyiasati aturan pemerintahnya tentang harus tersedianya pasokan cahaya matahari yang cukup pada setiap unit hunian. Dengan cerdas, mereka “menggantung” 13 dari 100 unit apartemen di bagian utara blok tersebut. Dengan cara ini, tersisa lantai dasar yang cukup terbuka untuk jalan masuk cahaya matahari menuju sisi timur atau barat gedung.

Ide-ide segar nan kreatif terus dilahirkan, dan tanpa kenal kata “batas”. tentunya hal seperti ini yang pantas kita tiru, selain berprestasi kita juga ikut membangun negeri sendiri.dan prestasi seperti ini yang layak untuk dibanggakan.

– ditulis oleh Siti Nurbaedah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s