#505 Polisi Belanda, Paling Lunak di Dunia

dutch police large  150x150 Polisi Belanda, Paling Lunak Di DuniaPolisi Belanda sudah dikenal di dunia internasional sebagai polisi paling “lunak” di dunia. Mereka terbiasa mengedepankan dialog dalam menyelesaikan segala persoalan. Penggunaan kekerasan sangat dihindari oleh polisi Belanda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh polisi Belanda sendiri, satu dari empat polisi Belanda menghindari penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan segala persoalan, mulai dari kasus seperti perkelahian, perampokan, dan kerusuhan. Lunaknya Polisi Belanda dipengaruhi oleh sistem pendidikan di Kepolisian Belanda, yang sedikit memberikan pelajaran mengenai cara-cara penggunaan kekerasan. Setelah berdinas pun, mereka juga tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan latihan menembak, yang menyebabkan polisi Belanda tidak menggunakan kekerasan secara berlebihan.

Selain minimnya pelatihan penggunaan kekerasan, dialog telah menjadi budaya polisi Belanda dalam menyelesaikan masalah. Polisi Belanda hanya akan menggunakan kekerasan jika memang sangat terpaksa. Walaupun dinilai terlalu lunak dan terlalu sopan, bahkan dijuluki “domba yang berseragam”, polisi Belanda tetap berusaha menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat tanpa kekerasan. Hal tersebut dikarenakan polisi Belanda menerapkan pemolisian yang sesuai dengan perkembangan masa kini yang lebih humanis dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Pendidikan polisi di Belanda mendidik agar petugas polisi menghadapi suatu keadaan dengan mendahulukan dialog, baik dalam kasus penyanderaan atau bentuk kekerasan lainnya.

4176509 20120511011609 Polisi Belanda, Paling Lunak Di DuniaMembudayanya kelunakan di kepolisian Belanda menjadikan cara-cara penggunaan kekerasan menjadi hal yang tabu untuk dilakukan oleh mereka. Hal ini karena pemeriksaan terhadap pelanggaran bagi anggota polisi yang menggunakan kekerasan berlangsung sangat panjang dan terperinci. Selain itu, adanya ketakutan di benak setiap anggota polisi Belanda jika terpaksa melakukan kekerasan yaitu selama beberapa pekan mereka akan bertanya-tanya apakah mereka akan diperkarakan atau tidak? Apakah pimpinan mereka akan mendukung perbuatannya atau tidak? Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak diharapkan tersebut, setiap anggota polisi Belanda akan memilih tidak menggunakan jalan kekerasan jika masih memungkinkan. Hal ini dilakukan karena pimpinan mereka pun tidak akan mendukung anggotanya yang menggunakan kekerasan, bahkan cenderung akan menuntut anggotanya dan menganggap rendah bawahannya yang menggunakan jalan kekerasan.

Contoh real penghindaran penggunaan kekerasan terlihat ketika polisi Veendam (Distrik Groningen) mencoba untuk mencegah tawuran antar dua sekolah dengan menggunakanTwitter. Ketika siswa dari sekolah Winkler Prins dan Ubbo Emmiuscollege akan saling berseteru, polisi mencoba mencegah pergerakan para siswa tersebut melalui Twitter, dengan memberitakan kepada para siswa yang akan tawuran bahwa mereka telah mengetahui rencana tawuran dimaksud. Pemberitahuan tersebut membuat para siswa berpikir ulang untuk melakukan aksi tawuran.

4176509 20120511011653 Polisi Belanda, Paling Lunak Di DuniaWalaupun penggunaan kekerasan oleh anggota Polisi Belanda sangat minim, namun hal tersebut menjadikan Belanda negara paling aman, dengan tingkat kekerasan dan tindak kriminal di jalanan yang rendah. Polisi Belanda sangat ramah dan senang menolong, terlebih kepada warga negara asing. Apabila ada warga negara asing yang menghubungi polisi namun memiliki kendala bahasa, mereka akan membantu mencarikan seseorang yang dapat mengerti dan berbicara sesuai bahasa warga negara asing tersebut tanpa dikenakan biaya. Dalam kondisi darurat yang mengancam atau akan terjadi tindak kejahatan, Polisi Belanda mudah dihubungi melalui nomor telepon bebas pulsa 112. Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika tingkat kekerasan dan kejahatan kriminal di jalanan di Belanda sangat rendah, dan masyarakatnya benar-benar merasa dilindungi dan dilayani oleh polisi, yang memiliki moto dalam bertugas “selalu mengupayakan penyelesaian dengan berbicara”.

– ditulis oleh Abdillah Rifai

5 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

5 responses to “#505 Polisi Belanda, Paling Lunak di Dunia

  1. saya kira aparat kita perlu belajar ke polisi belanda… biar tidak ada pelanggan HAM lagi…

    • alhamdulillah masuk 30 besar,,semoga bisa menang ke Utrecht Summer School,,terima kasih saya ucapkan ke gmiranda, mia renauly, dan andika hendra mustaqim yang sudah memberikan komentar di tulisan saya, salam sukses🙂

  2. rivaski

    akhirnya tulisan saya ditampilkan di https://kompetiblog2012.wordpress.com,,terima kasih ya buat yang memberikan komentar,,salam sukses

  3. wooooaaah baru tahu sayaaa. wah pasti menyenangkan yah kalo nanya nanya ama polisi disana

  4. gmiranda

    nice info. terbukti bahwa masalah g perlu diselesaikan dengan kekerasan. kalo ada cara yang lebih sopan,bersahabat, dan mengedepankan perdamaian, kenapa harus repot2 pake kekerasan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s