#508 Dutch Design yang Inovatif

Produk desain Belanda dikenal dengan karekteristik yang sederhana namun fungsional. Bentuk minimalis dan inovatif yang melekat pada produk desain Belanda menjadi populer dan dikenal secara luas sebagai ‘Dutch Design’. Lalu sebenarnya apa konsep di balik Dutch Design ini?

Belanda, negara yang terkenal dengan ikon inovatifnya, kincir angin, tumbuh menjadi negara maju di kawasan Eropa bahkan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Namun, warna ciri khasnya oranye, yang merupakan warna favorit saya lah yang membuat saya tertarik pada negara yang menduduki peringkat ke-16 ekonomi dunia itu. Tercatat salah satu sektor unggulan Belanda adalah industri kreatif berupa produk dan jasa, yang tentunya tidak lepas dari Dutch Design itu sendiri. Setidaknya ada beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan Dutch Design.

Lingkungan

Belanda boleh jadi negara kecil, namun sukses menjelma bak raksasa yang inovatif. Mengutip ungkapan terkenal Johan Cruyff, seorang pesepak bola asal Belanda, “Ieder nadeel heb z’n voordell” yang kira-kira berarti tiap kekurangan memiliki faedahnya sendiri. Meskipun berada di bawah permukaan laut, Belanda mampu membangun negaranya sendiri dan dikenal menguasai teknologi air. Kondisi lingkungan ini lah yang sedikit banyak mempengaruhi perkembangan produk desain Belanda.

Akses Pendidikan & Dukungan Pemerintah

Belanda telah menawarkan sistem pendidikan unggulan di dunia. Pada bidang desain, banyak program studi yang diakui, sebut saja akademi desain di Eindhoven yang meluluskan desainer-desainer handal. Pemerintah Belanda juga ikut berkontribusi dalam mendukung Dutch Design ini misalnya melalui kebijakan dan sokongan dana.

Gelaran tingkat dunia

Desain Belanda dikenal luas melalui pameran tingkat dunia. Salah satu gelaran yang terkenal ialah Dutch Design Week (DDW) yang pada awalnya dikenal sebagai De Dag van het Ontwerp, merupakan gelaran desain terbesar di Belanda dan sudah diakui secara internasional atas desainnya yang inovatif. Hal yang patut kita contoh terutama dari para desainer Belanda adalah mampu menggunakan material yang nampaknya tidak bermanfaat dan mengolahnya sehingga memiliki nilai tambah baru.

– ditulis oleh Adi Darliansyah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s