#512 Dari Naga Bawah Laut hingga Angsa Cantik

Ketika mengikuti kuliah ekskursi ke salah satu galangan kapal jakarta minggu lalu,pada sesi diskusi, Saya bertanya kepada direktur salah satu galangan terbesar di indonesia tersebut“ pak, apa yang dibutuhkan indonesia untuk menjadikan industri perkapalannya lebih berkembang?
beliau menjawab “ indonesia masih minim sdm, baik sebagai engineer , designer , hingga keterbatasan kreatifitas SDM dalam mengelola teknologi, sehingga industri perkapalan kita masih “jalan di tempat“

Hm. Saya pun berpikir. Setuju ! yah ,indonesia masih kurang sdm ahli dan belum berkreasi dalam pengelolaan teknologi. mungkin Kita bisa belajar dari negara lain, salah satunya adalah belanda, negara penuh semangat ini sudah maju dan memberikan kontribusi dalam teknologi perkapalan dunia.dalam sejarah perkembangannya ,belanda menjadi salah satu pusat ilmu teknologi perkapalan tertua di dunia.

Kenal si drebel ? si pencetuskan ide pembuatan kapal selam pada tahun 1600an yang berasal dari belanda. hanya perahu dayung yang dilapisi oleh kulit tahan air dan di gerakan dengan tenaga manusia dengan pipa katup untuk memasukkan udara bersih ke kabin dan mengeluarkan udara kotor..Yah, Walau bentuknya sederhana, inspirasi ide kreatifnya sangat luar biasa

 Cornelius van Drebb

Today ?

Beranjak dari ide drebel, industri “naga bawah laut” semakin berkembang di belanda. Ukuran pun di perbesar . struktur nya diperkuat material logam komposit yang lebih tahan korosi .penggunaan kompresor untuk mengaturan tekanan udara sehingga kapal dapat mengapung dan tenggelam dengan baik.

kepakan sayap belanda tak hanya kapal selam saja tentunya, geomorfologi yang tak lepas dari air menghentak mereka untuk terus berinovasi dan memanfaatkan keadaan alamnya sebagai ladang kreatifitas teknologi

giethoor
Lihat saja, Giethoorn, sebuah desa di Belanda . yang menarik adalah jalanan dari desa ini berupa kanal bercabang sepanjang 7.5 KM yang membentuk sungai kecil sehingga tak ada kendaraan darat di desa ini, melainkan whisperboat (kapal bisikan ),
dengan menggunakan teknologi motor listrik, kapal ini tidak bising dan pelan seperti berbisik , layaknya angsa cantik yang membelah jalan air dengan tenang sehingga tidak menggangu ketenangan di desa tersebut sekaligus tetap menjaga desa dari polusi udara tentunya. Sungguh ini kreatifitas yang sangat bermanfaat! kapal berbisik ini juga meinspirasi bert hanstaraa untuk menjadikan tempat lokasi filmnya. lihat giethoorn dalam film fanfare .

Kreatifitasnya tak hanya dirasakan oleh masyarakatnya namun mampu menginspirasi bangsa lain untuk ikut berinovasi .
keterbatasan tak menghambat belanda untuk berkarya dan maju di industri kapal, Royal Netherlands Navy, salah satu perusahaan kapal terbesar milik belanda yang telah memproduksi beragam jenis kapal di dunia dari boat boat cantik, kapal perang ,kapal induk hingga kapal selam tentunya. Semua hasil kerja keras masyrakat belanda yang tak henti berkreasi dalam teknologi perkapalanya. Hal ini akan menjadi tamparan bagi bangsa lain untuk tak berhenti berkarya dalam keterbatasan yang ada.

sebagai mahasiswa arsitektur kapal dan teknik kelautan, banyak hal yang ingin saya pelajari dari negeri penuh inspirasi tersebut, dari ilmu teknologi perkapalannya, semangat, hingga kreatifitasnya .dengan berusaha belajar dengan baik dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, suatu saat saya ingin dapat ikut memajukan teknologi perkapalan Indonesia, setidaknya sejajar dengan belanda. tidak ada yang tidak mungkin,asalkan kita mau, bersemangatlah !

– ditulis oleh Fajri Hidayat

75 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

75 responses to “#512 Dari Naga Bawah Laut hingga Angsa Cantik

  1. keren jri, semangat nulisnya😀

  2. yopik indra

    Kini saat ini Indonesia perlu generasi penurus untuk merubah kiblat dunia kemaritiman Indonesia menjadi lebih agresif, innovatif

  3. gisa

    keren keren dan superrr sekalee 1
    inspirasional bangaet

  4. adelesya

    nice info semoga jadi penyemangat !

  5. moone

    energi positif yang ditimbulkan oleh belanda dapat menginspirasi kita sema untuk tetap berkarya. kita yakin bahwasanya kita bisa. apalagi dalam industri kapal dunia. kita setidaknya sudah sekakar dengan belanda. tidak ada alasan untuk tidak maju dan memberikan kontribusi pada dunia.
    lihar lah belanda ambil sisi positifnya !

  6. dini

    mental juara !

  7. fajree

    semoga tulisan yang dibuat ini dapat menginspirasi. bahwasanya tak ada keterlambatan untuk maju walau dalam keadaan apapun. semoga energi positif belanda bisa tertular ke semuanya !

  8. dini

    perkapalan harus bangkit!

  9. vindo

    mantap ! ide nya bagus ! penuh inspirasi sekali.
    tetap berkarya !

  10. disha

    maju terus perkapalan indonesia ! cari ilmu sebanyak banyak ya!
    danjangan pernah puas ! indonesia butuh kalian!

    • fajree

      yah, tentu tak mudah. masih banyak aspek aspek lain yang berpengaruh terhadap hal ini. seperti kebijakan pemerintah, teknologi yang ada. walaupun tidak berpengaruh banyak, setidaknya bisa ikut berpartisipasi untuk memajukan.

  11. dini

    kita pasti bisa . tak ada yang tak mungkin apalagi untuk negara kemaritim indonesia! mantaab ! ayo para arsitek muda indonesia ! masa depan industri maritim ada di tangan kalian !

  12. Kim Daemin

    바구스, 인도네시아의 큰 별이 되길

  13. dini

    artikel yang bagus. semangat menulis !

  14. moone

    inspirational paper !
    good job !

  15. maha

    super keren sekali

  16. rey

    kereen banget ! semgat untuk jadi harus jadi no 1 dalam bidang perkapalan karena kita negara maritim ! di laut kita jaya ! masa depan maritim negeri ini ada di genggaman kita !
    inspirasional sekali ! gak ada obat nya nih🙂

  17. Yopik Indra

    Nice paper

  18. Yopik Indra

    Kini saat ini Indonesia perlu generasi penurus untuk merubah kiblat dunia kemaritiman Indonesia menjadi lebih agresif, innovatif dan berkualitas

  19. fatmaa

    keren beet judulnya unik🙂

  20. fatmaa

    nice info gan ! mantap !

  21. ani novia

    menginspirasi ceritanya ji….sebagai mahasiswa yg tentunya calon engineer kapal, harus bisa memulai untuk perubahan yg lbh baik demi dunia perkapalan indonesia🙂

  22. moone

    Amazing! wonderfull! Spectakuler!
    belanda emang gilaaa ! kerennn ! thx infonya.pembakar semnagt sekali !

  23. fajri keren banget… good writting bro🙂

  24. moone

    muantap. jaya terus ayo rancang kapal terkeren di dunia! semangat arsitek kapal indonesia !

  25. disha

    go go fajri go go fajri go !

  26. meo

    tak ada alasan untuk tidak maju dalam bidang perkapalan ! kita sudah bisa bikin tanker, ayo jangan mau kalah tentunya !

  27. meo

    kereeeen bgt !ayo ayo yang mau jadi arsitek kapal, !

  28. emoon

    gue pikir tentangbinatanng apaan dah..
    mantaba bro..
    lanjut

  29. emoon

    judulnya begitu menggoda.
    artikel yang unik🙂

  30. emoon

    wah judulnya begitu menggoda🙂
    mantap artikelnya juga bagus..
    nice writing !

  31. tia

    wah jadi pengen ke belanda🙂

  32. Ricky

    Mantap, keren abiss jri
    Wajib bidang ini dimajuin di Indonesia, semoga aja perkembangannya makin pesat

  33. saatnya kita kembalikan kejayaan maritim indonesia ……

    • fajree

      tetap semangat membangun peradaban indonesia ini, terutama dalam bidang kemaritiman!
      tetap semangat ! ambil energi positif belanda!

  34. super like thiss ! sumpah kereen a
    🙂

  35. Setuju..
    Wah, Indonesia emg hrs bljr banyak bgtt dr Belanda ya, termasuk di bidang perkapalan.

    Nice writing.

  36. Lemington

    mantap, smoga artikel ini mampu menyadarkan bangsa Indonesia utk lebih fokus pd kemajuan maritimnya. Kita bangkitkan lagi kejayaan maritim Indonesia !!!!!!

  37. sipp, mantap yaa. ayo maju maritim indonesia !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s