#514 Negeri Beribu Prestasi, Dutch

Ada tiga hal yang bisa saya cermati dan menarik fikiran saya soal “dutch” atau orang Indonesia bilang belanda, yaitu soal pendidikan nya, kualitas hidup masyarakatnya dan juga soal sepakbolanya.
Sangat menarik memang membahas 3 hal diatas, setidaknya bagi saya pribadi. Okeh, mari kita kupas satu per satu mengapa saya tertarik dengan Belanda.

Terkait masalah pendidikan Belanda boleh dibilang ahlinya di bagian ini, menurut data terbaru Belanda berada di urutan ke 3 negara dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012. Dan selanjutnya Belanda juga mempunya 5 universitas riset yang masuk dalam 100 universitas riset terbaik yang dikeluarkan oleh Times Higher Education. Dan peringkat ini dikeluarkan berdasarkan hasil analisa dari 31.000 akademisi dari 149 negara di dunia.

Masih mengenai pendidikan, pasti udah pada tau dong dengan sistem pendidikan yang namanya PBL ( Program Based Learning), sebuah program dengan metode pembelajaran student sebagai center dari aktivitas belajar. Dalam kegiatan belajar dengan sistem ini student dituntut lebih aktif dalam mencari ilmu sedangkan si pengajar hanya mengamati dan meluruskan hal-hal yang kurang sesuai. Saking populer nya sistem ini maka pemerintah Indonesia pun mengadopsi sistem pendidikan ini, di setiap instusi pendidikan tinggi khususnya bidang kesehatan program ini sudah berjalan dengan sangat baik (penulis adalah mahasiswa kesehatan).

Berbicara kualitas hidup nampaknya Belanda salah satu jagoannya, berdasarkan rilis terbaru Belanda menduduki peringkat ke 4 setelah Denmark (urut 1) , Finlandia dan Norwegia berdasarkan hasil riset dari PBB yang bertajuk “ World Happienes Report”. Kebebasan berpolitik, jejaring sosial yang kuat dan ketiadaan korupsi menjadi faktor penting yang membuat masyarakat Belanda hidup tentram. Di tingkatan individu faktor-faktor seperti kesehatan, mental dan fisik yang stabil serta job secuirity dan keluarga yang stabil semakin menguatkan bahwa Belanda itu negara yang bahagia.

Selain itu ibukota negara ini yaitu Amsterdam termasuk 25 besar kota dengan kulaitas hidup terbaik di dunia (posisi 12) dengan faktor-faktor seperti:
1. Situasi politik dan lingkungan sosial (stabilitas politik, tingkat kejahatan, penegakan hukum, dll)
2. Keadaan ekonomi (peraturan nilai tukar mata uang, pelayanan perbankan, dll)
3. Lingkungan sosial-budaya (praktek penyensoran, pembatasan kebebasan pribadi, dll)
4. Kesehatan dan sanitasi (pelayanan kesehatan, penyakit menular, pembuangan limbah, polusi udara, dll)
5. Sekolah dan pendidikan (standar dan ketersediaan program internasional, dll)
6. Pelayanan publik dan transportasi (listik, air, transportasi umum, kepadatan lalu lintas, dll)
7. Rekreasi (restoran, teater, bioskop, olahraga, dll)
8. Barang konsumsi (ketersediaan makanan/barang-barang konsumsi sehari-hari, mobil, dll)
9. Perumahan (perumahan, peralatan rumah, furnitur, pelayanan perbaikan, dll)
10. Lingkungan alam (iklim, bencana alam)

Dan yang terkahir adalah urusan sepakbola, walaupun belum pernah meraih gelar juara dunia namun timnas Belanda selalu kompetitif di tiap kejuaraan dunia maupun eropa. Dijuluki sebagai “raja tanpa mahkota” karena selalu nyaris juara di tiap turnamen yang diikutinya. Namun jangan ragukan kreatifitas seniman bola dari negeri ini. Kita pasti kenal Van basten, Rudd Gullit, Johan Cryuff dan sekarang Van Persie dan juga Scheineder.
Dari gambaran diatas jelaslah bahwa Dutch merupakan negeri segudang prestasi, baik dari kehidupan, sektor pendidikan, olahraga dll. Maju terus Belanda, mudah2an bisa menginjakkan kaki disana.

– ditulis oleh Arief Z. Siregar

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s