#477 Menjelajah Seantero Belanda di Madurodam

Belanda terkenal dengan beragam icon, baik gedung – gedung bersejarah, bunga tulip, kincir angin, bahkan dikenal pula sebagai Negara dengan daratan di bawah permukaan laut. Tapi bagaimana bila semua hal hal menarik dari seantero Negara kincir angin ini dipadukan dalam sebuah lokasi?. Mungkin dapat kita bayangkan menjelajah Belanda hanya dalam hitungan detik. Hal semacam ini disediakan di Madurodam.

Madurodam adalah sebuah kota miniatur yang terletak di Scheveningen, Den Haag, Belanda. Kota ini adalah model dari sebuah kota Belanda dalam skala 1:25, terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks seperti yang ditemukan di berbagai lokasi di negara tersebut. Tempat kunjungan wisata ini dibangun pada 1952 dan telah dikunjungi oleh puluhan juta orang sejak saat itu. Konon, Kota ini dinamai menurut George Maduro, seorang pelajar dari Curaçao yang meninggal di kamp konsentrasi Dachau pada perang Dunia II. Orangtuanya menyumbangkan uang untuk memulai proyek Madurodam, demi mengenang sang anak.

Madurodam resmi dibuka pada 2 Juli 1952. Dan uniknya Madurodam ini memiliki walikota. saat diresmikan. Putri Beatrix yang masih belia ditunjuk menjadi walikota Madurodam pertama. Namun .Ketika Ia menjadi ratu Belanda, ia turun jabatan. Dan kini walikota Madurodam dipilih oleh sebuah lembaga pemuda di kota itu yang terdiri dari 25 siswa-siswi dari daerah tersebut.
Dalam Madurodam terlihat miniatur yang sangat akurat dari bangunan bersejarah dan tempat-tempat menarik di sekitar Belanda. semuanya diatur dengan menarik dan terletak di atas lahan seluas 18.000 meter 2. Malam hari di Madurodam akan menjadi atraksi menarik, dimana 50.000 lampu menerangi seluruh Madurodam.

Madurodam memiliki empat zona, yang kurang lebih mewakili kondisi Belanda.
– Zona pusat berisikan berbagai miniatur bangunan yang terkenal di seantero negeri Belanda, seperti katedral, museum, kampus, apartemen, istana, balai kota, pasar keju, kanal dan bangunan antik lainnya.
– Zona tempat hiburan diisi miniatur Efteling, semacam Dufan di Jakarta dan miniatur kebun binatang Blijdorp.
– Zona pertanian, area yang semula terendam air lalu ditimbun (polder). Di sini terdapat windmolen mini, area pertanian, peternakan. zona tempat hiburan.
– Zona industri dan pelabuhan, berisikan miniatur model jalan raya yang dipenuhi dengan 4.542 miniatur mobil, rel kereta api dan 13 miniatur kereta api serta 5 trem, lengkap dengan miniatur stasiun. Miniatur laut dan pelabuhan laut dilengkapi dengan 40 miniatur kapal lalut berbagai jenis seperti tanker, kapal barang, dll. Juga terdapat miniatur bandara Schiphol dilengkapi model 15 pesawat terbang. Di zona ini juga terdapat berbagai miniatur pabrik.

Di setiap bangunan mini yang berjumlah 1.100 model dilengkapi dengan 5.236 pohon mini, serta 66.000 model manusia mini, jadi replika atau diorama dari kondisi asli lingkungan sebenarnya. Setiap model bangunan, baik yang antik maupun baru, dibuat lengkap dengan detilnya dengan persis. Untuk pengunjung disediakan jalan setapak mengelilingi setiap komplek miniatur.

Sebagian besar bangunan miniatur dibuat dari bahan sintetis, kecuali kawasan hijau dengan pepohonan dan semak-semak yang berasal dari tanaman asli. Tanaman itu mendapat perawatan khusus untuk mempertahankan bentuk dan ukurannya. Secara berkala seluruh tanaman itu dipotong supaya tingginya tidak lebih dari 60 sentimeter. Sebanyak 35 orang dipekerjakan untuk merawat tanaman dan bangunan miniatur di Madurodam.

Untuk beberapa koleksi bangunan miniatur, pengunjung dapat melihat orang-orangan atau kendaraan itu bergerak dan mengeluarkan bunyi atau lagu yang biasa terdengar di tempat aslinya, dengan memasukkan koin logam 10 sen euro.Tidak hanya miniatur bangunan klasik, kompleks miniatur Madurodam ini juga memiliki koleksi bangunan-bangunan modern, seperti kompleks perumahan modern di Harleem, Stasiun KA Blaak di Rotterdam, kantor pusat Unilever di Rotterdam, hingga Bandara Schiphol di Amsterdam. Boleh dibilang, dengan datang ke Madurodam seolah kita telah ”berkeliling” ke seluruh Belanda.

Hal ini menunjukan betapa kreatifnya orang Belanda dengan menyujuhkan atraksi seperti demikian. Dengan hal ini, banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk menikmati keindahan Negara kincir angin tersebut. Entah datang dari mana ide tersebut, yang pasti dengan adanya Madurodam, para wisatawan dapat menikmati keindahan Belanda dalam satu paket, murah, serta menarik.

– ditulis oleh Enos Rudy Jovan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s