#534 PAL-V One Si Mobil Terbang

Kemajuan peradaban kehidupan manusia terus berkembang dari waktu ke waktu. Berbagai macam teknologi-teknologi dan inovasi-inovasi terbaru muncul diberbagai belahan dunia, dan salah satunya adalah di negera yang dijuluki negeri kincir angin.

Baru-baru ini perusahaan PAL-V Belanda melakukan pengujian penerbangan terhadap mobil yang diberi nama PAL-V one. Mobil terbang buatan perusahaan PAL-V ini didesain menyerupai sebuah helicopter. Mobil ini diklaim bisa digunakan untuk perjalanan darat maupun terbang seperti burung di udara.
“Kami sangat bangga mengumumkan penerbangan perdananya sukses dan sekarang kita mengundang investor untuk menciptakan masa depan bersama kami,” kata Robert Dingemanse CEO dan pendiri PAL-V (*dikutip dari majalah GATRA edisi 19-25 april 2012)

 Mode Terbang

Mobil ini agak berbeda dibandingkan dengan mobil pada umumnya yang sering kita jumpai. Mobil berdimensi 4mx1.6mx6m dilengkapi dengan baling-baling di atasnya dan sebuah rotor dibagian belakang yang berfungsi saat mobil dalam mode terbang. Meski menggunakan 3 buah roda, PAL-V one tampil dengan gaya sporty dan elegan. Dengan ukurannya yang relatif mungil dan hanya memiliki kapasitas untuk 2 orang, PAL-V one mampu melaju dan bergerak dengan lincah di jalan raya, layaknya sepeda motor. Untuk spesifikasinya, berdasarkan yang saya kutip dari situs resminya di pal-v.com, kendaraan ini dapat melaju didarat dan terbang melayang di udara dengan kecepatan maksimal 180 km/jam dengan konsumsi bahan bakarnya 12km/l ketika melaju didarat dan 36l/jam, cukup hemat bukan. Untuk jenis bahan bakar yang digunakan pihak PAL-V sedang mengembangkan untuk menggunakan biodiesel. Dalam mode terbang PAL-V one dapat menempuh jarak 350-500km tergantung dari tipenya.

Mobil ini mampu lepas landas dan mendarat dalam waktu yang singkat, sehingga sangat mungkin untuk mendarat di mana saja, selama lokasinya memungkinan untuk dilakukan pendaratan. Perubahan bentk dari mode terbang ke bentuk automobil sangat mudah hanya memakan waktu 10 menit dan baling-baling dengan otomastis akan melipat sendiri.

Bagi kita yang sangat menghargai waktu dan senang akan kebebasan, PAL-V one bisa dijadikan pilihan tepat untuk sebuah kendaraan pribadi. Dengan PAL-V one tidak ada lagi kemacetan yang biasa kita jumpai di jalan protokol, dan dengan PAL-V one kita bisa menikmati pemandangan-pemandangan yang indah dari udara layaknya burung yang terbang di udara.

– ditulis oleh Heru Sutanto

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s