#539 Belanda, Negeri “Khayalan”

Negara yang biasa di kenal sebagai negeri orange dan juga negeri kincir angin, ternyata menyimpan sejuta khayalan. Khayalan yang menurut orang awam tidak mungkin bisa diwujudkan tetapi orang belanda bisa membuktikannya, orang belanda yang selalu berfikir kreatif, inovatif dan cerdas sehingga bisa mewujudkan apa yang ia khayalkan, banyak contoh khayalan orang belanda yang kini menjadi kenyataan, inovasi-inovasi bermunculan dalam mengimplementasikan khayalannya. Misalnya karya ilmuan belanda yang menciptakan mobil terbang, bermula dari sebuah khayalan. Ilmuan belanda mampu merealisasikannya. Terbukti dengan inovasi terbarunya di bidang otomotif yang luar biasa ilmuan belanda mampu menciptakan mobil terbang dibantu oleh puluhan kreator otomotif dalam pembuatannya. Yang masih hangat adalah ilmuan belanda Profesor Mark van Loosdrecht, yang memiliki spesialisasi penelitian di bidang mikrobiologi dan bioteknologi menemukan inovasi baru tentang menghilangkan nitrogen pada air limbah, Proses ini disebut Annamox. Atas inovasi ini Profesor Mark van Loosdrecht memenangkan Lee Kuan Yew Water Prize tahun ini, sebuah kompetisi bergengsi bidang penelitian Dunia Air. Metode Annamox ciptaan Prof van Loosdrecht tidak hanya hemat biaya, namun juga dapat mengurangi konsumsi energi, penggunaan bahan kimia dan emisi karbon secara keseluruhan dari proses pengolahan air limbah. Hal yang mengejutkan didunia teknologi selain mobil terbang dan penemuan metode Annamox, para ahli riset belanda menemukan inovasi di bidang energi yang dapat diperbaharui yaitu menemukan metode produksi energi inovatif yang di beri nama “Vibration Energy” yang berfungsi sebagai sumber energi lokal yang efektif.

Belanda yang sejak dulu telah memberikan kontribusi nyata pada dunia dalam hal teknologi dan industry kreatif. Beberapa tahun ini kita sudah tidak asing lagi mendengar kata industry kreatif. Industri kreatif akan membangun prekonomian yang kreatif pula, belanda negeri sejuta khayalan, dari khayalan itulah belanda dikenal sebagai negeri yang kreatif dibidang industri.

Industri kreatif Belanda terdiri dari desain, arsitektur, fashion, tari, format TV, computer games, otomotif, teknologi, dll. Industri ini lah yang memberikan gambaran secara umum tentang negeri Belanda. Bermodal budaya yang beraneka ragam dan memiliki kekhasan sendiri. Industri kreatif memang mencerminkan tentang apa yang khas dari suatu negara tersebut, yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Selain itu kontribusi belanda Khususnya di Indonesia sangat unik dan kreatif, banyak pengaruh dan peninggalan belanda yang masih berdiri kokoh di Indonesia. Bangunan-bangunan tua yang khas peninggalan belanda menjadi saksi bahwa belanda mempunyai pengaruh yang besar dalam pembangunan di Indonesia, hal ini membuktikan bahawa belanda mempunyai inovasi, karya yang tidak diragukan lagi, hingga saat ini orang belanda terus berkarya dan berinovasi baik dalam hal teknologi maupun industri kreatif.

– ditulis oleh Asep Sahrul

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s