#544 Nutrisi Penting Setiap Insan di Negeri Belanda

 The Netherlands adalah negara yang memiliki luas dataran 41.528 km2, dan seperempat dari datarannya berada dibawah permukaan laut. Meski begitu, predikat The 7th World’s Best Country in overall categories tetap dapat disandang negeri bunga tulip ini. Satu yang menuntun mereka kedalam predikat tersebut: kreativitas yang tak berujung.

 

Creativity is allowing yourself to make mistakes. Art is knowing which one to keep.” Scott Adams

Itulah sejumput gambaran tentang apa itu kreativitas. Peserta didik di negeri ini dibesarkan di lingkungan yang menuntut mereka untuk selalu haus akan ilmu pengetahuan dan berinovasi secara kreatif. Bukan paksaan, melainkan hati kecil yang menuntut “nutrisi penting” sehari-harinya: keinginan untuk terus berkreasi.

Untuk mencapai masa jayanya, institusi pendidikan di negeri ini mati-matian diperjuangkan dengan menyuguhkan berbagai keunggulan yang mempesona. Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan oleh 95% perguruan tinggi di negeri ini, sehingga para mahasiswa bebas beraspirasi dan menjalin kerjasama positif agar terus berkembang potensi dirinya. Institusi Pendidikan Tinggi Belanda menawarkan 1560 program belajar internasional, dan 1543 disampaikan dalam bahasa Inggris. Mahasiswa baru tidak perlu takut untuk menjadi “spanning”, karena pemerintah Belanda menyelenggarakan programpropedeuse. Disini, mereka diberikan kebebasan mutlak untuk menentukan program studi yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Nutrisi ini sendiri penting untuk menunjang masa belajar juga dalam dunia kerja. Untuk mencapai prestasi yang berkualitas, mahasiswa perlu berkreasi sekreatif mungkin, menorehkan ambisi positif mereka dalam karya-karya nyata serta buah pikiran sehingga mampu mengantongi berbagai penghargaan. Tak sekedar mampu bersaing, tetapi juga mampu membuka diri untuk bekerja sama dengan mahasiswa internasional lainnya. Begitupun dalam dunia kerja yang saat ini bagai ranting pohon zaitun, begitu rumit dan persainganpun sangat ketat. Seperti kata Darwin, yang tidak mampu beradaptasi, akan terseleksi sebagaimana hukum alam berlaku. Hal tesebut sangat sepadan jika kita melirik dunia persaingan kerja yang begitu kompetitif.

Pendidikan di Belanda dapat menstimulasi munculnya kreativitas di kalangan mahasiswa. Sistem pengajaran di Belanda sangat interaktif dan fokus pada peserta didik, memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas di bidangnya. Di dalam kelas, mahasiswa dipersilahkan untuk mengungkapkan pendapatnya atau memberikan pertanyaan tanpa perlu basa-basi. Tidak perlu takut, karena hal tersebut merupakan proses dari pada perkembangan mental kreativitas dari mahasiswa itu sendiri. Pendidik/dosen di Belanda juga memiliki kualitas yang berbobot, sebagian besar dari mereka sudah memilikititle Profesor Doctor yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan peserta didik yang kompeten.

Belajar dari negara-negara penerap Problem Based Learning yang telah menjulang tinggi, Belanda pun menerapkannya. Untuk mengoptimalkan nutrisiyang ada, dengan melatih mahasiswa untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah secara mandiri, mempelajari bagaimana menemukan solusi yang kreatif, mengembangkan pikiran secara bebas, dan tentu saja saling berbagi pengetahuan dengan rekan.

Lebih dari 50 tahun, Belanda menawarkan pendidikan tinggi yang disebutInternational Education (IE). Menyediakan beberapa program yang sudah melecit jauh diambang batas: pertanian, menegemen, astronomi, kesehatan, seni, dan teknik mesin. Belanda menggunakan senjata tersebut sehingga dapat menyabet penghargaan The 10th World’s Best Country in the category of education. Sungguh hal yang menakjubkan.

Kreativitaslah dan sistem open mind-nya lah yang menjadikan Belanda dapat berkembang dengan pesat. Tentu hal tersebut dapat menjadi teladan bagi hidup kita.

– ditulis oleh Rossa Adrianti

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#544 Nutrisi Penting Setiap Insan di Negeri Belanda

  1. Dank U wel, Mr. B.A. Dekker.

  2. Drs B.A. Dekker

    A good discussion of the interaction between creativity, open-mindedness and interaction in education!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s