#545 Wira-wiri di Negeri Kincir Angin

The Netherlands, negara ini menyediakan pendidikan yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk menambah pemasukan negara. Tak lain lagi adalah bidang service, tourism, and leisure. Misalnya saja,  di Universitas Riset, disediakan program master, sedangkan di Universitas of Applied Sciences (Hogeschool) disediakan program bachelor. Masing-masing lulusannya akan dididik secara kreatif bagaimana caranya peserta didiknya dapat mengembangkan sektor pariwisata di Holland ini menjadi lebih menarik bagi para wisatawan. So, kita intip yuk, apa sih fasilitas pariwisata unik karya mereka? Let’s check it out!

Kita terbang ke Amsterdam dulu ya. Amsterdam punya segudang fasilitas untuk ditawarkan. Cara terbaik untuk menelusuri indahnya kota Amsterdam adalah melalui transportasi air. Nah, timbullah gagasan untuk berimajinasi dari masyarakat Belanda. Mengapa tidak menggabungkan canalAmsterdam dan kebiasaan bersepeda yang terkenal itu? Waterfietsen(sepeda air) akan mengantar wisatawan untuk menikmati panorama Amsterdam yang menawan. Wisatawan dapat menyewanya di Canal Companydekat dengan Central Station dan bersebrangan dengan Anne Frank House.

Image

Selanjutnya ke Den Haag yuk. Rumah-rumah grachten (kanal-kanal), ladang bunga tulip, windmolens (kincir angin)toko keju, Delta Works, itu semua akan dicakup di Miniatuurpark Madurodam. Wisatawan juga akan mendapatkan pengetahuan sejarah melalui multimedia dan cerita dibalik bangunan yang mini tersebut. Madurodam dibagi menjadi tiga area: Pusat Kota, Dunia Air, dan Innovation Island. Di Pusat Kota, wisatawan dapat mendapati bangunan yang menakjubkan, juga hamparan asli kota-kota tua Belanda. Sedangkan Dunia Air menyuguhkan cerita tentang ‘water as friend and foe’, dan Innovation Island mengulas tentang Belanda sebagai sumber inspirasi dunia (di bidang arsitek, olahraga, hiburan, inovasi, dan desain).

Image

Anda suka petualangan? Kota Maastricht akan menjawabnya denganCaves of Sint-Pietersberg-nya. Pertambangan di gua-gua Sint-Pieter telah menghasilkan pembentukan labirin lebih dari 20.000 terowongan. Wow! Darimana mereka mendapatkan ide untuk mengubah terowongan tambang, hanya dengan modifikasi sedemikian rupa, menjadi tempat wisata yang mengagumkan? Dindingnya juga terukir berbagai tulisan dan sketsa dari seniman, yang diantaranya sudah berusia cukup tua.

Image

Mau yang lebih kreatif lagi? Yap! Kubuswoningen atau Cube Houses, adalah seperangkat rumah inovatif yang dibangun di Rotterdam danHelmond, Belanda. Rumah ini sendiri dirancang oleh arsitek Piet Blom, berdasarkan pada konsep ‘living as an urban roof’: rumah dengan muatan banyak yang bertumpu pada atap, dan hanya perlu sedikit area di dasar bangunannya. Sebagian pengunjung yang lewat dibuat penasaran oleh rumah ini, oleh karena itu sang pemilik rumah mengadakan ‘show cube’, agar wisatawan bisa melihat keadaan rumah kubus ini dari sisi bagian dalam.

Image

Nah yang satu ini, saya akan membahas betapa cerdiknya Belanda memanfaatkan air yang banyak menggenangi daratan yang ada, dan disulapnya air yang tak bernilai tersebut menjadi desa terapung yang merupakan desa pariwisata sekaligus tempat tinggal sebagian penduduk. Namanya Giethoorn, terletak di provinsi Overijssel, kotamadyaSteenwijkerland, Belanda. Tidak ada jalan di desa ini, satu-satunya akses jika ingin kesana adalah menggunakan perahu dari kanal-kanal yang ada. Desa ini selalu mengajak pengunjungnya untuk bernostalgia menuju abad ke-18, sehingga menarik hati banyak wisatawan.

Image

Sungguh kreatif bukan usaha Belanda untuk meningkatkan pendapatan negaranya melalu sektor pariwisata? Ya, kreativitas harus ditanamkan sedini mungkin sejak anak masih duduk di bangku sekolah.

– ditulis oleh Rossa Adrianti

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s