#548 Kreatif + Inovasi = Bahagia?

Jika kita mengelompokan manusia berdasarkan negaranya, negara manakah yang kita pilih sebagai negara paling kreatif? kebanyakan dari kita akan menjawab Jepang atau Amerika. Benarkah itu? Orang-orang yang kreatif akan menghasilkan berbagai inovasi untuk memudahkan hidupnya, tetapi kita sering kali melupakan satu hal, apakah kreatif yang menghasilkan berbagai inovasi itu akan membuat kita bahagia? Menurut Saya, jika kita harus memilih negara yang paling kreatif, sebaiknya jawaban kita memenuhi 3 kriteria tersebut, memilih negara yang banyak melakukan berbagai implementasi inovasi yang berasal dari pemikiran yang kreatif untuk memenuhi berbagai kebutuhannya terutama sosial dan semua hal itu membuat banyak orang di negaranya bahagia. Mengapa kebutuhan terutama adalah sosial? karena diantara semua kebutuhan, yang paling membuat kita bahagia adalah sosial. Menurut Sayekti Pujosuwarno (1994 : 49) keluarga bahagia adalah keluarga yang dapat terpenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan sosial psikologis. Anggap bahwa pengertian keluarga disini diluaskan menjadi suatu negara. Kreatif dan inovasi akan melengkapi serta memenuhi kebutuhan pokok, tetapi tidak akan lengkap tanpa adanya unsur sosial yang membuat suatu negara menjadi bahagia. Jika saya ditanya mengenai negara mana yang paling kreatif? Maka saya akan menjawab negara yang terletak di Eropa, tepatnya, Saya akan menjawab Belanda.

Mengapa Belanda ? Saya sangat kagum dengan kerajinan, semangat dan giatnya orang-orang belanda dalam mengatasi masalah bersama. Hal yang paling terlihat adalah usaha mereka untuk memperluas wilayah negaranya yang rata-rata berada 1 meter dibawah permukaan air laut, bahkan ada yang 7 meter dibawah permukaan air laut. Hal yang sangat sulit bahkan mungkin kebanyakan dari kita sudah menyerah jika dihadapkan dengan hal tersebut pada ratusan tahun yang lalu disaat teknologi belum memadai. Hal itu tidak berlaku untuk masyarakat Belanda, mereka berhasil memperluas wilayahnya dengan bantuan kincir angin untuk mengeringkan daratan. Saat ini wilayah negara Belanda yang berbatasan dengan air laut dibatasi dengan berbagai bendungan untuk manahan air laut. Hal itu membuat belanda lebih siap dalam menghadapi bencana yang berasal dari laut. Kabar akhir-akhir ini yang saya dengar, ada salah satu warga Belanda yang mempunyai gagasan untuk membuat kincir angin di hutan. Disebabkan pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi dengan tanah yang tidak banyak, mereka berfikir untuk memanfaatkan tata ruang yang ada. Keberadaan kincir angin di hutan sepertinya akan mengganggu keindahan alami dari hutan itu sendiri, tetapi adanya kincir angin tambahan akan memberikan peningkatan energi untuk keperluan negara itu sendiri. Hal ini merupakan bagian dari rencana penghematan pemerintahan Belanda di tahun 2012. Sebagai negara maju, Belanda memiliki pendapatan perkapita yang cukup tinggi , sekitar 30 ribu euro, tetapi mereka tetap melakukan penghematan dan mencoba untuk menghasilkan energi lebih besar dengan memanfaatkan segalanya yang mereka miliki.

Kreatifitas dan inovasi sudah , dimana letak kebahagiaan mereka ? Tanggal 2 April lalu, PBB telah membuat daftar negara-negara paling bahagia di dunia yang dilihat berdasarkan faktor-faktor sosial di negara tersebut. Belanda menempati urutan ke-4 didaftar tersebut setelah Denmark, Finlandia dan Norwegia. Peringkat Belanda dari daftar yang dibuat berdasarkan faktor sosial ini memberikan kesimpulan bagi pendapat saya mengenai negara yang kreatif dengan memenuhi unsur inovasi serta kebahagiaan sosial, yaitu Belanda.

– ditulis oleh Fitra T.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s