#551 Kreativitas yang Melahirkan Kampanye-kampanye Apik

Dewasa ini, peran Marketing Public Relation (MPR) semakin disadari kepentingannya dalam menjaga image dan branding. Dengan salah satu ‘alat’ andalannya yaitu kampanye, menjadi sarana utama pilihan dalam mengkomunikasikan pesan yang efektif kepada khalayak. Sehingga kini, cukup banyak kampanye yang dilancarkan mewakili masing-masing lembaga/brand dengan membawa pesannya tersendiri. War of Campaign is on the rise.

Dari berbagai kampanye yang ada, Belanda adalah negara dengan kampanye-kampanye yang out-of-the-box. Bermodalkan koneksi internet dan search engine andalan sejuta umat, Google, saya menemukan kampanye “I AMSTERDAM”. Nama yang langsung terasosiasi pada ibukota Belanda ini, membuat saya penasaran, apa sih I AMSTERDAM?

I AMSTERDAM rupanya sebuah ide brilian (lagi) dari the peoples of Dutch, kerjasama antara sektor pemerintah dan swasta untuk menonjolkan posisi Amsterdam sebagai ibukota Eropa yang menarik bagi tumbuhnya bisnis dan pariwisata. Apa yang menjadikannya brilian? Memberikan brand untuk sebuah kota. Ide tepat yang tak terpikirkan sebelumnya.

Orang-orang Belanda nampaknya paham betul bagaimana kekuatan sebuah brand dapat bekerja. Sebuah brand yang kuat, dapat menjadi pembeda yang jelas, bernilai, dan berkesinambungan yang menjadi tonggak daya saing juga sangat membantu strategi pemasaran. Langkah awal yang dimulai dengan membangun kesadaran akan the brand of the city, I AMSTERDAM.

Tidak hanya I AMSTERDAM, kampanye menarik lainnya dari negeri kincir angin ini adalah “Dutch Anti-Smoking Campaign”, sebuah kampanye anti rokok inovatif yang diselenggarakan oleh The Dutch Tobacco-Control Agency. Kampanye ini menggunakan rokok sebagai seni untuk bertanya: Apa saja yang sudah Anda korbankan untuk merokok?

Dalam poster digambarkan tumpukan dari sekitar tujuh ribu rokok yang kira-kira adalah konsumsi rokok selama setahun, disusun rapi membentuk piramida, sepeda motor dan lainnya. Tujuannya untuk memperlihatkan apa saja yang bisa didapatkan dari uang yang dihabiskan hanya untuk merokok.

 Piramida yang dibentuk dari tumpukan rokok

Dari dua kampanye di atas tercermin betapa Belanda adalah suatu negara dengan orang-orang dengan kreativitas yang tinggi. Bila kita tarik garis ke belakang untuk mencari tahu mengapa kreativitas seperti ‘menemukan rumahnya’ di Belanda, kita akan mendapat jawabannya.

Belanda adalah negara yang sangat terbuka terhadap pengaruh dari luar, dengan penduduknya yang sangat beragam dari berbagai bangsa. Juga tentunya, dengan jembatan penutur bahasa inggris yang melebihi 75%, memudahkan pertukaran informasi dengan pendatang ataupun turis. Tak heran, meskipun memiliki bahasa ibu tersendiri, Belanda tetap menjadi salah satu destinasi belajar favorite bagi pelajar asing, karena tidak perlu repot-repot menguasai bahasa Belanda untuk bisa menuntut ilmu di negeri tulip ini

Salah satu pelajar asing di Belanda, Dhaval Shah, mengatakan :
“Jika Anda mengikuti kuliah di Belanda, Anda akan terus-menerus didorong untuk berpartisipasi. Para dosen saya mengajukan pertanyaan yang tak ada habisnya, dan menantang saya untuk ikut dalam proses pemikiran. Hal ini memungkinkan Anda memberikan ide-ide baru dan banyak belajar dari teman-teman Anda.”

Begitulah sistem edukasi Belanda sebagai akar dari kreativitas orang-orang di dalamnya sebagai jawaban. Dipengaruhi oleh perbedaan, keterbukaan, dan partisipasi membuat ide-ide terus hidup subur dalam jalurnya. Merupakan rumah dengan atmosfer terbaik untuk kepala-kepala penuh inspirasi tanpa batas.

– ditulis oleh Desty Ferryan

6 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

6 responses to “#551 Kreativitas yang Melahirkan Kampanye-kampanye Apik

  1. Widya Shabrina

    Wow such a inspired article, campaignya keren2 banget. Sekarang ini peran PR emang penting dan dibutuhin bgt sama perusahaan untuk membangun citra mereka.

  2. Ayu Christrianti

    PR emang pekerjaan yang harus memikirkan ide yang out of the box dan langsung mempengaruhi. Salah satunya I AMSTERDAM. Itu kampanyenya keren. Semoga ajaa Indonesia bisa terinspirasi dengan kampanye yang dibuat Belanda

    Kereeeennn

  3. ayu

    Dengan peran PR yang sangat penting, salah satunya dalam membangun image positive (citra), kampanye seperti diatas dapat berjalan dengan baik, karena segala strategi dan taktiknya sangat dipikirkan dengan matang untuk mencapai suatu tujuan tersebut, artikel yang menarik🙂

  4. fajree

    tulisan yang bagus, dan meinspirasi
    hai, teman , salam kenal, mau berbagi tulisan nih saya juga peserta kompiti blog!
    suatu kebahagian bagi saya ketika orang lain dapat membaca tulisan saya dan bermanfaat tentunya.
    jadi selamat membaca !

    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/#comment-2308

  5. Campaign yang sangat menarik. Sederhana tapi langsung mengena. Contoh yang oke punya.

  6. Pritta Riandini

    Emang bener peran PR sekarang itu memang penting dan dengan kampanye yang sesuai dengan perusahan dapat membangun image yang bagus!

    Good article

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s