#552 Belanda Negara ‘Antidepresan’

 (picture from http://www.holland.com)

The Netherland terletak di Eropa bagian barat laut, dengan luas wilayah sebesar 41,526 km2. Bagi orang yang mempunyai hobby travelling, negara ini merupakan negara yang patut dimasukkan ke dalam daftar negara impian yang harus dikunjungi. Mereka mempunyai pemeliharaan warisan budaya yang kental, ketenangan alam, musium dan keindahan tempat wisata.

Mengunjungi Belanda sama halnya disuguhi ‘Antidepresan’. Pengertian antidepresan disini bukan merupakan obat penenang, melainkan suasana yang memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Aristoteles menyatakan bahwa happiness atau kebahagiaan berasal dari kata “happy” atau bahagia yang berarti feeling good, having fun, having a good time, atau sesuatu yang membuat pengalaman yang menyenangkan. Sedangkan orang yang bahagia menurut Aristoteles adalah orang yang mempunyai good birth, good health, good look, good luck, good reputation, good friends, good money and goodness. Berdasarkan, Gallup World Poll Survey, Belanda menduduki peringkat 4 dalam polling The World’s Happiest Country yang menggambarkan bahwa masyarakat Belanda mempunyai tingkat kesejahteraan tinggi, prospek kerja yang baik, kebersihan jalanan umum, kemudahan transportasi umum, rendah tingkat kriminalitas, dan hubungan interpersonal yang baik.

Penduduk Belanda diberikan sesuatu ‘antidepresan’ yang membuat dari keseluruhan hidup manusia disana menjadi lebih baik dan mencapai tingkat kemakmuran yang tinggi. Berlomba – lomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kemakmuran dimulai dari kualitas pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana masyarakat, teknologi, entrepreneurship dan lain – lain membuat negeri tersebut mendapatkan predikat sebagai negara the most competitive country in Europe menurut The Regional Competitive Index yang dipublikasi oleh The Joint Research Centre of the European Commission at the end of 2010.

Penciptaan ‘antidepresan’ tidak mampir begitu saja di Negeri bunga tulip itu, tetapi atas usahanya yang telah dilakukan dari sejak lama. Negara dengan nama asli Koninkrijk der Nederlanden atau (secara harfiah: kerajaan tanah-tanah rendah) pada abad ke-sembilan belas termasuk negara yang ‘lamban’ dalam proses industrialisasi jika dibandingkan oleh negara tetangganya, terutama karena ketergantungannya terhadap infrastruktur air dan kekuatan angin. Nyatanya, sampai sekarang Belanda berhasil melalui kehidupan dengan hampir separuh daerah yang mempunyai ketinggian kurang 1 meter. Dikarenakan masalah geografis itulah, pada abad ke-tigabelas, Belanda menciptakan 10.000 kincir angin yang berfungsi mendorong air supaya terbentuk daratan baru.

Dari keterbatasan itu, bermunculan kreativitas dan inovasi yang diciptakan oleh masyarakat dan pemerintah Belanda membuat negara tersebut menciptakan potensi dan menghasilkan berbagai macam produk perusahan dengan bermacam – macam bidang yang menyebar di seluruh pelosok dunia. Perusahaan ABN AMRO di bidang keuangan, perusahaan energi utama (migas) Royal Dutch Shell plc, perusahaan TNT di bidang pelayanan suku cadang otomotif, dan Unilever perusahaan yang memproduksi kebutuhan sehari – hari. Perusahaan tersebut mampu survive walaupun berbagai macam krisis melanda dunia. Inovasi dan kreativitaslah yang membuat mereka bertahan.

Kreativitas tersebut secara tidak langsung turut menyumbang ‘antidepresan’ pada negara Belanda. Jika kita mengikuti jejak yang dilakukan oleh negeri Belanda mulailah dari perbaikan diri sendiri menjadi manusia yang kreatif dan berwawasan luas, kemudian terapkan dan tularkan pada lingkungan sekitar. Tidak ada alasan untuk bisa menjadi orang dan negara yang kreatif.

Ikutilah jejak Netherland !

– ditulis oleh Nurina Jihan Y.

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#552 Belanda Negara ‘Antidepresan’

  1. luthfi

    nice post
    ayo belajar dari belanda.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s