#567 Zitpaaltje: Yes, Creativity Is That Simple!

Apa itu kreativitas? Berbagai macam ide dan jawaban yang muncul di pikiran kita saat mendengar kata tersebut, itulah kreativitas. Kreativitas ada dimana saja, berbentuk apa saja, dan dapat diciptakan oleh semua orang. Banyak yang menganggap bahwa menjadi kreatif adalah sulit, rumit, dan berbelit-belit. Mari kita cari tahu bahwa kreatvitas dapat menjadi sesederhana ini, seperti yang digagas oleh mereka para kreatif dari negeri Belanda.



Ternyata sepeda telah sangat banyak menginspirasi orang Belanda. Tidak hanya digunakan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan sehat, sepeda juga menginspirasi seorang kreatif Belanda untuk membuat instalasi desain. Jihyun David mengombinasikan dua simbol dari Kota Amsterdam, yakni sepeda dan Amsterdammertjes atau bollard untuk dijadikan sebuah Zip, atau Zitpaaltje. Zip ini menggabungkan steet furniture berupa tiang-tiang kecil yang sering kita temukan di trotoar dengan sadel sepeda klasik khas Belanda yang dilengkapi dengan footrest, sehingga dapat digunakan untuk duduk bagi para pejalan kaki. Letak dari Zip ini adalah berada di jembatan antara Keizersgracht dan Leliegracht yang memungkinkan para warga kota untuk menikmati pemandangan kanal dan pusat kota bersejarah di Amsterdam. Zip memanfaatkan area kosong yang tidak memiliki fungsi dan menjadikannya lebih menarik.

Tujuannya sederhana, untuk menjadikan jalanan di Amsterdam sebagai tempat yang lebih nyaman untuk bisa dinikmati. Dengan Zip ini, para warga kota bisa duduk bersantai sambil bercengkerama dan menikmati pemandangan kota Amsterdam yang riuh namun indah. Tujuan yang terlalu sederhana? Mari kita pertimbangkan efek positifnya untuk jangka waktu ke depan. Tanpa disadari, keberadaan Zip ini dapat mempengaruhi karakter warga Kota Amsterdam. Mereka akan mulai memandang lagi konsep jalan sebagai ruang sosial, bukan hanya sebagai tempat lalu lintas. Di tengah aktivitas sehari-hari yang sangat padat, mereka dapat menggunakan sedikit waktu luang untuk sekadar duduk, beristirahat, menikmati kota, dan berinteraksi.

Aktivitas kecil diantara waktu 24 jam yang dimiliki oleh seorang warga kota yang super sibuk dapat menjadi sangat berarti bagi kehidupan sosialnya dan bagi kota. Akan ada lebih banyak komunikasi, inspirasi, dan tentu saja, kreativitas-kreativitas lain yang akan muncul. Warga kota yang kreatif akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan tentu juga akan memajukan kota tersebut. Ternyata kombinasi sebuah sadel sepeda dan tiang-tiang di trotoar, ditambah dengan sedikit kreativitas mampu mengubah masyarakat, bahkan mengubah kota ke arah yang lebih positif. Creativity can bring huge positive impact into someone’s life, and yes, it could be that simple!

Zitpaaltje menunjukkan bahwa elemen kota yang kreatif dapat menjadikan warga kotanya kreatif pula. Berbicara tentang kota kreatif tentu tak lepas dari konsep Creative City yang dimiliki oleh Belanda. Konsep ini menggabungkan isu budaya, seni, dan urban organization. Amsterdam sendiri berada dalam urutan 10 besar Global Creativity Index 2011. Hal ini semakin menunjukkan bahwa Belanda adalah negeri bagi kreativitas yang terus berinovasi dan menginspirasi.

– ditulis oleh Bonifasia

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s